3.4K
"Healing begins with an aromatic bath and daily massage." - Hippocrates

Sebagian orang mungkin kurang tahu siapa penemu dari aromaterapi, dialah René Maurice Gattefosé, kimiawan asal Perancis. RulaWoman, ada suatu kejadian saat lengannya terbakar dan secara reflek ia mencelupkan ke minyak aroma terapi yaitu aroma lavender. Lengan yang terbakar sembuh dengan cepat dan hanya menyisakan sedikit bekas luka saja. Pada tahun 1937, ia menulis buku dalam bahasa Perancis berjudul Aromathérapie: Les Huiles essentielles hormones végétales yang kemudian di alih-bahasakan ke dalam bahasa Inggris menjadi Gattefossé’s Aromatherapy. Namun minyak esensial dari berbagai tanaman ini telah digunakan untuk tujuan terapeutik selama ratusan tahun loh, RulaWoman! Cina, India, Mesir, Yunani dan Romawi menggunakan minyak esensial dalam kosmetik, parfum dan obat-obatan. Nah, sebenarnya apa sih manfaat dari aromaterapi ini? Gak hanya di bidang kesehatan seperti cerita di atas, namun juga banyak manfaat dari segi kecantikan. Berikut 9 makna dibalik aroma wanginya :

1. Lemon

Bila dioleskan pada kulit, manfaat aromaterapi lemon dapat menjadikan kulit terasa halus yang disebabkan oleh kandungan nutrisi dari lemon. Sebagai penghalus kulit sekaligus melindunginya. Selain itu juga dapat mengencangkan, menstimulasi, menyegarkan kulit dan baik untuk kulit berminyak. Buat kamu yang mempunyai jenis kulit berminyak, gak ada salahnya dicoba.

2. Patchouli

Sering disebut daun nilam, patchouli berbentuk bulat dengan bulu-bulu di bawahnya. Tanaman ini ampuh melembabkan kulit kering. Selain itu membuat kulit terasa lebih sensual. RulaWoman bisa menambahkan minyak esensialnya pada body lotion yang biasa digunakan.

3. Rosemary

Jika dilihat secara sepintas Rosemary ini mirip dengan anak cemara loh, RulaWoman! Selama ini orang-orang hanya mengetahui bahwa tanaman yang berasal dari Eropa ini hanya berfungsi sebagai tanaman hias. Alasan mereka adalah karena pohon ini biasanya menghiasi sudut-sudut ruangan di dalam rumah. Namun dari segi kecantikan, aroma ini membantu mengatasi kulit kusam sampai di lapisan terbawah. Mencegah kulit kering, berkerut yang menampakkan urat-urat kemerahan. Bisa juga dijadikan penguat rambut yang dikombinasikan dengan shampoo.

4. Alang-alang

Alang-alang atau yang biasa disebut dengan ilalang merupakan jenis tanaman gulma yang sering disingkirkan oleh para petani. Meskipun dapat merugikan tanaman yang disekitarnya, akan tetapi jika dilihat dari segi manfaat, alang-alang kaya akan kandungan baik yang sangat berguna untuk kecantikan. Aroma ini dapat membuat kulit terasa lebih berkilau, eksotis, dan menarik. Hmm patut dicoba nih, RulaWoman!

5. Bergamot

Bergamot adalah buah jeruk dari sekitaran daerah Italia bagian selatan, bagian tropis asia dan Pantai Gading. Buah ini berasal dari nama sebuah kota di Lombardy, Italia yaitu kota Bergamo namun buah ini jarang dikonsumsi sebagai jus atau dimakan langsung, lebih sering dibuat menjadi minyak essensial. Minyak ini memiliki kemampuan mendistribusikan pigmen dan melanin pada permukaan kulit secara merata. Oleh karena itu, minyak bergamot berguna untuk menghilangkan bekas luka dan bekas lainnya dari kulit. Minyak bergamot juga populer digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Minyak ini juga membantu membunuh bakteri dari kulit sehingga meringankan jerawat. Banyak krim, lotion tabir surya, sabun, dan produk perawatan kulit lainnya mengandung minyak esensial ini loh, RulaWoman!

6. Chammomile

Chamomile atau kamomil adalah tanaman yang biasa digunakan untuk infus herbal dalam berbagai tujuan kesehatan. Namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Chamomile sering ditambahkan ke kosmetik kulit untuk penggunaan sebagai emolien adan efek anti inflamasi. Tanaman ini juga sering digunakan untuk meningkatkan warna rambut pirang. Dapat membantu hampir semua permasalahan kulit seperti jerawat, alergi, luka bakar, eksim dan peradangan kulit.

7. Lavender

Minyak lavender dapat membantu meningkatkan kecantikan kulit karena memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat mencegah serta menangkal efek iritasi akibat polutan. Juga berguna untuk perawatan rambut karena dapat menjadi sangat efektif untuk membunuh kutu dan telur kutu atau telurnya.

Itulah beberapa manfaat aroma terapi, semoga setelah kamu mengetahui beberapa manfaatnya, kamu menjadi lebih tertarik untuk mencobanya ya, RulaWoman!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Manfaat Aromaterapi untuk Kecantikan dan 7 Makna yang Tersembunyi Dibalik Wanginya. Apakah Wangi Favoritmu?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indy Sumaryo | @indysumaryo577

Writing to spread positivity I Feel free for asking and sharing to indy.sumaryo@gmail.com I Like my fan page https://www.facebook.com/indysumaryofanpage I visit my blog at https://indysumaryo.wordpress.com

Bagaimana menurutmu?