99
Kalau kamu berencana untuk membangun karir di dunia profisional, maka kamu harus tahu bagaimana LinkedIn bisa membantu kamu membangun karir profesional kamu dari awal. Bukan mustahil loh kamu akan direkrut perusahaan besar karena profile kamu di LinkedIn. #WhyNot?

Pada tgl. 8 July 2017 lalu, Girl In Tech Indonesia bekerja sama dengan Lanny Wijaya yang berperan sebagai Regional Relationship Manager LinkedIn South East Asia, mengadakan acara bersama tentang bagaimana kamu bisa membangun karir profesioanl kamu mulai dari LinkedIn profile.

Di sini kamu berkesempatan untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana sih caranya menulis profile LinkedIn yang benar sehingga orang akan berburu dan mencari kamu untuk menawarkan pekerjaan padamu, dan kamu akan dengan mudah direkrut perusahaan besar impian kamu.

Ya, RulaWoman. Karir profesional kamu bisa dimulai dari profile LinkedIn kamu. Walaupun kamu adalah seorang fresh graduate, ada rahasianya agar profile kamu justru yang langsung dilirik perusahaan besar,

Bagaimana caranya? Lanny Wijaya menjelaskannya secara detail di sini.

LinkedIn's mission : connect the world's professionals to make them more productive and successful

photo credit: ZettaMedia-GirlInTechIndonesia

Misi dari LinkedIn sendiri adalah untuk mempertemukan para profesional yang ahli di bidangnya, agar dapat saling berbagi dan saling terkoneksi, sehingga siapapun yang mempergunakan LinkedIn dapat menjadi lebih produktif dan sukses.

Saat ini LinkedIn sendiri sudah memiliki 500 juta profesional member di seluruh dunia. Dengan 20 juta member dari Asia Tenggara dan di Indonesia sendiri sudah ada sekitar 8 juta membernya yang aktif mempergunakan LinkedIn sebagai referensi.

LinkedIn sendiri adalah platform pertama yang berkecimpung di dunia prodesianal yang terkait dengan pekerjaan dan referensi. Disini selain kamu juga bisa get connected dengan sesama teman, ada update-update baru yang bisa kamu ikuti, kamu juga bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang diinformasikan melalui LinkedIn, baik online maupun offline.

Singkat cerita, segala hal yang berhubungan dengan dunia pekerjaan dan profesionalisme, akan kamu dapatkan dengan mudah melalui LinkedIn.

Kamu bahkan juga bisa mendapatkan profisional advice dari orang-orang yang bisa kamu follow. Baik itu adalah seorang influencer, ataupun orang-orang yang kamu anggap tulisannya sangat bermanfaat dan kamu kagumi di bidang karir dan bisnis.

9 dari 10 perusahaan akan merekrut kamu dengan mempergunakan LinkedIn

photo credit: ZettaMedia-GirlInTechIndonesia

Nggak hanya melalui C.V, sekarang ini perusahaan-perusahaan besar akan mencoba untuk merekrut kandidat pekerjanya melalui profile yang bisa mereka lihat dari LinkedIn. Kepiawaian kamu dalam memaksimalkan profile diri kamu di LinkedIn akan menunjukkan profesional referensi kamu juga. Dan kamu sendiri juga akan bisa melihat dan mempelajari lebih lanjut mengenai perusahaan tempat kamu akan bekerja atau akan melamar pekerjaan dari profile LinkedIn mereka.

Akan terlihat banyak, RulaWoman, apakah kamu termasuk kandidat pekerja yang berkualitas atau tidak. Penting bagi kamu untuk memulai personal branding kamu sejak awal. Bagaimana kamu perepresentasikan diri kamulah yang akan dilihat oleh perusahaan impian kamu.

Bagaimana caranya agar kamu bisa mendapatkan perhatian dari perusahaan yang akan melakukan perekrutan agar mereka memperhatikan kamu?

Inilah hal penting yang harus kamu perhatikan.

Photocredit: ZettaMedia-GirlInTechIndonesia

Top 5 Industri di Indonesia

1. Banking

2. Information Technology and Services

3. Oil and Energy

4. Hospitality

5. Financial Services

Kelima hal tersebut di atas adalah industri atau pekerjaan yang paling banyak dicari dan juga paling banyak diminati. Jadi kalau kamu ingin bisa menjadi bagian dari salah satu industri atau pekerjaan di atas, maka kamu butuh banget LinkedIn.


Hal-hal penting yang harus kamu perhatikan pada profile LinkedIn kamu.

Photo credit: ZettaMedia-GirlInTechIndonesia

1. Foto profile: kamu akan dilihat 14 kali lebih dilihat daripada profile tanpa foto. Pastikan kamu memasang foto kamu yang profesional, dengan latar belakang yang polos atau terlihat 'serius'. Jangan sekali kali memasang foto profile kamu sedang memakai bikini di pantai, atau kamu sedang berada dalam ruang pesta. Hal ini bukanlah perusahaan besar ingin lihat dari kamu.

2. Tulislah hal yang paling menarik tentang diri kamu secara singkat namun mampu menarik perhatian siapapun yang membacanya: Jelaskan tentang apa yang kamu lakukan dan tunjukkan bagaimana passion kamu terhadap pekerjaan kamu dan apa saja nilai-nilai yang kamu pegang.

3. Tulislah ringkasan cerita tentang kamu, yang berfokus pada apa saja pencapaian kamu dalam pekerjaan kamu, dan aspirasi kamu, sedikitnya 40 kata, sebaiknya lebih dan jangan lupa masukkan keyword di dalamnya, tapi jangan buzzword ya.

4. Tulis secara detail semua pengalaman kerja kamu, termasuk didalamnya pengalaman project event misalnya, acara charity dan lain-lain menurut kamu penting, pasti menurut orang lain juga penting.

5. Masukkan foto foto profesional kamu dalam beraktifitas, bukan foto liburan atau senang-senang ya RulaWoman.

6. Tambahkan skill dan mintalah endorsement dari teman kamu atau orang-orang yang pernah bekerja sama dengan kamu. Termasuk didalamnya keahlian kamu di bidang tertentu dan tambahkan sedikitnya 8-20 skill yang bisa menarik perhatian mereka yang mencari pekerja seperti kamu.

Nah setelah kamu melakukan hal ini, kamu juga akan menjadi lebih fokus tentang apa yang sebenarnya kamu ingin dikenal orang dan profesi apa yang menjadikan diri kamu adalah kamu yang istimewa.

Set up job alerts to stay in the know

photo credit: ZettaMedia-GirlInTechIndonesia

Be the first to hear about new jobs that match what you want. Disini kamu bahkan bisa memasukan gaji yang kamu inginkan untuk posisi impian yang kamu dambakan. Kamu juga bisa memasang alert atau notifikasi atas informasi yang penting yang berhubungan dengan tempat atau pekerjaan yang kamu inginkan.

Mulai dari artikel-artikel yang berhubungan, sampai kemungkinan lowongan pekerjaan bisa kamu dapatkan di sini. Dan pastikan kamu meluangkan waktu sedikitnya 10-15 menit setiap harinya untuk melihat LinkedIn kamu. Karena kamu nggak akan pernah tahu kesempatan apa yang bisa kamu dapatkan dari LinkedIn setiap harinya. Yang jelas, berbagai informasi seputar dunia profesional akan berpusat di sini.

Getting a referral is still the best way to get a job

Dengan semakin banyaknya referal atau rekomendasi dari teman-teman, kamu akan semakin cepat bisa dekat dengan pekerjaan impian kamu. Untuk itu pastikan kamu terkoneksi kembali dengan teman-teman kamu di masa kuliah, SMA dan lain-lain. Dari kesamaan teman, kesamaan koneksi dan bagaimana kamu mem-follow orang-orang yang kamu anggap mampu menginpirasi dan bisa mempengaruhi kamu, karakter kamu akan terbaca di sini.

Otomatis ilmu kamu akan bertambah, dan selain itu, orang-orang yang mencari rekrutan baru atau HRD sebuah perusahaan besar akan membaca karakter kamu dari awal seperti ini. Pastikan diri kamu berharga dan hanya memposting hal-hal yang bermanfaat, yang kamu tahu akan bisa menarik perhatian siapapun yang ingin mempekerjakan kamu.

Photo credit: ZettaMedia-GirlInTechIndonesia


Terima kasih untuk teman-teman dari Girls In Tech Indonesia yang sudah hadir. Sukses terus ya bersama Rula dan Girls In Tech.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Membangun Karir Professional Kamu Mulai Dari LinkedIn Profile? #WhyNot !". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


RULA Woman | @rulaid

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar