1.2K
Belanja online memang bikin nagih. Apalagi dengan banyaknya godaan sale di bulan Ramadhan ini, dan THR yang kebetulan menunggu dihabiskan. Hati-hati RulaWoman! Agar THR kamu nggak habis karena kamu ketagihan belanja online, berikut adalah solusi dari ketagihan belanja online!

Belanja online memang sangat menarik. Selain praktis pilihan barang-barang yang ditawarkan juga jauh lebih banyak karena kamu bisa memesan barang dari belahan dunia maupun. Tetapi kekurangan dari belanja online adalah kamu menjadi jauh lebih sulit untuk mengatur pengeluaran kamu. RulaWoman merasakan kekurangan tersebut? Berikut adalah solusi ketagihan belanja online.

1. Batasi limit belanja

Photo Source: addisonmagazine

Kamu bisa membatasi limit belanja dengan membuka dua akun bank dan memisahkan yang mana untuk tabungan kamu dan yang mana untuk kamu berbelanja. Jika kamu malas membuka akun baru, kamu bisa siasati dengan tidak menyimpan uang terlalu banyak dalam atm kamu. Kamu juga bisa memberikan sistem limit dalam atm kamu sesuai dengan limit yang kamu inginkan dan butuhkan.

2. Pahami batas kemampuan

Photo Source: web-savvy-magazine

Kamu harus memikirkan kemampuan finansial kamu dengan baik dan bijak. Kamu juga harus menyiapkan dana darurat yang tidak terduga yang mendadak menimpamu. Dengan memikirkan hal tersebut kamu bisa menjadi lebih berhati-hati mengeluarkan uang kamu.

3. Beli yang sesuai dengan kebutuhan

Photo Source: thecareermuse

Kadang kamu membeli warna lipstik yang serupa dengan yang sudah kamu miliki. Kamu harus menjadikan hal yang kamu butuhkan sebagai prioritas untuk kamu miliki atau beli bukan hal yang sekedar kamu inginkan saja. Tanyakan baik-baik pada diri kamu sendiri, apakah kamu memang membutuhkannya, atau hanya ingin. Kebutuhan adalah sesuatu yang memang harus kamu miliki dan akan menambah nilai dari semua usaha kamu. Sementara kalau hanya ingin, ini bukanlah suatu prioritas yang kamu nggak bisa tunda. Kenali dan pahami lebih lanjut apakah yang menjadi kebutuhan dan keinginan kamu, RulaWoman.

4. Memiliki lingkungan yang suportif

Photo Source: iaspaper

Bergaulah dengan orang-orang yang mendukung kamu untuk bisa lebih bijak mengatur keuangan kamu. Lingkungan sangat berpengaruh dalam hal apapun. Tapi kalau kamu tidak memiliki lingkungan yang cukup mendukung, perkayalah diri kamu dengan banyak membaca artikel-artikel keuangan yang sederhana, yang bisa membantu kamu untuk menentukan apakah pengelolaan keuangan kamu sudah benar atau tidak. Hadirilah banyak seminar keuangan, RulaWoman, perkaya ilmu kamu dengan pengetahuan baru tentang hal ini, agar uangmu tidak tergerus terus oleh belanja online barang-barang yang ternyata tidak kamu butuhkan.

Semoga menginspirasi RulaWoman!






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ketagihan Belanja Online? Hati-hati RulaWoman! Berikut 4 Cara Ampuh Untuk Mengatasinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carmelita Binka | @carmelitabinka

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar