1.1K
A job interview is like a first date, you dress up, pretend to be someone else and spend the time wondering if you’re going to get screwed – Azgraybebly Joslan

Tentunya tak sedikit dari RulaWoman yang baru aja melepaskan status mahasiswa alias fresh graduate, yang saat ini tengah sibuk mencari dan melamar pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Nah, kalau sudah berhubungan dengan job application, tentunya akan ada sesi interview yang akan kamu hadapi sebelum bisa bergabung dengan perusahaan yang diinginkan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, tim Rula akan mengajakmu untuk melakukan persiapan untuk memenangkan wawancara pertamamu dengan rumus 4+2 berikut ini. apa saja sih?

1. Pengetahuan

Sebelum melakukan interview, tentunya kamu harus memiliki sejumlah pengetahuan, baik tentang perusahaan yang akan dimasuki maupun tentang job desk dari posisi yang kamu apply. RulaWoman bisa melakukan research terlebih dahulu, baik dari buku, televisi, kerabat, atau yang paling mudah melalui internet, untuk mendapatkan dua pengetahuan tersebut. ini adalah hal yang paling krusial karena dalam sesi interview, interviewer akan meminta kandidat untuk menjelaskan pengetahuannya mengenai perusahaan dan tugas dari posisi yang ia inginkan, bahkan tak jarang akan meminta kandidat untuk melakukan satu/dua tugas dari posisi yang di-apply dalam batasan waktu tertentu.


2. Komunikasi

Komunikasi merupakan hal penting lainnya yang harus dipersiapkan, baik komunikasi verbal maupun non-verbal. kamu dapat melatih komunikasi verbal dengan berbicara di depan cermin sehingga ketika diwawancara, kamu dapat berbicara dengan tenang dan dipahami oleh interviewer.

Selain itu, RulaWoman perlu melatih komunikasi non verbal sehingga dapat lebih meyakinkan interviewer bahwa kamu percaya diri dan tidak gugup ketika sesi wawancara. Beberapa komunikasi non-verbal yang perlu kamu latih dan kontrol ialah:

(1)Menjabat tangan dengan tegas dan tidak lemah.

(2)Menatap mata interviewer ketika mendengarkan dan menjawab pertanyaan interviewer.

(3)Tidak menggerakan tubuh secara berlebihan ketika berbicara. (4)Memberikan ekspresi dan intonasi yang meyakinkan.

(5)Tersenyum.


3. Appearance

Untuk persiapan penampilan, RulaWoman harus memperhatikan 2 hal, yaitu:

• Pakaian

Ketika menjalani sesi interview, sangat disarankan bagi kamu untuk mengenakan pakaian yang membuat kamu nyaman sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dirimu. Tetapi ingat, tetap gunakan pakaian yang rapi, sopan, tidak kekecilan, dan masih termasuk dalam kategori pakaian interview. Jika RulaWoman tidak nyaman menggunakan blazer, cukup pakai kemeja atau blus yang formal, atau jika tidak terbiasa menggunakan heels, cukup pakai flats-tentunya kamu nggak mau kan interview-nya batal karena kaki keseleo dan gak bisa jalan karena jatuh waktu memakai heels.

• Makeup

Walaupun kamu tidak suka berdandan, tetapi wajah polos dan pucat akan membuat kamu tampak baru bangun tidur dan tidak bersemangat. tentunya bukan kesan ini kan yang inin kamu sampaikan kepada sang interviewer?

makeup bisa membantu wajah RulaWoman terlihat lebih fresh sehingga lebih enak dipandang. Untuk penggunaan makeup, disarankan tidak berlebihan, karena kamu pasti tidak ingin kan kalau interviewer lebih tertarik dengan makeup-mu dibandingkan jawaban-jawaban yang kamu berikan?

Oleh sebab itu, jika ingin menggunakan makeup, cobalah beberapa hal berikut ini:

(1) Tidak membuat alis terlalu gelap dengan bentuk yang menukik tajam.

(2) Tidak membuat eyeliner berbentuk cat-eye yang dramatis, but just tight line your eye or just make a thin line.

(3) Just coat your eyelash with mascara once- you don’t want to look like wearing a false lashes for interview right?

(4) Use a neutral lip color, like medium browm/pink, or a nude one.

Satu hal lagi, jangan biarkan rambut mengganggu sesi interview – dimana secara tidak sadar kamu memainkan rambut karena gugup ketika menjawab pertanyaan. Tentunya hal ini sangat menggangu bagi interviewer karena tindakan itu dianggap menunjukkan bahwa kandidat gugup dan tidak serius ketika menjawab pertanyaannya. Untuk itu, sebaiknya RulaWoman mengikat rambut- you can make it into a pony tail or a bun, atau menjepit rambut ke arah belakang telinga.


4. Pray

Persiapan terakhir yang perlu RulaWoman lakukan ialah berdoa menurut kepercayaan masing-masing sehingga setiap usaha dan persiapan yang dilakukan dapat menghasilkan buah yang baik ketika melakukan sesi interview.


Nah, selamat mencoba. Semoga sukses ya wawancaranya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Wawancara Penting Hari ini? Jangan Pergi Sebelum Kamu Baca Rumus Keberhasilan Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Serlina | @Serlina

A makeup lover who love being an adviser for others

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar