1.1K
Liburan harus tetap produktif!

RulaWoman yang masih kuliah, di pertengahan tahun ini pasti sedang menjalani libur panjang. Dan umumnya libur tengah semester ini bisa berlangsung sekitar 2-3 bulan. Hmm, lumayan lama juga ya?

Daripada liburan kamu disia-siakan untung nonton drakor atau main-main sama teman saja, mending isi waktu luang kamu dengan magang yuk! Ini bermanfaat banget buat menambah resume kamu nanti. Sebelum apply magang, sudahkah kamu mengikuti tips membuat CV yang baik dan menarik di bawah ini?

1. Isi Latar Pendidikan dan Pengalaman yang Penting-penting Saja

Saat kamu mencantumkan latar pendidikan dan pengalaman kamu di CV kamu, sebaiknya tidak perlu mencantumkan semua pengalaman yang telah kamu jalani atau terlalu umum. Misalnya dalam latar pendidikan, tidak perlu repot-repot mencantumkan TK dan SD kamu. Dimulai dari SMA saja sudah cukup menjanjikan kok.

Selain itu, saat mencantumkan pengalaman kamu sebaiknya pilih yang sesuai dan mirip dengan tempat magang atau jabatan yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin magang menjadi fashion stylist, yang baca CV kamu pasti lebih tertarik dengan pengalaman kamu sebelumnya di bidang fashion atau di lingkungan fashion. Jadi, pengalaman kamu menjadi agen asuransi sebaiknya disimpan dulu deh, RulaWoman.

2. Data Pribadi yang Diberikan Harus Lengkap dan Spesifik

Source; TheDailyTouch.com

Data pribadi atau identitas yang penting diberikan dapat dimulai dari tempat dan tanggal lahir kamu hingga alamat serta nomor, email atau kontak lain kamu yang bisa dihubungi. Dalam data pribadi kamu juga bisa self branding diri kamu kepada perusahaan yang menawarkan posisi magang tersebut. Bahasa yang digunakan boleh persuasif, namun harus tetap formal. Selain itu penulisannya harus tetap spesifik dan tidak berbelit-belit ya. Karena itu, jangan cantumkan makanan dan minuman favorit kamu juga ya, RulaWoman.

3. Menggunakan Template CV yang Tepat dan Rapi

Source: behance.net

Jangan menggunakan template yang terlalu 'ramai' karena nanti perusahaan yang baca CV kamu jadi kebingungan bacanya. Karena itu, sebaiknya pemilihan template menggunakan design yang minimalis. Jika kamu apply magang di perusahaan bidang kreatif atau santai gitu, kamu juga bisa pakai design template CV yang lebih fun.

BACA JUGA


RulaWoman, Inilah 5 Tips untuk Mempersiapkan Kuliah ke Melbourne, Australia

RulaWoman, Inilah 5 Tips untuk Mempersiapkan Kuliah ke Melbourne, Australia

Australia, terutama kota Melbourne menjadi destinsi belajar yang populer untuk murid-murid dari Asia. Dan jumlah pelajar internasional di ...

Read more..

Itu dia tipsnya ya RulaWoman. Ingat, CV itu penting banget sebagai perkenalan awal kamu dengan perusahaan. Semoga tips ini bermanfaat ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Isi Liburan Semester dengan Magang? Inilah Cara Membuat CV yang Baik dan Menarik". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Catharine Silitonga | @kathchelsea

Political science undergraduate. I also sell stuff here @graziebox @thebadgyalstore

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar