671
Sebagian besar warga ibukota berbondong-bondong meninggalkan ibukota menuju kampung halaman untuk bersilaturahmi. Fenomena yang sering terjadi adalah, overbudget dan kantong jebol setelah mudik.

Lebaran rasanya kurang lengkap tanpa mudik. Ya, mudik merupakan salah satu tradisi wajib bagi orang Indonesia saat menyambut hari raya. Sebagian besar warga ibukota berbondong-bondong meninggalkan ibukota menuju kampung halaman untuk bersilaturahmi dan menghabiskan waktu bersama sanak keluarga di hari raya. Fenomena yang sering terjadi adalah, overbudget dan kantong jebol setelah mudik. Berikut 5 tips cerdas agar kantong RulaWoman tak jebol usai mudik lebaran.

1. Pilih waktu mudik yang tepat dan persiapkan jauh-jauh hari

photo credit:meow.digital

Rencanakan mudik kamu. Pilih transportasi yang akan kamu gunakan untuk mudik. Jika kamu berencana menggunakan transportasi umum, pesan tiketnya jauh-jauh hari. Selain menghindari kehabisan tiket, harga yang akan kamu dapatkan juga jauh lebih murah. Jika kamu berencana menggunakan kendaraan pribadi, periksakan kendaraan kamu ke bengkel agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik dan memakan biaya yang jauh lebih besar.

2. Budgeting dan patuhi apa yang telah kamu buat

Buat daftar anggaran pengeluaran saat mudik nanti, termasuk saat kamu anggaran oleh-oleh dan juga angpao lebaran. Setelah itu patuhi apa yang telah kamu buat agar budgeting kamu tak sia-sia dan merana setelah lebaran usai karena kehabisan uang.

3. Hindari berhutang

photo credit:Marketing strategies

Sebisa mungkin hindari berhutang dengan alasan membutuhkan dana “darurat” saat lebaran. Karena “cadangan” uang yang kamu siapkan biasanya ujung-ujungnya akan terpakai juga. Agar lebih aman, pisahkan cadangan uang kamu dalam rekening terpisah dengan anggaran mudik lebaran.

4. Persiapkan segala sesuatunya, mulai dari fisik hingga rute mudik

Pastikan fisik kamu dalam kondisi fit. Hindari begadang atau tidur terlalu larut. Ingat, sakit akan menguras uangmu lebih banyak, RulaWoman. dan buat kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi, pelajari rute mudik yang efektif. Menempuh perjalanan panjang yang berputar-putar, selain akan menguras kantong, juga akan mengurangi waktu kamu berkumpul bersama keluarga.

5. Buang jauh-jauh gengsi

photo credit:asalasah

Salah satu anggaran terbesar dan unpredictable saat mudik lebaran adalah “gengsi” dan perasaan “tidak enak”. Kalau kondisi keuangan kamu memang terbatas, katakan dengan baik dan jelas. Memaksakan dirimu atas nama gengsi hanya akan membuat kantong kamu semakin tipis atau bahkan jebol usai mudik lebaran.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mudik Saat Lebaran? Ini 5 Tips Cerdas Agar Kantong Tak Jebol Usai Lebaran". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar