330
Terkadang kamu tidak bisa serta merta menyalahkan kondisi. Introspeksi diri dulu, RulaWoman.

Tahu peribahasa "gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak"? Peribahasa ini sangat tepat untuk menggambarkan situasi di mana kamu merasa orang-orang di sekitarmu sepertinya berperilaku aneh terhadapmu tetapi kamu merasa merekalah yang aneh dan kamu tidak melakukan kesalahan. RulaWoman pasti mengerti kalau tidak ada asap kalau tidak ada api. Jadi mereka tingkahnya berbeda pasti ada sesuatu.

Nah untuk refleksi diri, coba pikirkan ulang apakah kamu sering melakukan hal di bawah ini. Bila YA, berarti sudah saatnya bagi kamu mengubah kebiasaan ini menjadi kebiasaan yang lebih positif.

Mudah mengumbar janji manis

photo credit: pixabay

Orang mudah mengumbar janji manis karena ingin mendapat impresi atau disegani oleh lawan bicaranya. Tapi apalah gunanya kalau yang kamu katakan berbeda dengan kenyataannya. Misalnya kamu mengatakan kalau kamu sangat tidak suka dengan orang yang tidak tepat waktu sehingga orang-orang yang baru mengenalmu akan mengira kamu adalah orang yang bisa diandalkan dalam hal ketepatan waktu. Lain halnya yang sudah lama mengenalmu akan mendengar ucapanmu sebagai 'lagu lama'.

Baik kalau ada maunya

Kamu cenderung terlihat ramah dan sopan ketika ada maunya. Tetapi begitu sudah tidak membutuhkan orang itu, kamu akan cuek seperti orang yang tidak kenal. Atau kamu yang sehari-hari terlihat aktif berbincang dengan banyak orang tetapi dengan orang tertentu yang tidak ada keperluannya denganmu maka kamu akan lebih diam. Perbedaan perilaku seperti ini lama-kelamaan akan terlihat dan membuat orang lain menjadi tidak respek padamu.

Suka mencari muka

Orang-orang yang sekiranya bisa memberikan kamu keuntungan maka kamu akan menjadi orang yang paling rajin sedunia, sebut saja bosmu atau teman yang paling royal di kantor. Apa yang mereka tersebut butuhkan, kamu berusaha menjadi orang yang paling sigap untuk membantu. Ketika temanmu yang tidak begitu dekat datang meminta tolong, kamu cenderung mengabaikan karena kamu merasa tidak penting-penting amat.

Terlalu egois

photo credit: pixabay

Milikmu bukan miliknya, milik mereka adalah milikmu. Kamu mengganggap kepunyaan orang lain sebagai kepunyaanmu padahal benda itu adalah milik bersama. Dengan begitu orang-orang akan melihatmu sebagai sosok yang menyebalkan karena tidak mau berbagi dan parahnya lagi benda itu adalah benda publik.

Terlalu cuek

photo credit: pixabay

Bagaimana kamu bisa mendambakan orang lain baik dan peduli padamu kalau kamu cuek terhadap sekitarmu? Sebagai makhluk sosial, kamu setidaknya bisa peduli dengan sekitarmu, minimal teman sebelahmu di kantor atau keluargamu sendiri. Mengajak ngobrol atau menawarkan cemilan soremu bisa menjadi bahan obrolan dan timbal balik yang baik ke depannya.

BACA JUGA


7 Kondisi Ini Bikin Dia Bakal Nyuekin Kamu. Yang Sabar Ya, RulaWoman!

7 Kondisi Ini Bikin Dia Bakal Nyuekin Kamu. Yang Sabar Ya, RulaWoman!

Bukannya nggak sayang, tapi dia lagi di dalam dunianya

Read more..

RulaWoman, perilaku di atas kalau dimiliki orang lain pasti akan terasa menyebalkan, dan begitu pula bila ternyata kamu sendiri juga melakukannya. Dengan mengetahui lebih awal, kamu bisa segera memperbaiki diri menjadi orang yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat ya RulaWoman.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Merasa Dipandang Sebelah Mata? Coba Introspeksi Diri, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Orang Lain Tidak Percaya Padamu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jane Melissa | @janemelissa

Interested with food, traveling, design, comedy-romance, and my "Y"

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar