154
Kopi jadi pilihan untuk menghilangkan kantuk. Tapi tahukah kamu kalau ada cara lain yang bisa kamu gunakan sebagai penghilang kantuk?
photo credit:maxpixel.

Jam setelah makan siang merupakan jam rawan. Mengapa? Karena perut dalam keadaan kenyang. Biasanya pada jam-jam tersebut banyak orang mengkonsumsi kopi sebagai penghilang kantuk. Padahal faktanya efek kafein akan hilang dalam waktu 9-15 jam setelah dikonsumsi. Itu berarti jika kopi dikonsumsi di sore hari, maka dapat mengganggu kualitas tidur kamu. Ternyata menghilangkan kantuk tak harus dengan kopi, berikut 7 cara untuk meningkatkan konsentrasi yang bisa kamu coba.

1. Meski terdengar klise, tidur cukup itu perlu

Saat tidur, tubuh melakukan perbaikan pada sel-sel otak, sehingga konsentrasi kamu pun meningkat.

Penuhi jam tidur kamu, yaitu sekitar 7-8 jam. Jangan terlalu singkat atau terlalu lama. Sebelum tidur, jauhkan diri dari gadget, sehingga kualitas tidur kamu bisa terjaga. Kualitas tidur yang baik akan berguna untuk performa kamu di keesokan harinya.

2. Olahraga teratur, tubuh kamu juga perlu bergerak

photo credit: istock

Dengan berolahraga secara teratur, tubuh kamu akan lebih bugar. Aktif bergerak akan membuat sistem kerja tubuh menjadi lebih teratur, termasuk dalam hal konsentrasi. Kamu pun tidak mudah lelah karena tubuh sudah “terbiasa” untuk aktif.

3. Ada dunia sebelum jam 9 pagi

Setiap orang punya waktu produktif yang berbeda-beda. Itulah mengapa dikenal sebutan “manusia pagi” dan “manusia malam”. Meski demikian, bangun lebih awal akan membuat kamu lebih produktif, karena puncak energi ada di pagi hari dan menurun secara perlahan setelah siang hari. Ada dunia sebelum jam 9 pagi, gunakan waktu kamu di pagi hari dengan seefektif mungkin, di mana kemampuan konsentrasi kamu masih dalam keadaan paling prima.

4. Dengarkan musik yang membuat kamu bersemangat

photo credit:Wallpaper Pond

Pilih lagu di playlist kamu. Dengarkan lagu yang membuat kamu kembali bersemangat. Mendengarkan musik yang kamu suka, akan meningkatkan mood dan membantu meningkatkan konsentrasi.

5. Atur suhu ruangan

Suhu ruangan berpengaruh terhadap produktivitas dan kinerja seseorang. Suhu ruangan yang terlalu tinggi akan membuat kamu mudah lelah. Sebaliknya suhu ruangan yang rendah akan memaksa tubuh membakar kalori lebih banyak, sehingga aliran darah pun jadi lebih lancar.

6. Konsumsi air putih, biarkan tubuh kamu tetap terhidrasi

photo credit:Fooducate

Kurang cairan akan membuat tubuh mudah lelah dan rasa kantuk pun akan datang. Untuk itu, penuhi jumlah cairan yang diperlukan oleh tubuh, yaitu sekitar 2 liter per hari. Tubuh yang terhidrasi, akan memperlancar proses metabolisme.

7. Perhatikan asupan makanan

You are what you eat

Makanan yang kamu konsumsi akan berpengaruh pada tingkat produktivitas RulaWoman. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat atau makanan dengan kadar lemak tinggi akan membuat rasa kantuk lebih mudah datang, karena makanan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Untuk itu, perbanyak konsumsi protein akan membuat kamu kenyang lebih lama. Kamu pun akan lebih fokus dan bisa berkonsentrasi.

Bagaimana RulaWoman? Kamu punya cara lain? Share di kolom komentar yuk.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menghilangkan Kantuk Tanpa Kopi? Bisa! Ini Caranya yang Perlu RulaWoman Ketahui". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar