197
Akan ada suatu masa di mana kamu yang tadinya susah payah mencari pekerjaan, sekarang malah kamu yang dikejar-kejar orang untuk menjabat suatu pekerjaan. Ketika 3 pekerjaan impian datang sekaligus, apa yang bisa kamu lakukan?

Kerja keras dan kesabaran pastinya akan selalu membuahkan hasil, RulaWoman. Dan kalau kamu memiliki profile LinkedIn yang keren, dan nggak malu untuk terkoneksi dengan orang-orang yang kamu anggap sukses, maka bukan mustahil suatu hari nanti seorang CEO akan mengirimkan direct message padamu dan menawarkan pekerjaan, berdasarkan profile pekerjaan kamu.

Tapi, jangan girang dulu, RulaWoman. Ada 7 hal yang harus kamu pertimbangkan apabila kamu mendapatkan tawaran pekerjaan sebelum kamu memutuskan.

1. Jarak dan biaya yang dibutuhkan dari rumah ke kantor

Lokasi tempat tinggal dan tempat kerja itu penting dalam menentukan apakah kamu sebaiknya menerima sebuah tawaran pekerjaan. Stress akibat lama di kendaraan akan lumayan menyita pikiran dan semangat kamu. Ya, RulaWoman, semangat. Semangat akan mudah hilang kalau kamu terlalu lama menghabiskan waktu di macet. Dan jangan lupa biaya yang harus kamu keluarkan juga akibat jarak yang jauh, karena akan berpengaruh pada pengeluaran kamu.

Kalau gaji lebih tinggi tapi karena jarak yang jauh malah menggerus gaji, maka artinya tidak ada perbaikan dalam penghasilan kamu untuk pindah, RulaWoman.

photo credit: cbc.com

2. Health benefit

Nggak semua kantor memberikan fasilitas kesehatan yang baik loh RulaWoman. Dan ini nggak hanya menyangkut soal standar BPJS ya, namun juga asuransi kesehatan tambahan yang bisa kamu peroleh, dengan bekerja di tempat tertentu. Seorang teman mendapatkan fasilitas kesehatan berupa rawat jalan sampai sekian puluh juta, belum termasuk rawat inap, jatah cuti dengan tetap dibayar, dll. Tentunya juga ada bonus akhir tahun ya.

Semua itu didapatkannya padahal gaji yang diterimanya dibawah 15 juta. Tapi memang ada perusahaan yang bisa sangat menghargai kamu, ada yang kurang bisa melihat betapalah kamu sebenarnya berharga. Nah, bagaimanakah perusahaan atau start up tempat kamu bekerja menghargai kamu, RulaWoman?

3. Gaji

Gaji memang bukan segalanya, tapi segalanya perlu gaji untuk membayar. Tagihan nggak akan bisa kamu bayar dengan sabar dan passion. Jadi realistis saja, RulaWoman. Dan yakinlah pada akhirnya akan ada seseorang yang melihat potensi kamu dan menawarkan pekerjaan padamu.

Eric Smith CPP, seorang Security Director dari HSS pernah menuliskan hal ini: Employees are actively looking for new opportunities, often with competitors. Top employees will go to the highest bidder, everything else being equal.
photo credit: 542partners.com

Intinya, setiap perusahaan akan selalu mencari karyawan yang hebat. Dan kalau perusahaan tempat kamu bekerja tidak bisa menghargai kamu sesuai dengan gaji standar, maka kamu nggak perlu untuk bertahan. Kamu punya impian, kamu punya tujuan keuangan. Mulai dari kepemilikan rumah, sampai pada standar kehidupan yang bisa membuat kamu lebih baik dan lebih maju. Lagipula, naik gaji akan membantu kamu menghadapi inflasi. Kalau tidak ada kenaikan gaji, sebenarnya sama saja dengan kamu turun gaji, karena barang yang kamu bisa beli saat ini, pastinya lebih mahal 10% daripada tahun lalu.

4. Jenjang karir

Apakah ada jenjang karir di tempat kamu bekerja? Kalau tidak ada maka artinya kenaikan gaji kamu juga akan mentok, RulaWoman. Jenjang karir penting karena berkolerasi dengan peningkatan gaya hidup dan standar hidup. Nggak hanya gaji yang naik berkali lipat, namun juga kualitas kamu dengan ilmu dan pengalaman yang kamu punya juga meningkat. Untuk hal ini maka kamu pantas untuk naik pangkat. Namun kalau misalnya di perusahaan tempat kamu bekerja tidak bisa memberikan jenjang karir atau penawaran lain yang bisa memperbaiki taraf hidup kamu dan membantu kamu menggapai impian kamu, maka pertimbangkanlah kembali, RulaWoman. Mungkin kamu nggak akan bahagia di tempat ini.

5. Social Benefit

Social benefit yang di maksud di sini adalah seberapa besar kamu akan bisa bertemu dengan orang-orang baru yang bisa menambah wawasan kamu. Baik dari segi pekerjaan maupun pergaulan, apakah keunggulan dari tawaran pekerjaan yang ditawarkan kepadamu dari segi sosial.

Social benefit ini juga termasuk di dalamnya keuntungan pribadi untuk kamu, seperti kemungkinan di kirim ke luar negeri dengan semua pengeluaran ditanggung perusahaan untuk keperluan bisnis, rate card kalau kamu terpaksa atau lembur atau melakukan pekerjaan tambahan di luar kantor pada jam kerja atau diluar jam kerja, dan lain-lain yang menyangkut kebutuhan kantor atas nama kamu.

Asik ya?

photo credit: gettyimages.com

6. Tawaran beasiswa

Salah satu perusahaan yang menawarkan pekerjaan juga menawarkan untuk memberikan beasiswa agar saya bisa menambah pengetahuan saya dan tentunya gelar tambahan. Otomatis penambahan ilmu dan gelar yang kamu miliki akan menambah nilai kamu, yang berhubungan dengan gaji. Nggak semua perusahaan akan menawarkan hal seperti ini, kecuali perusahaan besar yang percaya bahwa kamu memiliki potensi yang besar dan kamu berharga bagi kemajuan perusahaan.

Pemberian beasiswa adalah tanda bahwa perusahaan membutuhkan kamu, sangat menghargai kamu. Nggak hanya itu, kamu akan diberikan perjanjian tambahan sehingga kamu akan memiliki masa secure berupa kontrak sampai sekian tahun ke depan, yang menjamin kedudukan kamu yang aman di perusahaan.

7. Dimana kamu menentukan untuk bekerja, di situlah potensial jodoh kamu berada

Atau dengan kata lain, kamu ingin jodoh kamu yang seperti apa? Dalam satu waktu apabila kamu ditawarkan 3 pekerjaan sekaligus, sementara semua pertimbangan tersebut di atas masih membuat kamu ragu, maka jurus terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan mempertimbangkan kamu ingin jodoh kamu yang seperti apa.

Lihat kembali ruang lingkup yang akan kamu hadapi di ruang kerja. Mungkin saja bukan dengan rekan kerja, namun lingkup pergaulan kerja yang akan kamu hadapi nanti seperti apa, maka potensial jodoh kamu akan ada di sana.

BACA JUGA


5 Tips Agar Wawancara Kerja Berjalan Mulus dan Tanpa Halangan. Catat Yuk RulaWoman!

5 Tips Agar Wawancara Kerja Berjalan Mulus dan Tanpa Halangan. Catat Yuk RulaWoman!

Siapa sih yang tidak ingin bekerja? Terlebih dibidang dan perusahaan yang dimaui? Nah wawancara menjadi salah satu gerbang untuk mencapai ...

Read more..

Semoga bermanfaat ya, RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mendapat Tawaran 3 Pekerjaan Sekaligus? Inilah 7 Hal yang Bisa Kamu Jadikan Pertimbangan, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Maharani Adinata | @RaniAdinata

A genuine Scorpio with the love of music, books, chocolate cake and a cup of tea.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar