2.1K
Tahukah kamu kalau bahasa tubuhmu mencerminkan kepribadian kamu RulaWoman? Bahasa tubuh merupakan bentuk komunikasi non verbal yang memegang peranan penting dalam komunikasi.

Penggunaan gestur dan bahasa tubuh yang tepat berkontribusi pada penilaian orang lain pada diri kamu. Selain itu, bahasa tubuh juga berperan dalam membangun perasaan dan mood positif. Sebagai contoh, kamu akan merasa lebih bahagia ketika tersenyum, atau saat kamu duduk tegap, kamu akan merasa lebih bersemangat. Dalam komunikasi sehari-hari, bahasa tubuh mengungkapkan maksud tersirat dari lawan bicara kamu. Berikut 7 makna bahasa tubuh yang perlu RulaWoman ketahui.

1. Kontak Mata Agar Hubungan Lebih Baik

photo credit: EF

Kontak mata perlu dilakukan sesekali agar lawan bicara kamu merasa dihargai serta bisa membantu kamu mengetahui apakah lawan bicaramu menyimak apa yang kamu katakan. Hindari kontak mata yang intens karena akan membuat lawan bicaramu merasa tidak nyaman dan terintimidasi.

2. Menyilangkan Tangan dan Kaki Pertanda Defensif

photo credit: Inc.com

Menyilangkan tangan dan kaki menunjukkan sikap tertutup pada komunikasi yang sedang berlangsung. Sebaliknya dengan membuka tangan dan kaki seperlunya menunjukkan bahwa kamu terbuka menerima informasi yang disampaikan lawan bicara RulaWoman.

3. Mendengarkan dengan Mengangguk Sesekali

Mengangguk sesekali ketika lawan bicara menyampaikan informasi menunjukkan jika kamu menyimak dan setuju dengan apa yanng disampaikan. Respon ini berguna agar lawan bicaramu merasa dihargai.

4. Condongkan Badan Menunjukkan Sikap Tertarik

photo credit: Reader's Digest

Ketika lawan bicaramu mencondongkan badan sedikit ke arahmu, hal itu menunjukkan kalau ia tertarik dengan apa yang kamu sampaikan. Untuk mengimbanginya, kamu bisa melakukan hal yang sama atau mencondongkan badanmu sedikit ke arah belakang untuk menunjukkan jika kamu rileks dan percaya diri. Perlu diketahui, badan terlalu condong ke belakang memperlihatkan sikap arogan.

5. Selipkan Senyum dan Tawa agar Pembicaraan Mengalir

photo credit: Pinterest

Tersenyumlah ketika kamu berkenalan dengan seseorang. Ketika orang tersebut menceritakan hal lucu, cobalah untuk tersenyum dan tertawa agar pembicaraan lebih santai dan mengalir.

6. Duduk Tegap tapi Santai

Santai, jangan tegang, dan jaga posisi tubuhmu untuk tidak membungkuk. Posisi duduk membungkuk menunjukkan kamu tidak bersemangat.

7. Mirroring

photo credit: Scoopnest

Ketika dua orang melakukan pembicaraan yang terkoneksi satu sama lain (nyambung), maka secara tidak sadar mereka akan saling meniru gestur tubuh satu sama lain. RulaWoman bisa mencoba teknik ini untuk meningkatkan kedekatan dengan lawan bicara. Sebagai contoh ketika lawan bicaramu meletakkan tangan di atas meja, dengan jeda waktu tertentu kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Lakukan dengan tenggan waktu, karena mirroring dalam waktu singkat akan membuat perilaku kamu tampak aneh.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kenali Lawan Bicaramu RulaWoman. Berikut 7 Makna Tersirat Bahasa Tubuh yang Perlu Kamu Tahu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar