1K
Saat pertama kali menyapa orang-orang di Twitter, Malala mendapat banyak tanggapan, baik berupa reply, retweet, maupun like. Penasaran apa saja yang dikatakan Malala di Twitternya? Yuk simak beberapa cuitan Malala yang pertama-tama ini.

Malala Yousafzai mulai dikenal luas sejak tahun 2014, ketika ia mencetak sejarah dengan menjadi penerima Nobel Perdamaian termuda atas kiprahnya sebagai aktivis pendidikan bagi perempuan. Bulan April 2017 lalu, perempuan usia 19 tahun ini kembali menerima kehormatan tinggi, yaitu Messenger of Peace dari Perserikatan Bangsa Bangsa. Pada usia yang semuda itu, semangatnya dalam menempuh pendidikan sekaligus membela kaum perempuan jelas menginspirasi banyak orang di berbagai belahan dunia. Ia pun tidak gentar menyuarakan pemikirannya meskipun sempat mengalami penembakan dari kelompok bersenjata Taliban pada tahun 2012 karena dianggap terlalu kritis.

Belum lama ini, ia bergabung di Twitter, media sosial yang hanya menyediakan ruang sebanyak 140 karakter dalam sekali unggahan. Saat pertama kali menyapa orang-orang di Twitter, ia langsung mendapat banyak tanggapan, baik berupa reply, retweet, maupun like. Penasaran apa saja yang dikatakan Malala di Twitternya? Yuk simak beberapa cuitan Malala yang pertama-tama ini.

1. Jangan buka media sosial jika ingin fokus pada satu pekerjaan

Thank you to everyone for the warm welcome. I'm still reading all your replies and it may take a while. Glad I joined AFTER exams!

Malala bergabung di Twitter tepat setelah dirinya lulus sekolah menengah, yang artinya ia telah melewati masa-masa ujian kelulusan yang berat. Ia pun bersyukur akan hal itu. Mungkin jika ia bergabung sebelum lulus, notifikasi new follower, reply, retweet, dan like yang membanjiri akunnya akan mengganggu proses belajarnya.

Selain memiliki banyak manfaat, media sosial memang berpotensi untuk menimbulkan distraksi, maka ketika ingin fokus pada satu hal, baiknya kamu menyingkir dulu dari dunia maya.

2. Percayalah bahwa kamu unik dan tidak ada duanya di dunia ini

Each girl’s story is unique  —  and girls' voices are our most powerful weapons in the fight for education and equality.

Setiap makhluk hidup, setiap manusia, setiap perempuan, diciptakan berbeda satu sama lain. Meskipun orang kembar sekalipun, pasti ada satu hal yang membedakan mereka. Malala menegaskan hal ini pada para follower di Twitter sekaligus mendorong perempuan di manapun mereka berada untuk tidak ragu dalam menyuarakan aspirasi dan mendapat pendidikan yang layak.

3. Terimalah dirimu sendiri apa adanya

Thank you, @ShamaJunejo! I'm proud to be Pashtun, Pakistani and Muslim.

Malala berasal dari suku Pashtun yang ada di negara Pakistan dan ia seorang muslim. Ia pun bangga dan percaya diri dengan asal-usulnya.

Jauh sebelum kamu berharap diterima orang lain sebagai bagian dari masyarakat, baiknya memang terlebih dahulu kamu menerima dirimu sendiri yang sekarang, apa adanya. Penerimaan diri ini akan membuat orang lain hormat padamu. Jangan lupa juga untuk terus meningkatkan kapasitas diri.

4. Saling dukung antar-perempuan

Keep working for a better future for your community, Estela. Never lose hope.

Sebagai sesama perempuan, baiknya kamu juga mendukung teman-temanmu, bukan saling bersaing dan saling menjatuhkan, apa lagi dengan cara-cara yang tidak bermoral. Seperti Malala, ia mendukung penuh aksi perempuan manapun yang berjuang seperti dirinya.

5. Terus memperjuangkan segala sesuatu yang diyakini

On and off Twitter, I'm fighting for girls —  will you join me?✋????

Sesuai dalam pidatonya ketika mendapat kehormatan Messenger of Peace, Malala akan terus berjuang untuk perempuan. Ia membuktikannya, dengan juga berkata hal yang sama di Twitter. Ia tidak peduli di manapun berada, baik di dunia maya atau di dunia nyata, ia terus menyuarakan tentang kemanusiaan dan keadilan.

Saat kamu punya cita-cita, memiliki sesuatu yang ingin kamu capai, atau sesuatu yang kamu yakini, maka jangan berhenti untuk meraihnya. Teruslah berjuang sampai akhir.

BACA JUGA


Akun Positif di Media Sosial Milik 3 Perempuan Ini Dijamin Bikin Semangat Kamu Balik Lagi, RulaWoman

Akun Positif di Media Sosial Milik 3 Perempuan Ini Dijamin Bikin Semangat Kamu Balik Lagi, RulaWoman

Terutama ketika kamu sedang mengalami hari yang buruk, foto maupun kata-kata mereka benar-benar ampuh membantumu untuk bangkit dan berjuang ...

Read more..

Itulah lima cuitan Malala Yousafzai yang baru saja bergabung dengan Twitter. Melalui cuitan singkatnya di akun @Malala, ia terus menginspirasi banyak orang.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Malala Yousafzai Bergabung di Twitter. Dari Cuitan Pertamanya Ini Tersembunyi 5 Pesan Moral yang Layak Kamu Teladani". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar