Sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutnya kita bangga. Diberikan karunia pulau-pulau nan megah yang berjajar dari Sabang hingga Merauke, pesona barisan gunung dan bentangan lautan yang menyilaukan mata manapun yang memandangnya, dan pendaman warisan budaya yang tak ternilai harganya mulai dari suku, bahasa, tradisi, sampai makanan.

Cita rasa makanan Indonesia yang dikenal kaya akan rempah-rempah seolah menjadi surga kedua bagi wisatawan asing saat bertandang ke Indonesia dan menjadi pengingat untuk selalu kembali ke Indonesia sekadar mencicipi makanan-makanan tersebut. Makanan apa saja sih, yuk kita simak!

1. Nasi Goreng

Bisa dibilang sebagian besar wisatawan asing menyukai makanan ini. Rasanya yang gurih yang dipadukan dengan campuran daging ayam, sayuran, seafood, telur, dan kerupuk, serta harganya yang murah meriah memberikan nilai tambah untuk nasi goreng.

2. Soto

Citarasa kuah soto yang kaya akan rempah inilah yang paling dirindukan wisatawan asing. Biasanya soto dibuat dengan tambahan potongan kol, mie putih, telur, jeroan seperti ati dan paru, dan bumbu koya. Kuahnya diracik dengan bumbu khusus campuran jahe, lengkuas, jinten, merica, dan ketumbar. Pasti nggak ada yang nolak kalau disuguhkan soto hangat yang baru selesai dimasak, kan RulaWoman!

3. Rendang

Kelezatan makanan khas Minangkabau ini memang nggak ada tandingannya. Makanan berbahan dasar daging sapi ini dilengkapi dengan rasa lezat yang kental dengan citarasa daerah Minang. Bahkan, saking jatuh cintanya dengan bumbu rendang, orang Indonesia memodifikasi bumbu rendang menjadi makanan bernama rendang jengkol juga, lho.

4. Sate

Daging yang dihidangkan dengan cara dibakar dan ditambahkan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap dengan taburan bawang goreng dan dilengkapi renyahnya acar, siapa yang nggak mau?

5. Tempe

Makanan sederhana yang kaya gizi ini sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara, lho RulaWoman! Saking tergila-gila dengan tempe, banyak bule yang akhirnya menjual tempe di negaranya.

Di luar negeri aja tempe sudah sekelas dengan burger, terus kamu masih mau bilang 'hari gini makan tempe'?

6. Bakso

Bakso dibuat dari daging sapi dan tepung kemudian dibentuk bulat menyerupai bola-bola kecil. Nggak sulit menemukan penjual bakso di Indonesia. Dengan harga yang murah meriah dan rasanya yang lezat membuat hampir semua orang menyukai makanan satu ini.

Selayaknya warisan budaya lainnya, makanan khas Indonesia juga harus selalu dijaga dan dilestarikan, ya RulaWoman! Supaya generasi selanjutnya dapat menikmati makanan-makanan enak ini dari tanah pertiwi sendiri, bukan dari negeri seberang.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Lagi Diet Jangan Baca Ini, 6 Makanan Indonesia yang Paling Dirindukan Wisatawan Asing!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lady Octora | @ladywargaratu

#positiveyolo ---- instagram @ladyoctorawargaratu

Bagaimana menurutmu?