1.3K
Hubungan yang dewasa adalah hubungan yang saling percaya dan bebas dari keraguan.

Cemburu terhadap pasangan merupakan sikap yang sah-sah saja selama dalam kadar yang tidak mengusik kenyamanan kedua belah pihak. Tapi kalau sudah berlebihan dan menimbulkan hal yang tidak nyaman, ini yang patut dikhawatirkan. Rasa tidak percaya kepada pasangan sebenarnya merupakan bentuk dari hubungan yang belum matang.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan jika perasaan unsecure itu masih menghantui pikiranmu, RulaWoman? Bersikap posesif untuk meyakinkan diri dan memastikan semua baik-baik saja? NO, jangan pernah mengintai pasanganmu hanya karena muncul perasaan unsecure. Ini yang sebaiknya kamu lakukan, RulaWoman.

1. Stop stalking

Hal yang paling biasa dilakukan para wanita adalah mengintai pasangannya lewat sosial media atau pun memeriksa gadget-nya tanpa sepengetahuan pasangan. Jangan salah, RulaWoman, orang yang sedang bersandiwara justru lebih pintar menutupi kesalahannya dengan tidak menghilangkan apa pun histori di gadget-nya. Sebaiknya bicarakan secara terbuka apa yang kamu rasa. Jika instingmu mengatakan ada yang tidak beres dengan sikap pasanganmu, bicarakanlah baik-baik. Tanyakan apakah kamu telah melakukan kesalahan dan apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk membuat hubungan kalian baik-baik saja. Jangan lupa, katakan betapa kamu mencintainya dan mengkhawatirkannya agar hubungan kalian semakin baik-baik saja.


Photo Credit : istock photos

2. Berhenti menduga-duga

Hanya karena tidak ingin berdebat dan meributkan hal yang tak pasti, membuatmu jadi menduga-duga atas perasaanmu yang tidak biasanya itu. Ungkapkanlah selalu apa yang kamu rasa dan biasakanlah sharing dan membicarakan permasalahan hati kalian secara terbuka. Tenangkan pikiranmu dengan memberi kepercayaan penuh terhadap pasanganmu. Bila pada akhirnya pasanganmu justru menjadi lepas kendali karena kebebasan yang kamu beri, saat itulah kamu perlu mempertanyakan kepada pasanganmu, sebenarnya hubungan seperti apa yang ingin dijalani dan apa yang harus kamu lakukan untuk tetap mempertahankan hubungan kalian.


Photo Credit : verrywell.com

3. Jangan percaya omongan orang

Sebelum melihat sendiri dan mendengar langsung pengakuan pasanganmu, jangan pernah percaya omongan orang tentang kabar tak baik mengenai kelakuan pasanganmu di belakangmu. Jika kamu mendeteksi adanya kebohongan yang dilakukan pasangan, maafkanlah. Dan katakan padanya betapa kamu menginginkan kejujuran, sepahit apa pun itu. Berjanjilah untuk bisa bersabar dan menerima segala khilaf yang dilakukan pasangan. Karena tidak mungkin ada akibat tanpa sebab, bicarakan dari hati ke hati apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk tetap mempertahankan hubungan yang sehat.


Photo Credit : streetleverage.com

4. Jangan posesif

Hal yang paling merusak hubungan adalah keposesifan yang berlebihan. Akan timbul rasa tidak nyaman yang malah berujung tindakan anarkis dari pasanganmu. Semakin dikekang biasanya seseorang malah akan semakin liar dan berusaha melepaskan diri dari belenggu ketidaknyamanan suatu hubungan. Berusahalah untuk memperhatikannya tanpa terkesan kamu sedang memata-matainya dan mencurigai setiap gerak-geriknya.


Photo Credit : adriana leboss

5. Jaga komunikasi

Hal terbaik yang harus selalu dilakukan dalam suatu hubungan adalah komunikasikan segala hal apa pun itu di setiap waktu luang kalian. Jangan menerornya di waktu yang tidak tepat seperti saat sedang sibuk bekerja. Tetaplah beri perhatian penuh yang mampu membuatmu merasa tenang jika sudah mengetahui kabarnya setiap waktu. Bicarakan hal sekecil apa pun yang kamu rasakan, jangan pernah menyimpan unek-unek yang hanya dijadikan bom waktu yang bisa meledak kapan pun dan di manapun.


Photo Credit : cliks.com

Perasaan unsecure sebenarnya timbul karena rasa takut kehilangan yang berlebihan. Jika kamu sudah memercayai pasanganmu sepenuhnya, maka pasanganmu pun akan melakukan hal yang sama. Sebenarnya sederhana saja, kuncinya hanya saling percaya, RulaWoman.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Merasa Insecure Terhadap Pasanganmu? Begini Cara Mengatasinya, RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mel Ara | @melara

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar