722
Yoga is the journey of the self, through the self, to the self. - The Bhagavad Gita

Yoga termasuk salah satu ajaran dalam Hindu, dan kini menjadi populer di semua kalangan –tak hanya kalangan umar Hindu. Dilansir dari Wikipedia, Yoga sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya ‘penyatuan dengan alam atau dengan sang pencipta’. Sekarang yoga juga banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia terutama kalangan perempuan –walau ada juga sebagian lelaki yang menekuni yoga.

Meski masih sering berkiblat pada tradisi aslinya di India sana, tapi yoga sekarang telah dipelajari dan ditekuni oleh berbagai kalangan dan latar belakang, tak hanya umat Hindu saja. Sebab sekarang yoga dikenal tak hanya sebagai ritual dari kepercayaan tertentu –khususnya Hindu, melainkan sudah termasuk bidang olahraga yang bisa menyeimbangkan jiwa, raga, dan alam. Di Indonesia sendiri, sebagian besar praktisi yoga adalah perempuan. Meski dari sekian banyaknya orang yang mengetahui atau pernah mencoba yoga, hanya sebagian kecil yang benar-benar menekuninya.

Namun, sebenarnya ada banyak alasan mengapa yoga juga baik untuk laki-laki. Apa saja, ya, kira-kira, RulaWoman?

Membuat otot lebih fleksibel

Tidak jauh berbeda dengan perempuan, laki-laki juga mayoritas bekerja di kantor dan duduk di kursi dalam waktu lama. Hal ini bisa menyebabkan otot-otot menjadi kaku, dan yoga secara teratur dapat membantu melenturkan otot sehingga menjadi lebih fleksibel. Otot yang tidak kaku bisa mengurangi risiko nyeri otot dan penyakit lelah fisik lainnya.

Meningkatkan konsentrasi

Rajin berlatih yoga juga bisa meningkatkan konsentrasi dan membuat pikiran menjadi lebih focus dalam mengerjakan sesuatu, sebab yoga menekankan pada pelatihan pernapasan yang penerapannya berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Menjadi lebih positif

Melalui yoga, pikiranmu akan menjadi lebih positif dan lebih bahagia menjalani hari. Sebab dengan melakukan kegiatan yoga, kamu sekaligus melatih segala aspek dalam kehidupanmu agar menjadi lebih seimbang.

Lebih Tenang

Selain itu, latihan pernapasan dan teknik gerakan yoga juga melatih diri kita untuk tenang dan lebih banyak sabar. Yoga bukan tipe olahraga yang bisa dikuasai dalam waktu cepat dan instan, butuh waktu untuk bisa mempelajari/menerapkannya. Kesabaranmu akan dilatih di sini!

Mengurangi racun

Beberapa gerakan yoga yang mungkin kelihatannya rumit bagi awam, ternyata punya manfaat lain yaitu mengusir racun dari tubuh. Jika dilakukan teratur, dampaknya akan baik sebab praktik yoga akan membersihkan tubuhmu dari racun.

Tidur lebih nyaman

Manfaat lain dari yoga adalah membuat tidur malam menjadi lebih nyaman, jauh lebih rileks daripada bantuan apapun termasuk obat. Jadi buat kamu yang sering insomnia dan gelisah, coba deh praktikkan dan buktikan sendiri manfaat satu ini!

Risiko cedera menjadi lebih kecil

Seperti yang sama-sama kita ketahui, bahwa yoga bisa membuat otot-otot menjadi lebih fleksibel dan tidak kaku, terlebih setelah beraktivitas duduk di kantor seharian. Jika otot sudah menjadi lebih fleksibel, maka risiko cedera tubuh akan menjadi lebih kecil. Tubuhmu akan lebih terbiasa bergerak karena rajin berlatih.


Mungkin ada di antara kamu atau teman lelakimu yang merasa ragu untuk mulai berlatih yoga karena gerakan-gerakannya tampak rumit dan sulit sekali dilakukan, tapi tidak ada salahnya mencoba. Berlatih yoga bersama pasanganmu juga bisa menjadi opsi menarik, lho. Siapa tahu kamu menemukan passion-mu di sini, dan akhirnya jadi terbiasa!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kata Siapa Yoga Hanya Untuk Perempuan? Inilah Alasan Mengapa Yoga Juga Baik untuk Laki-laki!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar