860
Dear Stress, let's break up.


Pekerjaan numpuk, jalanan macet gila-gilaan, kereta penuh tiada ampun, berantem sama pacar atau dicuekin gebetan, ini sih masih terhitung sepele untuk sebagian orang. Tapi namanya juga hidup, kita pasti menemui masalah-masalah yang kadang butuh banyak energi dan waktu untuk dipecahkan. Salah-salah, makan jadi tidak nafsu, malas ngobrol sama orang, kepala pusing terus-terusan, suka nangis tiba-tiba, emosi jadi gampang meledak-ledak.. Tidak hanya itu aja, penampilan juga bisa ikutan kacau balau gara-gara stres.

Sadarkah pas lagi stres, jerawat banyak bermunculan? Ini terjadi karena stres memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kortisol yang mengganggu keseimbangan hormon, lalu memicu kelenjar minyak mengeluarkan lebih banyak minyak. Alhasil, jerawatan deh. Atau, pas tugas lagi numpuk-numpuknya dari kantor dan sukses bikin kita stay up all night, memicu cairan numpuk di area kantung mata. Hello, mata panda!

Seperti yang kita ketahui, stress bisa terjadi pada siapa saja. But since we can’t avoid our parts of life to escape from any stress possibilities, the best thing to do is finding better way to handle the stress:

1. Take A Good Care of Your Skin

Se-stres apapun, selelah apapun, sepusing apapun: Don’t ever neglect your skin. Ever. Perawatan kulit tetap harus dilakukan, setiap pagi dan malam. Put on your sunscreen. Remove your makeup before you go to sleep. Don’t be too lazy to use night cream and eye cream.

2. Drink Lots, Lots of Water

Konsumsi minimal 8 gelas air putih dalam sehari, supaya kulit tetap terhidrasi dengan baik. Jangan lupa, segelas air putih sebelum tidur membuat proses detoksifikasi selama kita tidur berlangsung lebih baik, dan membuat tidur kita lebih nyenyak dan berkualitas.

3. Move, Move!

Rutin berolahraga, minimal sekali dalam seminggu, memberikan pengaruh baik terhadap kulit. Bukan rahasia juga, olahraga meringankan beban pikiran dan membuat hati senang. Bergabung dengan berbagai macam klub olahraga, seperti klub yoga, klub zumba, atau klub lari, bisa bikin kamu lebih termotivasi dan lebih enjoy untuk melakukan olahraga rutin setiap minggunya.

4. Set Up A Happy Playlist

Susun playlist berisi lagu-lagu favorit yang beat atau liriknya bikin kamu senang. Reminder: No sad song, please. Ketika mood berantakan, atau lagi sedih, inhale, close your eyes, press play. Salah satu lagu Alina Baraz ft Galimatias berjudul Fantasy ini mungkin bisa bikin kamu rileks:

5. Talk To Someone

Ketika lagi dirundung masalah, berbagi cerita ke teman terdekat, atau pacar, atau siapapun yang dipercaya bisa mengurangi kesedihan. Saran yang objektif bisa membantu kita melihat masalah dengan lebih jernih, dan mencegah kita berlarut-larut dalam kesedihan. Comfort and nonjudgmental views from them can help you get through your situation, and make you feel less lonely.


Sedih boleh, berlarut-larut jangan. Percayalah, semua masalah pasti ada jalan keluarnya. And please, note this one: life spins like Rossi's wheels. Bisa saja ada alasan yang bikin kamu sedih detik ini, dan dua detik kemudian kamu dapat alasan untuk bahagia lagi. Betul gak, RulaWoman?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ada Banyak Cara Untuk Menjauhi Stres, Tahukah Kamu 5 Rahasia Ini ?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ina Massijaya | @inamassijaya

Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar