2.3K
Tak cukup hanya cantik, pintar, dan mandiri. Kartini masa kini juga harus cerdas dalam mengelola keuangan, salah satunya dengan berinvestasi.

Emansipasi kini bukan lagi mimpi. Perempuan kini bisa menikmati kebebasan untuk menuntut ilmu dan berkarya. Berbagai profesi dan jabatan penting berhasil dipegang oleh Kartini masa kini. Cantik, pintar, dan mandiri. Begitulah image perempuan dewasa ini. Mandiri secara finansial dan berpenghasilan saja ternyata tak cukup, RulaWoman juga harus paham dan cerdas soal investasi, salah satunya investasi di pasar modal. Berikut 5 alasan yang perlu RulaWoman ketahui.

1. Pemahaman perempuan terhadap pasar modal cukup rendah, padahal 51% pengelolaan keuangan keluarga Indonesia ada di tangan perempuan

photo credit: SheKnows

Berdasarkan laporan literasi keuangan Indonesia yang dikeluarkan oleh OJK pada tahun 2016, indeks literasi dan inklusi keuangan sektor pasar modal adalah sebesar 4,40% dan 1,25%. Dibandingkan dengan tahun 2013 di mana nilai indeks literasi dan inklusi keuangan sektor pasar modal adalah sebesar 3,79% dan 0,11%, kondisi di tahun 2016 telah mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Meski demikian, perempuan yang berinvestasi di pasar modal jumlahnya masih sedikit.

Literasi keuangan laki-laku adalah sebesar 25% sedangkan perempuan memiliki presentase yang lebih rendah yaitu sebesar 19%. Fakta tersebut menunjukkan bahwa pemahaman perempuan terhadap pasar modal masih rendah.

2. Sebuah keluarga akan kokoh secara finansial jika kamu dan pasangan paham cara menghasilkan dan mengelola keuangan

photo credit: Xnspy

Tak jarang kebiasaan buruk keuangan suami atau istri menyebabkan kandasnya bahtera rumah tangga yang telah dibangun.

Kebiasaan buruk keuangan seperti sikap konsumtif yang berlebihan, hobi berhutang sana-sini, cepat atau lambat akan membuat kondisi keuangan keluarga terpuruk. Sederhana, karena kebutuhan yang ditopang bukan hanya kebutuhan suami istri, tapi juga menyangkut masa depan anak-anak dan keluarga. Untuk itu, perempuan perlu memahami cara menghasilkan dan mengelola keuangan.

3. Perempuan adalah menteri keuangan di keluarga

photo credit: istock

Perempuan itu multitasking. Sebagai istri, ibu, guru les, personal assistant, dan juga menteri keuangan.

Sebagai menteri keuangan, tentu RulaWoman harus punya kapabilitas dalam mengatur dan mengelola keuangan bukan? Karena jika segala sesuatu 'pasrah' pada suami, berarti kamu adalah sekretaris, bukan menteri keuangan. Menteri keuangan harus paham betul cash flow dalam keluarga, tujuan keuangan, dan juga yang tak kalah penting adalah investasi. Jangan sampai kamu menganggap tabungan sebagai investasi, karena nilai uang yang kamu simpan akan tergerus oleh inflasi.

4. Tak ada yang pasti dalam hidup

photo credit: thoughtsfromtheshteiblech
Pernah melihat atau mendengar keluarga yang collapsed karena sang pencari nafkah meninggal dunia atau sakit kritis?

Fakta tersebut seharusnya bisa membuka mata Kartini masa kini untuk bisa mandiri dan cerdas dalam hal keuangan. Sekarang sudah bukan jamannya perempuan bergantung 100% secara finansial pada suami. Bisa dibayangkan jika risiko terjadi, maka keuangan keluarga akan berantakan karena kehilangan pemasukan.

5. Berinvestasi saham tak seseram dan sesulit yang dibayangkan, kuncinya adalah 'mau belajar'

Tidak ada yang sulit asalkan kamu mau belajar. Dan di era informasi seperti sekarang ini mempelajari hal apapun bukanlah hal sulit, asalkan ada niat.

Berinvestasi di pasar modal itu mudah dan simple, asal tahu ilmunya. Bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Bursa Efek Indonesia menghadirkan kegiatan bertajuk Kartini Expo 2017, yang akan menampilkan berbagai profil dan produk Perusahaan Tercatat dan Perusahaan Sekuritas dengan tema “Kartini, Yuk Nabung Saham”. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 21-23 April di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia.

Kartini Expo 2017 mengangkat konsep Perempuan Cerdas Investasi (Beauty, Smart, Independent, and Investing).

Partisipan dalam pameran ini terdiri dari 50 booth, yang terdiri dari Sekuritas, Manajer Investasi, Emiten, SRO, OJK, dan pendukung pameran lainnya. Selain itu akan ada acara fashion show, financial talkshow, dan beauty talkshow.

Bagaimana RulaWoman? Hidup ini adalah pilihan. Mau menjadi seperti apa dirimu di masa depan, kamu yang menentukan.


-

Penulis: Rahajeng Kurniawati


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kartini, Cerdas Finansial Juga Perlu! Berikut 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Paham Dunia Pasar Modal dan Dapatkan Ilmunya di Kartini Expo 2017". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


RULA Woman | @rulaid

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar