1.2K
RulaWoman, apakah kulitmu kering? Mungkin hal sepele ini yang jadi penyebabnya!

Sebagai perempuan, kulit kering adalah hal yang cukup mengganggu bagi kita, setuju tidak sih, RulaWoman? Kulit kering membuat kulit kita terasa kasar, gatal, bahkan parahnya bisa menyebabkan rasa perih di kulit sampai iritasi dan tidak nyaman. Tahukah kamu RulaWoman, sesungguhnya setiap manusia memiliki kandungan minyak pada kulitnya, namun ada beberapa hal sepele yang justru dapat menyebabkan kulit kamu menjadi kering. Apa saja sih hal sepele itu? Berikut ulasannya.

1. Menggosok kulit terlalu keras saat mandi

photo credit: Liputan6

Saat mandi, tentu kita akan menggosok kulit kita agar bersih dari kotoran. Nah RulaWoman, perhatikanlah cara kamu menggosokkan tubuhmu, jangan sampai terlalu keras, ya. Gosoklah kulit tubuhmu dengan lembut, setelah kamu membilas tubuhmu dari sabun, jangan menggosokan sabun berulang ke tubuhmu karena penggunaan sabun yang berulang seperti ini akan menyebabkan kulit tubuhmu menjadi kering. Mungkin ada salah satu dari kamu yang memilih menggunakan alat pengosok untuk kulitmu agar lebih bersih dari kotoran yang membandel, seperti spons atau batu apung. Nah, penggunaan alat penggosok ini juga dapat memicu kulitmu menjadi kering jika kamu terlalu keras menggosoknya. Jadi harus lebih berhati-hati, ya?

2. Mandi terlalu lama

photo credit: MagicMum.com

RulaWoman batasi waktu mandimu ya, jangan terlalu lama. Pasalnya, walaupun saat mandi tubuhmu bersentuhan dengan air, hal ini dapat menyebabkan kelembaban tubuhmu menjadi berkurang. Setelah mandi justru air yag terkandung dalam tubuh akan menguap dan ini tentu saja dapat menyebabkan kulitmu menjadi kering. Semakin banyak air yang dibasuhkan ke tubuhmu, akan mebuat semkain banyak pula air yang menguap dari tubuhmu, loh RulaWoman. Maka dari itu, batasilah waktu mandimu, cukup 10 sampai 15 menit saja.

3. Menggunakan air yang terlalu panas saat mandi

photo credit: The Conversation

Ada yang suka menggunakan air hangat saat mandi? Nah RulaWoman, kamu juga harus memperhatikan temperatur air yang kamu gunakan saat mandi. Jangan gunakan air yang terlalu panas, karena air dengan suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kulitmu menjadi kering. Untuk itu jika kamu ingin kelembaban kulit tubuhmu selalu terjaga, pastikanlah suhu air yang kamu gunakan untuk mandi tidak terlalu tinggi ya, RulaWoman.

4. Langsung mengeringkan tubuh dengan handuk sehabis mandi

photo credit: Getty Images

Setelah kamu mandi, jangan langsung seketika mengeringkan tubuhmu dengan handuk ya, RulaWoman. Sebaiknya, gerakan dulu tubuhmu agar seluruh tetesan air di tubuhmu bisa jatuh, setelah itu barulah kamu kenakan handuk untuk mengeringkan tubuhmu. Jangan terlalu lama juga, cukup 10 sampai 15 detik saja, karena kalau terlalu lama kamu bisa terkena masuk angin. Hal ini dimaksudkan agar kelembaban tubuhmu setelah mandi tidak langsung hilang. Oh ya, saat kamu mengeringkan tubuhmu dengan handuk, jangan menggosoknya dengan kasar atau terlalu keras, cukup gosokkan tubuhmu secara lembut sampai tubuhmu kering, ya RulaWoman.

5. Penggunaan sabun mandi yang salah

photo credit: Zeppfeed

RulaWoman, kamu juga harus memperhatikan sabun yang kamu gunakan, jangan sampai tidak sesuai dengan keadaan kulit tubuhmu. Jika tubuhmu kering, janganlah gunakan sabun untuk kulit berminyak, begitu pula sebaliknya. Jika kulit tubuhmu sensitive, disarankan untuk menggunakan sabun yang tidak terlalu keras, seperti sabun bayi. Hal ini dikarenakan penggunaan sabun yang salah juga dapat menyebakan kulitmu kering, bahkan iritasi, RulaWoman.

6. Sering terpapar sinar matahari

photo credit: 30 Minute Hit

Kulit yang sering terpapar sinar matahari juga dapat menjadi kering. Maka itu RulaWoman, jagalah kulitmu dari terpaan sinar matahari. Kamu bisa menggunakan jaket, payung, atau selendang saat sedang berada di luar ruangan pada siang hari. Jangan sepelekan hal ini, pasalnya selain membuat kulitmu kering, sinar ultraviolet dari sinar matahari dapat menyebabkan kulitmu mengalami flek bahkan berbagai permasalahan kulit lainnya.

7. Berlama-lama di ruangan AC yang terlalu dingin

photo credit: infotentangkesehatan.id

Suhu yang terlalu rendah ternyata juga dapat meyebabkan kulit tubuh menjadi kering, RulaWoman. Ruangan dengan AC yang terlalu dingin dapat mengurangi kelembaban udara di dalam ruangan tersebut. Jika kamu sering berada di ruangan dengan suhu yang terlalu dingin, otomatis hal ini akan meningkatkan risiko kulitmu menjadi kering. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan suhu kamarmu juga nih, RulaWoman. Jika kamu menggunakan AC, jangan sampai terlalu dingin, ya.

8. Malas menggunakan body lotion

photo credit: Cococare

Kondisi kulit tubuh akan sangat dipengaruhi oleh aktivitasmu setiap harinya dan segala aktivitasmu ini juga dapat menyebabkan kulitmu menjadi kering. Kalau sudah tahu begini, kamu harus rajin menggunakan body lotion 2 kali sehari sehabis mandi. Selain melembabkan kulit tubuh, penggunaan body lotion juga dapat menjaga kesehatan dan kelembutan kulit tubuh, RulaWoman. Jadi, sekarang jangan ragu dan malas lagi, ya. Pilihlah body lotion yang sesuai dengan kondisi kulitmu, RulaWoman.

BACA JUGA


RulaWoman! Inilah 7 Tips Rahasia Perawatan Sederhana Untuk Kecantikan Wajah Ala Wanita Korea

RulaWoman! Inilah 7 Tips Rahasia Perawatan Sederhana Untuk Kecantikan Wajah Ala Wanita Korea

Sering lihat bagaimana cantiknya perempuan Korea RulaWoman? Nah untuk kamu yang ingin cantik seperti mereka, ternyata ada loh rahasia ...

Read more..

Gimana, RulaWoman? Ternyata sederhana kan penyebabnya? Maka itu RulaWoman, jika kamu merasa kulitmu kering, cobalah untuk mengikuti saran-saran di atas. Dijamin deh kulit kamu tidak akan kering dan kamu bisa tampil percaya diri dengan kulit yang halus dan lembut.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kulit Kamu Kering, RulaWoman? Ternyata Kebiasaan Sepele Ini Bisa Jadi Penyebabnya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Cathrine Oktavia | @cathrineoktavia

Bagaimana menurutmu?