3.4K
You are the average of the five people you spend the most time with

Lingkungan sangat bisa mempengaruhi mindset bahkan masa depan seseorang. Bagaimana tidak? Sebagai contoh sederhana, begitu kamu menghabiskan waktu dan aktivitas dengan seseorang yang kesehariannya berbicara dalam logat bahasa tertentu, lama-lama kamu akan meniru hal yang sama. Ada kalanya ketika menghadapi kegagalan hidup, kamu mungkin akan menyalahkan lingkungan dan biasanya keluarga yang menjadi sasaranmu. Lingkungan keluarga tidak bisa kamu salahkan karena memang untuk urusan itu kamu tidak punya pilihan. Tetapi kamu bisa memilih lingkungan pertemanan kamu. Jadi, bagaimana si cara terbaik untuk menemukan teman yang baik? Simak yang di bawah ini ya RulaWoman.

1. Tidak peduli seberapa banyak temanmu, yang terpenting adalah kualitas pertemanan

Semakin banyak teman tidak menjamin kalau kamu tidak akan kesepian. Ada beberapa tipe teman yang berteman dengan tidak tulus dengan berbagai motif. Mungkin karena kamu kaya, populer, atau bisnis kamu sedang meningkat. Berhati-hatilah dengan tipe teman yang cuman nebeng untuk hal-hal seperti itu, teman yang tulus adalah teman yang mau sama-sama senang dan tidak hilang ketika kamu sedang membutuhkan.

2. Pilih teman yang bisa mendukung impianmu dengan tulus

Teman yang tulus dalam berteman akan senang melihat temannya punya keinginan untuk mewujudkan impiannya dan ingin segera sukses. Mereka juga tidak akan ragu untuk memberi kritik dan saran demi kebaika nkamu. Sebaliknya, teman yang tidak tulus akan merasa kamu sebagai ancaman dan mungkin malah mau mencuri ide atau menjatuhkan kamu untuk mendapatkan keuntungan.

3. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang tidak hanya menerima, tetapi juga saling memberi

Jangankan pacaran, hubungan pertemanan juga sebaiknya seimbang antara memberi dan menerima. Memberi tidak hanya mengenai hal yang berhubungan materi seperti mentraktir, memberi kado, dan sejenisnya. Tetapi juga memberi waktu dan tenaga, misalnya meluangkan waktu untuk mendengarkan curhat, menghibur di saat teman sedang bersedih atau membantu mengangkat barang ketika bawaannya terlalu banyak. Jangan menjadi orang yang terus-menerus menerima enaknya saja atau terus-menerus memberi apa yang terbaik untuk orang lain dengan tidak tulus.

4. Teman yang baik bisa menerima kamu apa adanya

Bertemanlah dengan orang yang menerima kamu apa adanya, bukan karena ada apanya. Berteman sama halnya menjalin suatu hubungan, tidak butuh suatu alasan khusus, apalagi karena alasan dia kaya dan populer. Kamu tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain ketika sudah menemukan teman baikmu. Menjadi diri sendiri dan adanya perasaan cocok dalam berkomunikasi merupakan tanda saling menerima satu sama lain.

5. Hindari orang-orang dengan tipe seperti ini

a. Drama Queen dan Egois

Seseorang dengan tipe seperti drama queen alias suka lebay baik dari perbuatan ataupun perkataan sudah jelas bukan tipe teman yang baik apalagi yang bertipe egois. Orang-orang seperti ini lebih suka diperhatikan daripada memperhatikan dan mendengarkanmu ketika kamu membutuhkan mereka.

b. Negative people.

Berteman dengan orang bertipe negatif akan membuat langkahmu untuk segera maju menjadi tersendat. Orang negatif cenderung untuk melihat segala sesuatu dengan negatif dan meresponnya dengan cara yang negatif pula. Bergaul dengan orang seperti ini bisa membuat kamu cepat ketularan.

6. Bergabung dengan aktivitas dan komunitas positif

Kamu dapat cepat termotivasi kalau berada di kumpulan orang yang memiliki passion yang sama. Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu peroleh bila bergabung dengan aktivitas ataupun komunitas sesuai dengan hal yang kamu sukai. Selain bisa mendapat update informasi, di sana kamu bisa bertemu dengan teman yang memiliki ketertarikan yang sama denganmu dan semakin besar pula kemungkinan kamu bisa menemukan teman baik yang mengerti impianmu dan mau mendukungmu dengan tulus untuk terus melangkah mencapai tujuan.

RulaWoman, sudahkah kamu bertemu dengan teman baikmu?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Karena Hidup Hanya Sekali, Berikut 7 Cara Memilih Teman yang Baik dalam Hidupmu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jane Melissa | @janemelissa

Interested with food, traveling, design, comedy-romance, and my "Y"

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar