2.5K
Dalam rangka merayakan International Women’s Day, Girls In Tech Indonesia mengadakan VIP Night pertamanya bertajuk #WhyNot Accelerate Your Business with Technology. Dan buat kamu yang masih ragu untuk membangun start up bisnis, inilah pembelajaran yang bisa kamu dapatkan daru para perempuan hebat di VIP Night Girl In Tech Indonesia

Bertempat di Coworkinc Kemang, acara VIP Night Girl In Tech Indonesia ini dihadiri oleh para womanpreneur yang kisah perjuangannya dalam berbisnis sangat menginspirasi.

Acara ini dibuka oleh Anantya dan Ollie selaku Co-Managing Director Girls In Tech Indonesia. Padahal pada pagi harinya, mereka baru saja tiba di Indonesia dalam rangka mengajarkan teknologi pada 50 anak di Nepal. Walau memiliki acara yang padat, Anantya dan Ollie tidak lelah untuk tetap berbagi dengan perempuan Indonesia ya, RulaWoman.

Setelah mendapat sedikit penjelasan mengenai Girls In Tech, acara dilanjutkan dengan talk show bersama 3 orang narasumber yang tak kalah menginspirasi. Mereka adalah Dayu Dara selaku VP Go-Jek, Jenahara Nasution selaku Creative Director JENAHARA dan Geraldine Oetama selaku Executive Director Skystar Venture.

Tiga perempuan hebat ini menceritakan bagaimana perjuangan mereka dari awal membangun start up business bahkan bisa mempertahannya sampai sekarang.

Acara ini disiarkan secara live di Facebook, untuk kamu yang ketinggalan yuk simak 5 pembelajaran yang dibagikan oleh Dara, Jehan dan Geraldine di acara Girls In Tech VIP Night:

1. Start up business starts with a good motivation

o sourcphoto source: pinterest.com

Geraldine melihat banyak sekali produk teknologi di Indonesia yang dimiliki oleh orang asing, sedangkan Indonesia sendiri memiliki banyak start up lokal yang berpotensi untuk menciptakan produk teknologi yang tak kalah dengan milik orang luar. Karena itu Geraldine ingin memfasilitasi para start up lokal untuk memajukan bisnis mereka. Begitu juga dengan Jehan dan Dara yang sama-sama ingin membantu Indonesia mendapatkan hidup yang lebih baik dari usaha mereka.

Sebuah start up business yang seharusnya berawal dari motivasi baik, yang memang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Kalau kamu ingin memulai bisnismu, mulailah menentukan motivasi mengapa kamu harus membuka bisnismu. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya memang merupakan keinginan setiap pebisnis, tapi jika hanya itu yang menjadi motivasimu, cobalah untuk berpikir ulang, RulaWoman. Karena ketika suatu hari kamu mengalami masalah dengan bisnismu yang menyebabkan kamu tidak langsung mendapat untung malah mungkin merugi, kamu akan menyerah dengan segera.

2. Use your talent and be brave!

Jehan mulai membuka JENAHARA ketika dia sedang mengandung anak keduanya. Usia kandungan yang menginjak bulan ketujuh saat itu, tidak membuat dia menyerah dengan keinginannya mulai berbisnis. Dengan bakat yang dia miliki, Jehan mulai membuat desain pakaian modest fashion yang bisa dipakai siapa saja bahkan bisa mempermudah muslimah untuk memadu-padankan pakaiannya.

Yuk RulaWoman, mulai cari tau apa bakat kamu dan berani melangkah. Kalau seorang ibu hamil saja bisa memulai bisnis yang bertahan sampai 7 tahun ini, apalagi kamu!

3. Diversity is good

photo source: eremedia

Dalam memulai start up business sangat diperlukan tim yang solid. Komitmen memberikan yang terbaik untuk bisnis kamu bisa dibangun dengan memberikan visi yang jelas pada timmu, RulaWoman. Setelah memberikan visi yang jelas, percayalah sepenuhnya pada timmu.

Itulah yang dilakukan oleh Dara di Go-Jek yang kini telah memiliki 2000an karyawan, dan aplikasi Go-Jek sendiri telah diunduh oleh 34 juta pelanggan. Luar biasa ya.

"Setiap orang di dalammu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk perusahaanmu, karena itu kamu perlu memahami pentingnya perbedaan. Jika opini atau ide yang diberikan terlalu berbeda, ujilah satu-persatu untuk mengetahui mana yang terbaik."

4. Technology helps you

photo source: mobile marketing watch

Sebelum adanya teknologi, orang-orang memulai bisnisnya berdasarkan asumsi. Tapi setelah adanya teknologi kamu bisa dengan mudah mendapatkan data yang kamu inginkan. Bukan itu saja, teknologi membantu kamu untuk memasarkan produk yang kamu miliki dengan biaya lebih mudah dari pada cara yang konservatif. Karena itu gunakanlah teknologi untuk bisnismu, RulaWoman. Mulailah belajar mencari tau apa saja yang bisa kamu lakukan dengan teknologi untuk kemajuan bisnismu.

5. The more the merrier

photo source: free marketing made easy

Ketika bisnismu sudah berjalan, kamu pasti akan menemukan kompetitor tapi tidak usah takut dengan kompetitor. Semakin banyak kompetitor seharusnya semakin membuatmu mau memberikan yang terbaik untuk customer kamu, RulaWoman.


Itu tadi 5 pembelajaran bisnis yang dibagikan oleh Dara, Jehan dan Geraldine di acara Girls In Tech VIP Night. Sudah terpikirkan akan membangun usaha apa, RulaWoman? Apapun bisnis yang akan kamu bangun, tetaplah semangat dan berikan yang terbaik yang bisa kamu berikan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Masih Ragu Untuk Membangun Start Up Business? Yuk Simak 5 Pembelajaran Bisnis Dari Para Perempuan Hebat di VIP Night Girls In Tech Indonesia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wesa Theslan Bhadrasana | @wesabhadrasana

an encourager who writes about art, children, food, friendship, love, music and women. instagram: @wesabhadrasana email: wesabhadrasana@gmail.com

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar