1.5K
Menghadirkan para pemimpin bisnis, investor di sektor berdampak dan pakar dalam gender, sesi yang ditampilkan di Sankalp SEA Summit 2017 bertujuan untuk melibatkan pelaku pasar untuk memobilisasi arus modal swasta ke bisnis yang dimiliki dan dipimpin oleh perempuan di wilayah regional

Perempuan memegang peran penting dalam keuangan keluarga. Sayangnya kesadaran investasi di kalangan perempuan justru sangat minim dibandingkan laki-laki. Apalagi dalam hal bisnis.

Seiring dengan bertumbuhnya jumlah wirausahawan perempuan di Asia Tenggara khususnya di Indonesia, Sankalp Forum—salah satu platform pengembangan multi-stakeholder dan inklusif untuk kewirausahaan sosial dan investasi di sektor berdampak–akan mengadakan edisi ketiga Summit terbesarnya pada tanggal 19-20 September 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta dengan pertanian, blue economy / ekonomi biru (perikanan, budidaya perairan), energi, inklusi keuangan, akses terhadap kesehatan, dan investasi pada perempuan sebagai tema Summit tahun ini.

Sankalp Forum mengumumkan kemitraannya dengan Investing in Women

Menempatkan wirausaha perempuan sebagai salah satu tema utamanya, Sankalp Forum mengumumkan kemitraan dengan Investing in Women, sebuah inisiatif dari Pemerintah Australia sebagai katalis pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan yang inklusif di Asia Tenggara untuk meningkatkan jumlah bisnis yang dipimpin perempuan. Hal ini merupakan upaya untuk memperoleh solusi yang dapat segera diaplikasikan guna membentuk masa depan bisnis wirausaha perempuan di wilayah ini.

photo credit Sankapl Summit 2016

Kesenjangan gender yang masih tinggi

Menurut Data Forum Ekonomi Dunia tentang Ketimpangan Gender Global pada tahun 2016, kesenjangan gender di Indonesia masih tinggi, dengan menjadi kedua terendah di Asia Tenggara. Laporan International Finance Cooperation (IFC) tahun 2016 berjudul "Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dimiliki oleh perempuan di Indonesia: Peluang bagi lembaga keuangan lokal" menunjukkan bahwa prosedur bank yang rumit dalam mengajukan pinjaman lebih banyak dialami oleh perempuan dengan 40% dibandingkan laki-laki dengan hanya 28%.

Tujuan Sankalp South East Asia Summit 2017

Berfokus pada pembangunan platform tindakan bersama terutama bagi perempuan, Sankalp Southeast Asia Summit 2017 bertujuan untuk mengembangkan solusi yang dapat dilakukan seperti menyalurkan pendanaan bagi pengusaha perempuan, karena pendanaan bagi pengusaha perempuan diyakini mampu memperbaiki tidak hanya operasi bisnis tetapi juga meningkatkan kualitas hidup perempuan secara keseluruhan.

"Secara global, perusahaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dimiliki oleh wanita menghadapi kesenjangan pembiayaan sekitar US$ 285 miliar. Menutup celah kredit bagi UKM yang dimiliki dan dipimpin oleh perempuan dapat mendorong pertumbuhan global. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan pengerahan dan pengalihan arus modal global," seperti yang diutarakan oleh Julia Newton-Howes, CEO Investing in Women.

"Dengan berinvestasi pada bisnis yang dipimpin oleh perempuan, kami juga dapat menciptakan kesempatan untuk memberdayakan lebih banyak perempuan karena kelompok perempuan, termasuk asosiasi bisnis dan serikat pekerja, seringkali menjadi jalan bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan bagi banyak perempuan di seluruh dunia."

"Kami sangat antusias untuk bermitra dengan Sankalp, yang menyediakan platform yang kuat untuk terlibat dengan pemain industri dalam pekerjaan penting kami untuk menyalurkan pendanaan sektor berdampak ke Asia Tenggara dengan lensa gender." Newton Howes menyimpulkan.

Photo credit Sankalp Summit 2017

Dukungan organisasi-organisasi dunia pada Sankalp Forum tahun ini

Didukung oleh lebih dari 100 organisasi dunia, Sankalp Forum tahun ini didukung oleh USAID, Global Impact Investing Network, KFW, Kopernik, Oxfam, Singapore International Foundation. Untuk memberikan informasi mengenai pentingnya “Investing in Women”, sesi pleno dan diskusi akan berfokus pada topik-topik ini:

● Mendukung pemberdayaan ekonomi untuk perempuan, terutama dalam UMKM.

● Memobilisasikan modal UMKM yang didirikan oleh perempuan melalui model keuangan campuran.

● Membuka kesempatan untuk pertumbuhan, pengembalian, dan hasil dengan mempertimbangkan berinvestasi terhadap perempuan.

● Mengubah lingkungan bisnis perempuan dengan perspektif dari market enabler seperti pendonor, jaringan industri, dan pembuat kebijakan.

Sankalp Summit yang ke-3 di Indonesia, adalah salah satu komitmen dari Grup Aavishkaar-Intellecap untuk mendukung pertumbuhan inklusif melalui pengembangan kewirausahaan di regional Asia Tenggara. Summit tahun ini, akan dihadiri oleh 600 stakeholders, dan akan menghubungkan para wirausaha sosial dengan investor sektor berdampak, pemimpin perusahaan swasta dan para pembuat kebijakan.

Untuk menghadiri summit ini, registrasi dapat dilakukan di: https://events.bizzabo.com/seasia2017

photo credit Sankalp Summit 2016

Tentang Sankalp Forum

Sankalp Forum diprakarsai di India pada tahun 2009 oleh Intellecap, bagian dari Aavishkaar-Intellecap Group, untuk menciptakan ekosistem yang berkembang pesat untuk pengembangan inklusif yang dipimpin oleh bisnis. Selama 8 tahun terakhir, Sankalp telah membangun salah satu platform perusahaan terbesar di dunia yang telah memamerkan dan menemukan 1.500+ wirausahawan, melalui 15+ edisi dan telah menghubungkan mereka dengan lebih dari 300+ investor. Sankalp telah membuka peluang perusahaan dan pengusaha dan telah membantu mengumpulkan dana lebih dari USD 220 juta. Sankalp Forum bekerjasama dengan Pemerintah, Korporasi, platform berpengaruh seperti G8 dan G20, media dan masyarakat sipil untuk mendorong perubahan paradigma dalam pendekatan pembangunan inklusif.

Tentang Investing in Women

Investing in Women adalah inisiatif Pemerintah Australia untuk mengkatalisis pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan pengurangan kemiskinan di Asia Tenggara. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam ketenagakerjaan dan sebagai pemimpin bisnis; Meningkatkan suara perempuan dalam pengambilan keputusan dan kepemimpinan; Dan mempengaruhi sektor publik dan publik untuk mempromosikan nilai kesetaraan gender. Di seluruh wilayah, Investing in Woman bermitra dengan Investor sektor berdampak termasuk di Indonesia, Filipina dan Vietnam, dan untuk membangun sebuah aktivitas bisnis demi lingkungan investasi yang lebih inklusif di seluruh dunia.

Spesial buat RulaWoman, kamu bisa mendapatkan diskon 20% dengan menggunakan kode: ZETTA20 saat melakukan pembelian tiket di http://bit.ly/SankalpRula

Nah jadi RulaWoman yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang acara ini, bisa daftar langsung dan lihat susunan acaranya ya untuk tgl 19-20 September 2017 nanti di http://bit.ly/SankalpRula


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mendorong Perubahan Pada Ekosistem Investasi untuk Angka Wirausaha Perempuan di Asia Tenggara dan Indonesia yang Meningkat, ”Investing in Women” Bermitra dengan Sankalp SEA Summit 2017". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm the Managing Editor at Rula.co.id., a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar