1.9K
Sensitif dan mudah terharu selalu diidentikan dengan cengeng, drama, lebay, dan berbagai sifat melankolis lainnya. Padahal di balik air mata yang kamu keluarkan ada banyak manfaat yang perlu kamu ketahui.
photo credit:Mother Nature Network

Kamu mudah sekali terharu. Tak hanya saat sedih, tapi juga saat kamu bahagia. Sifat tersebut tak jarang membuat kamu dicap cengeng. Padahal faktanya, secara mental, berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Kamu lebih ekspresif, bukankah kesedihan lebih baik diungkapkan daripada dipendam?

Mengeluarkan emosi negatif, termasuk kesedihan akan berdampak positif pada kesehatan psikis kamu. Perasaan kamu akan jadi lebih lega dan produktivitas kamu akan meningkat. Sebaliknya memendam kesedihan dan berpura-pura jika semuanya baik-baik saja hanya akan membuat kamu melakukan kebiasaan tidak sehat sebagai pelarian, seperti tidur larut malam, tidur terlalu lama, gila kerja, dan gila makan.

2. Menangis bukan berarti kamu lemah, kamu hanya ingin mendapatkan kelegaan

photo credit:Forbes

Menangis adalah salah satu bentuk terapi emosional. Air mata yang kamu keluarkan juga akan mengurangi kadar hormon stres, sehingga kamu akan merasa lebih lega setelah selesai menangis.

3. Air mata jadi obat mujarab untuk menyembuhkan perasaan terluka yang kamu alami

Masalah memang tidak akan selesai dengan tangisan, tapi dengan perasaan yang lebih lega, pikiran akan lebih terbuka. Dengan demikian, cara pandang pun akan berubah.

Seberapa dalam perasaan terluka yang kamu rasakan akan terlihat dari tangisanmu. Kamu pun akan lebih terbuka tentang apa yang kamu rasakan. Dengan demikian perasaan sedih dan trauma yang dirasakan akan berkurang secara perlahan.

4. Sedih itu manusiawi, demikian juga dengan menangis

photo credit:Entrepreneur

Bahagia dan sedih itu manusiawi. Di sisi lain, dalam kondisi sedih kamu bisa tahu siapa saja yang benar-benar peduli padamu. Karena kedekatan seseorang diuji bukan hanya saat berjaya, tapi juga saat terpuruk.

5. Sifat sensitif yang kamu punya juga memunjukkan seberapa tajam intuisi kamu

photo credit:The Huffington Post

Dengan tingkat sensitivitas yang kamu punya, kamu lebih mudah mengenali perasaan orang lain di sekitarmu, tanpa mereka harus mengatakannya secara gamblang. Kamu juga punya intuisi yang tajam sebagai radar ketika ada sesuatu yang kamu rasa “tidak beres”.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mudah Terharu Bukan Berarti Cengeng, Ini 5 Manfaat Tersembunyi yang Bisa Kamu Dapatkan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar