1.5K
Do Not Save What is Left After Spending, But Spend What is Left After Saving - Warren Buffet

Semua orang punya uang dan semua orang juga bisa membeli apa yang diinginkannya. Namun, disinilah permasalahan dimulai. Untuk apa punya uang kalau hanya habis untuk membeli hal yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Hal inilah yang masih menjadi permasalahan banyak perempuan. Hari ini bertekad untuk hemat, apalah daya ketika besok melihat diskonan dan terpaksa pakai tabungan untuk membelinya. Terkadang kita juga punya keinginan menabung untuk membeli sesuatu yang sangat diidamkan, namun niat untuk menabung ini seringkali gagal karena beberapa hal di luar dugaan. Buat RulaWoman yang kesulitan menabung, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tabungan dengan effort yang tidak sulit. Yuk, disimak!


Buat Data Outcome dan Income

Buat Data Outcome Dan Income - netralnews.com
netralnews.com

Cara yang paling mudah adalah dengan membuat data pengeluaran dan pemasukan kamu dalam sebulan. Dengan cara ini kamu bisa mengetahui berapa uang yang bisa kamu simpan di bulan itu. Juga, bisa menjadi ''rem'' kamu ketika akan membeli sesuatu. Data ini bisa dibuat dengan standart excel dengan memasukkan jumlah pemasukan dan items yang akan kamu beli mulai dari odol sampai cemilan yang akan kamu beli di bulan itu. Terdengar kaku, sih. Tapi inilah yang disebut dengan management. Ya, management dalam kehidupan diri sendiri. Kamu bisa mengatur apa saja yang kamu beli untuk mencapai nilai tabungan sesuai yang diharapkan. Selain dengan standart excel, kamu bisa juga membuat data ini melalui beberapa aplikasi pengelolaan uang yang bisa didapat secara free.


Menabung Berdasarkan Tanggal Berjalan

Menabung Berdasarkan Tanggal Berjalan - zamson.net
zamson.net

Cara selanjutnya adalah menabung berdasarkan tanggal. Maksudnya adalah menabung harian dengan menyesuaikan dengan tanggal hari itu. Ketika tanggal 1 maka kamu menabung Rp.1000, tanggal 2 maka kamu menabung Rp.2000, sampai ke tanggal 30 di mana kamu menabung Rp.30.000. Kelihatannya sepele dan melelahkan ya harus nabung setiap hari seperti itu. Jangan salah, RulaWoman! Kalau kamu mengikuti cara ini, kamu bisa menabung Rp.465.000 dalam sebulan. Kalau ditotal dalam setahun kamu punya tabungan sebesar Rp.5.580.000. Fantasitic, kan? Masih sedikit jumlahnya dari harapan? Yah, daripada tidak menabung sama sekali dan uangnya malah habis untuk membeli yang tidak diperlukan, bukankah lebih baik menabung dengan cara seperti ini ?


Menabung Berdasarkan Minggu Berjalan

Menabung Berdasarkan Minggu Berjalan - kakikelana.com
kakikelana.com

Buat kamu yang mau nabung dalam jumlah lebih besar lagi, bisa pakai cara ini nih! Butuh effort yang cukup sulit juga, karena uang yang dikeluarkan untuk menabung juga lebih besar. Menabung dengan metode ini dilakukan berdasarkan minggu yang sedang berjalan. Misalnya, pada tanggal 1 - 3 Januari 2016 dihitung sebagai minggu pertama, sehingga dalam tanggal tersebut kamu harus menabung Rp.1000 setiap harinya. Minggu kedua dilanjutkan mulai tanggal 4-10 Januari 2016, maka kamu harus menabung Rp. 2000 setiap harinya. Sampai pada tanggal 1-7 Agustus yang merupakan minggu ke-32, maka kamu harus menabung Rp.32.000 setiap harinya. Hingga, minggu ke-53 yang jatuh pada tanggal 26-31 Desember, maka kamu menabung Rp.53.000 setiap harinya pada tanggal tersebut. Terus, totalnya berapa? Ssstt, jangan kaget ya kalau pada akhir tahun kamu punya tabungan sebesar Rp.10.297.000. Kalau begini, tinggal bikin rencana liburan dong ya!


Memasak Juga Bisa Membantu

Memasak Juga Bisa Membantu - whytoread.com
whytoread.com

Memasak bisa membantu nabung ? Yups, caranya adalah kamu memasak setiap hari. Artinya, kamu membawa bekal ke sekolah, kampus, atau ke kantor. Dengan begini, kamu gak perlu lagi jajan saat makan siang. Walaupun kamu bawa bekal, kamu masih bisa kok makan sama teman di kantin, sehingga quality time dengan mereka tetap berjalan seperti biasa, kan. Walaupun cara ini membutuhkan effort yang lumayan, tapi hasilnya juga sebanding kok. Selain menghemat, kamu bisa belajar masak dan kamu bisa hidup lebih sehat lagi karena makanan sendiri itu lebih sehat daripada harus membeli makanan yang dijajakan di kantin atau foodcourt.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menabung Bukan Lagi Impian, Intip 4 Cara Mudah Berikut". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lady Octora | @ladywargaratu

#positiveyolo ---- instagram @ladyoctorawargaratu

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar