3.3K
Menjadi orang yang dapat selalu meraih mimpinya memang nggak semudah membalikan telapak tangan karena membutuhkan usaha yang keras. Jangan pernah berhenti bermimpi dan meraihnya ya, RulaWoman.

RulaWoman, pasti banyak di antara kamu yang mempunyai mimpi tetapi hanya sebagian orang yang dapat mewujudkannya. Sebenarnya semua orang dapat mewujudkan mimpi mereka kok tetapi banyak orang berhenti saat menemui kegagalan dan memilih untuk menyerah atau bisa saja bingung harus melakukan apa untuk selanjutnya.

Orang-orang yang berhasil selalu memegang teguh impian mereka, sehingga berhasil meraih mimpinya. Hal ini dikarenakan keteguhan dalam mencapai impian dan pantang menyerah. Yang membedakan mereka dengan kebanyakan orang adalah mereka yang nggak berhenti begitu saja pada satu mimpi, jika sebuah mimpi sudah terwujud maka bermimpi kembali untuk mimpi selanjutnya. Oleh karena itu, agar kamu bisa selalu memegang teguh mimpi-mimpi indah itu, inilah 10 pikiran yang harus kamu tanam agar tidak mudah menyerah :

1. Ketahui Apa yang Sangat Kamu Inginkan

Jika kamu masih banyak mimpi yang ingin kamu capai, hendaknya buat mimpimu sejelas mungkin, ini dimaksudkan agar kamu bisa menyusun action plan sehingga mudah buatmu untuk perlahan menggapainya, RulaWoman. Misalnya kamu mempunyai mimpi ingin menjadi entrepreneur, cobalah tanam dipikiranmu lebih spesifik menjadi misalnya dengan menjadi entrepreneur propertyk atau memulai usaha apa yang kamu inginkan?

Be spesific. Bila kamu punya lebih dari satu mimpi, buatlah skala prioritas, mimpi mana yang mau kamu dahulukan sehingga kamu nggak bingung harus mulai dari mana.

2. Susun Rencana

Setelah kamu sudah yakin akan mimpimu yang lebih spesifik, mulailah susun rencana dan to-do-list. Penyusunan rencana dapat kamu tulis dimana saja senyaman mungkin terutama saat tiba-tiba muncul ide dari pikiranmu. Susun rencanamu mulai dari yang termudah sampai tersulit, RulaWoman. Kamu juga bisa membuat timeline di setiap rencanamu jadi kamu akan termotivasi untuk mengerjakannya sebelum deadline tiba.

3. Fokus Lakukan Satu Per Satu

Kamu nggak perlu terburu-buru untuk menyelesaikan rencanamu itu karena hanya akan membuatmu menjadi nggak terorganisir atau justru membuatmu menjadi stress dibuatnya, RulaWoman. Check list hal-hal yang sudah selesai kamu kerjakan supaya kamu bisa fokus ke hal berikutnya dalam action plan tersebut.

4. Sadari Yang Menjadi Penghalangmu

Sadarkah kamu apa yang menjadi rintangan mimpimu selama ini, RulaWoman? Rintangan merupakan sesuatu yang membuatmu menyerah di tengah proses pencapaian mimpimu. Jadi catatlah halangan-halangan yang kemungkinan akan kamu alami agar kamu bisa menyiapkan solusi untuk menghadapinya. Mempunyai rencana untuk menanggulangi halangan akan membuatmu lebih mudah untuk bangkit kembali ketika hambatan itu benar terjadi, RulaWoman!

5. Berpikir Positif

Dalam hidup, kamu pasti mengalami tantangan dan masalah. Mereka yang sukses dan mendapatkan nasib baik adalah orang yang memiliki pengharapan positif terhadap segala sesuatu. Kita ambil contoh ya, RulaWoman, orang yang negatif, selalu berpikir keburukan yang terjadi. Otak dan pikiran mereka penuh dengan prasangka negatif. Mereka akan berkata “Ya kan saya ini sial melulu, setelah ini pasti ada lagi yang nggak beres“. Lain halnya dengan orang yang berpikir positif, mereka akan berkata “Ya ini musibah, kita jalani saja, besok pasti akan lebih baik”. Yuk, kamu renungkan dan refleksikan, apakah kamu tergolong orang yang sering berpikir positif atau lebih dominan berpikir negatif?

6. Konsisten Dan Sabar

Semua orang yang sukses melakukan kerjanya dengan penuh konsisten dan sabar. Walaupun awalnya mungkin belum ada hasilnya, tapi tetap melakukan apa yang harusnya dilakukan. Disiplinkan dirimu untuk melakukan rutinitas yang harus dilakukan ya, RulaWoman. Misalnya jika setiap hari perlu mendesign T-shirt, ya lakukan design itu setiap hari. Dan kamu harus sabar saat hasil yang diharapkan belum berbuah. Evaluasi kerjamu apa yang bisa diperbaiki. Ulangi dan lakukan lagi. Jika perlu bertanyalah kepada seorang mentor yang kamu percayai.

7. Komitmen

Saat kamu sudah memutuskan untuk melakukan sesuatu, ambillah komitmen untuk memastikan kamu akan melakukan hal tersebut, nggak peduli kamu sedang bad mood. Misalnya kamu punya usaha laundry, tokomu buka dari jam 9 pagi s/d 9 malam. Itu dilakukan dalam 7 hari seminggu, bahkan di hari besar pun tokomu tetap buka. Nggak peduli capek, nggak enak badan, lagi malas tetap buka dan itulah komitmen. Ini salah satu mindset dari orang sukses, mereka akan membuat bagaimana caranya agar melakukan apa yang harus dilakukan.

8. Kerja Keras

RulaWoman tentu kamu tahu yang satu ini. Untuk menjadi orang sukses, kamu perlu siap kerja keras untuk meraih goal yang ingin kamu capai. Mustahil jika kamu bermalas-malasan terus menerus dan menunda-nunda pekerjaan akan meraih sukses. Ibarat kata, saat apa yang kamu tanam sudah mulai panen, bisnismu sudah ada sistem, bisnismu sudah ada tim yang membantu, maka kamu bisa lebih santai.

9. Pantang Menyerah

Saat kamu sudah kerja keras, sudah komitmen, sudah konsisten, tetapi belum ada hasil, milikilah semangat untuk pantang menyerah. Memang ini tak mudah, RulaWoman. Saat hati penuh keraguan, ingatlah dengan orang-orang sukses yang sering dibahas di buku-buku motivasi. “kalau saya berhenti, hidup saya hanya akan menjadi kisah gagal. Tapi kalau saya terus bangkit, berusaha dan jadi sukses, maka kisah hidup saya akan jadi kisah sukses” terus tanamkan ini dipikiranmu, RulaWoman.

10. Mulai Dari Sekarang

Kalau kamu mau tujuan hidupmu menjadi nyata, mulailah dari sekarang! Hindari alasan-alasan yang biasa kamu keluarkan, seperti "besok saja ah”, “nanti saja deh". Karena pada akhirnya, kamulah yang menentukan takdir hidupmu. Kamu nggak mau kan, mimpimu diam di tempat hanya karena sering menunda-nunda.

Menjadi orang yang dapat selalu meraih mimpinya memang nggak semudah membalikan telapak tangan karena membutuhkan usaha yang keras. Jangan pernah berhenti bermimpi dan meraihnya ya, RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Meraih Mimpi Memang Tak Mudah, 10 Pikiran Ini Harus Selalu ada Dalam Kepalamu Agar Tidak Mudah Menyerah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indy Sumaryo | @indysumaryo577

Writing to spread positivity I Feel free for asking and sharing to indy.sumaryo@gmail.com I Like my fan page https://www.facebook.com/indysumaryofanpage I visit my blog at https://indysumaryo.wordpress.com

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar