557
Nothing makes a woman more beautiful than the belief that she is beautiful - Sophia Loren

RulaWoman, percayakah kalau kamu cantik?

Banyak dari kamu yang masih tidak percaya kalau diri kamu cantik dan cantik itu sendiri menjadi dogma dan kepercayaan bahwa bentuk fisik dan paras tertentulah yang menentukan apakah seseorang itu masuk ke dalam kategori cantik. Padahal, tidak selalu demikian bukan RulaWoman? Cantik mental, spiritual dan kepribadian juga penting, nggak sebatas material atau malah hanya terlihat dari wajah.

Salah satu kecantikan alami yang bisa kamu tonjolkan adalah kesehatan fisik. Namun menjaga penampilan supaya sehat di dalam dan menarik di luar tentu tidak mudah, karena selain aktivitas kamu yang lumayan penuh, antara waktu yang terbatas dan tempat yang jauh misalnya, sangat menyita waktu dan pikiran untuk bisa menjaga diri dengan baik.

Kebayang enggak sih, bagaimana Puteri Kerajaan jaman dulu menjaga penampilan sebelum adanya beragam treatment kecantikan canggih seperti sekarang? Ternyata, cara sederhana namun efektif dan sudah dilakukan selama ratusan tahun salah satunya adalah dengan sesederhana rutin meminum jamu.

Jamu merupakan warisan budaya turun temurun dari Indonesia berupa ramuan rempah yang berkhasiat untuk menyembuhkan maupun merawat tubuh. Nah RulaWoman, supaya tertular kecantikan alami puteri keraton, kenali 4 jamu berkhasiat ini, yuk!

1. Kunyit asam atau kunir asam

Terbuat dari campuran sari kunyit dan asam Jawa. Baik diminum selama masa menstruasi untuk melancarkan haid dan mengurangi kram perut. Selain itu kunyit asam juga dipercaya dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan bau badan. Tidak hanya itu, kandungan dalam kunyit ini ternyata mengandung antioksidan alami yang konon kabarnya juga berfungsi sebagai antibiotik natural dari alam. Jadi nggak heran kalau kamu rajin minum ini, stamina dan kekuatan fisik kamu akan terjaga supaya kamu nggak gampang jatuh sakit.

2. Galian singset

Terbuat dari campuran rempah, seperti : kunyit, lempuyang, jati belanda, serai, ketumbar dan bahan lain kemudian dihaluskan dan diseduh dengan air hangat. Sesuai namanya jamu ini berkhasiat supaya tubuh tetap singset alami. Untuk kamu yang nggak tahu apakah singset alami itu, pengertian mudahnya adalah kurus namun sehat dengan badan yang kencang. Kadang, karena kurang berolahraga kamu merasa kalau ada beberapa bagian badan yang 'kurang kencang' atau malah menggendut terutama di bagian perut bawah. Nah RulaWoman, ternyata jamu Galian singset ini mampu mengecilkan dan membuang lemak berlebih di daerah perut bawah itu loh.

3. Kunci sirih

Sangat berguna untuk kamu yang sudah menikah, atau justru kamu yang memiliki aktivitas tinggi. Sebab jamu yang terdiri dari racikan temu kunci dan daun sirih ini berkhasiat untuk menghilangkan keputihan, mengencangkan dan menghilangkan bau tidak sedap pada miss V. Seringkali karena terlalu letih badan kamu akan mengalami episode keputihan yang berlebihan dari biasanya. Daun sirih tidak hanya menghilangkan bau, namun juga akan membantu kamu menjaga stamina kamu, RulaWoman.

Hampir sama dengan kunyit, daun sirih juga mengandung zat alami yang membantu menjaga daya tahan tubuh kamu. Bau tidak sedap muncul akibat bakteri yang berlebihan, dan daun sirih ini ternyata akan membantu fisik kamu menghalau bakteri ini agar kamu tetap terjaga kesehatan fisiknya, dan tentunya menghilangkan si bau tidak sedap ini.

4. Uyup-uyup

Jamu ini khusus untuk RulaWoman yang telah mempunyai bayi. Terdiri dari campuran kencur, jahe, bangle, laos, kunir, temulawak, puyang, dan temugiring yang berkhasiat melancarkan ASI, mendinginkan perut, dan menghilangkan bau badan. Jadi meskipun habis melahirkan badan tetap fit.

Setelah melahirkan tentunya fisik kamu akan terkuras energinya, lahir dan batin. Belum lagi rasa letih yang timbul karena harus menjaga si bayi manis yang menjadi buah cinta kamu yang ditunggu-tunggu. Biasanya karena asyik mengurus si jabang bayi, kamu akan lupa untuk menjaga diri sendiri.

Uyup-uyup ini selain menjaga stamina kamu, juga aman untuk bayi karena terbuat dari bahan alami dari alam sehingga kamu nggak harus takut kalau nanti ASI kamu akan terkontaminasi jamu ini sehingga si bayi tersayang enggan meminum ASI kamu.

________________________________________


Nah RulaWoman, Itu tadi beberapa jenis jamu yang berguna untuk perawatan bagi perempuan. Namun harus diingat bahwa konsumsi jamu tidak boleh berlebihan. Konsumsi jamu harus diimbangi dengan olahraga dan minum air putih yang cukup sehingga kinerja lambung dan ginjal tetap baik. Mari minum jamu untuk melestarikan warisan budaya dan menjaga penampilan laksana Puteri keraton. Lagipula, setiap perempuan adalah Puteri bagi dirinya sendiri. Kalau bukan dari kamu yang mulai menjaga dan merawat badan kamu sendiri, siapa yang akan memulai?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tidak Hanya Menyembuhkan, Kenali 4 Jenis Jamu yang Akan Menjaga Keayuanmu Bak Puteri Keraton". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rosemerry F | @merryfatma

dreamcatcher, booklover, selotraveler, author of #DearSister novel

Bagaimana menurutmu?