1K
Don't save what is left after spending, but spend what is left after saving. - Warren Buffet

Walaupun ada banyak cara untuk menabung dan meski maraknya program perbankan yang ditawarkan di luar sana, mungkin masih banyak di antara kamu yang kesulitan menyisihkan atau menabung sebagian dari pemasukan rutin, RulaWoman. Terkadang mungkin memulai investasi tertentu terasa agak berat, dan memerlukan dana yang cukup banyak. Tapi tunggu dulu, RulaWoman, sebab ada kok beberapa cara menyisihkan uang yang sederhana tapi cukup ampuh untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dengan beberapa cara ini, kamu akan menabung sedikit demi sedikit tanpa terasa berat!

Yuk, simak beberapa kiat berikut ini!

1. Dream bottle

Gambar: www.etsy.com

Prinsip dari dream bottle ini sebenarnya sangat sederhana, tapi mengajarimu untuk menentukan target secara tegas, RulaWoman. Misalnya, dalam jangka sekian bulan atau sekian tahun ke depan, apa yang ingin kamu beli? Kamu bisa menuliskannya di kertas kemudian menempelkan kertas itu pada sebuah botol dan mulai menabung di sana setiap harinya –sebanyak apapun yang kamu suka. Ketika kamu melihat botol itu, kamu akan teringat target-targetmu, dan tentu akan menambah semangatmu untuk terus menabung!

2. Menabung nominal tertentu

Jika menabung seperti biasa terasa berat, kamu bisa menentukan nominal tertentu yang ingin kamu tabung, RulaWoman. Misalnya, setiap mendapat kembalian sepuluh ribu, akan disisihkan untuk masuk ke dalam tabungan harian. Tak ada salahnya mencoba cara ini selama beberapa bulan, kemudian menyimpulkan berapa jumlah tabungan yang bisa terkumpul. Kamu juga bisa mengganti nominalnya setiap bulan. Menabung pecahan lima ribuan di bulan pertama misalnya, kemudian pecahan dua puluh ribuan di bulan kedua.

3. Mengoleksi pecahan uang baru

Atau kamu ingin mencoba cara yang antimainstream? Koleksilah pecahan uang baru. Tiap kali menerima kembalian belanja dalam bentuk pecahan uang lembar yang baru, kamu bisa menyisihkannya di dompet tertentu, atau di dalam botol, atau bahkan pouch tersendiri yang digunakan untuk menyimpan uang tabungan harian. Dengan cara ini, kamu akan terasa lebih sayang membelanjakan uang tabunganmu.

4. Menabung sesuai tanggal

Menabung sesuai tanggal selain membantumu berhemat, juga akan melatihmu berkomitmen menabung minimal sebulan penuh. Kamu diwajibkan menabung setiap hari, dengan nominal tertentu sesuai tanggal hari yang bersangkutan. Menabung Rp 1.000,- di hari pertama, Rp 2.000,- di hari kedua, terus meningkat tiap harinya, hingga mencapai Rp 30.000,- atau Rp 31.000,- di akhir bulan! Bayangkan berapa nominal yang bisa kamu kumpulkan jika rutin menabung sebulan penuh dan tak ada satu hari pun yang bolong. Hihi.

5. Investasi kecil, misalnya investasi tabungan emas

Atau kamu tipe orang yang tidak betah menyimpan uang tabunganmu sendiri? Tenang, kamu juga bisa menyimpannya dalam bentuk investasi kecil-kecilan, misalnya tabungan emas. Di Pegadaian, atau mungkin juga beberapa tempat lain, layanan ini sudah tersedia. Kamu bisa menabung minimal Rp 100.000,- dan tidak ada kewajiban lain yang mengikat. Kemudian, jumlah tabunganmu akan dikonversi ke dalam bentuk emas. Syaratnya pun ringan dan tidak sulit untuk dipenuhi.


Jadi, siapa bilang menabung atau menyimpan uang itu harus lewat deposito bank, membayar jasa financial planner, investasi saham, serta cara-cara yang mungkin kamu anggap ribet? Mulailah dengan cara-cara yang lebih sederhana dulu, yang penting kamu melatih dirimu untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan rutin. Ketika kamu sudah terbiasa, menabung bukan lagi sesuatu yang sulit, RulaWoman!

Lagipula kalau kamu tidak memulainya sekarang, kapan lagi?

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman! Inilah 5 Trick Simple Menyimpan Uang yang Asyik dan Tanpa Ribet!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar