562
Lingkungan yang kurang suportif tentu jadi tantangan tersendiri dalam memperjuangkan apa yang kamu inginkan.

photo credit: Pixabay

Jadi berbeda memang bukan perkara mudah. Ditambah dengan lingkungan yang kurang suportif tentu memperjuangkan apa yang kamu yakini menjadi tantangan tersendiri. Teruntuk kamu yang sedang memperjuangkan hidup, mimpi, passion kamu yang dianggap “berbeda”, 5 hal berikut ini akan membantu menguatkan kamu saat ingin berhenti dan menyerah di tengah jalan.

1. Bekerja itu sama halnya dengan hidup, perlu yang namanya “belajar”

Hidup, sekolah, dan bekerja punya satu kesamaan, sama-sama butuh belajar. Bayi tak langsung bisa berjalan, apalagi berlari. Perlu beberapa tahapan yang harus dilalui. Diawali dengan belajar telungkup, merangkak, dan terjatuh. Ya, ada kegagalan di dalamnya. Dan itu wajar, karena dalam gagal ada belajar.

2. Tiap orang punya “kaca mata” nya masing-masing, yang terpenting adalah kamu menggunakan kaca mata milikmu sendiri

photo credit: HuffPost

Pengalaman tiap orang berbeda. Dan itulah yang membentuk “kaca mata” alias cara pandang mereka terhadap suatu hal. Setiap orang bebas berpendapat dan menggunakan kaca mata mereka. Meski demikian, pastikan kamu tetap punya pendirian dan cara pandangmu sendiri. Kamu boleh mendengar pendapat dan masukan orang lain, tapi RulaWoman lah yang jadi penentunya.

3. Saat kamu merasa berada di dasar, ingatlah selalu kalau ada harga yang harus dibayar

photo credit: Canadian Business

Tidak ada yang gratis di dunia ini. Saat kamu merasa kalau kamu berada di dasar atau bahkan di titik minus, ingatlah bahwa tidak ada pencapaian yang bisa diraih secara instan dan ada harga yang harus kamu bayar. Uang, tenaga, waktu, pride, atau apapun yang kamu korbankan untuk mencapai tujuan RulaWoman.

4. Definisi sukses itu relatif, kamu hanya perlu meraih kesuksesan versi dirimu

Tiap orang punya definisi suksesnya masing-masing. Kemapanan secara finansial, bisa travelling lintas negara tanpa berpikir uang dan waktu, karir yang mapan. Tidak ada yang keliru. Yang terpenting adalah, RulaWoman berjuang meraih kesuksesan versi kamu sendiri. Ini hidupmu, kamu yang menentukan ingin menjadi seperti apa di masa depan.

5. Tidak ada yang salah dengan terlihat “berbeda”, asal kamu bahagia dan konsisten dengan keputusanmu

photo credit: Garnet News

Jadi beda memang tak mudah, apalagi kalau kamu tumbuh di lingkungan yang homogen. Tapi tak masalah karena kamu tidak harus sama dengan orang lain. Kamu terlahir unik. Lakukan apa yang membuat kamu merasa bahagia dan bertanggung jawablah pada keputusan yang kamu ambil, karena setiap keputusan mengandung konsekuensi.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ketika Keinginanmu Berbeda dan Seringkali Ditentang Banyak Orang, 5 Hal Berikut Akan Membantu Menguatkanmu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar