968
Berbagai persiapan dilakukan jauh-jauh hari sebelum pernikahan agar acara yang digelar bisa berjalan dengan lancar. Bahkan tak sedikit yang harus merogoh kocek cukup dalam, bahkan sampai berhutang demi sebuah pernikahan impian.
Photo credit: Our Peaceful Family

Pernikahan memang jadi momen yang spesial dan diharapkan berlangsung sekali dalam seumur hidup. Berbagai persiapan pun dilakukan jauh-jauh hari sebelum pernikahan agar acara yang digelar bisa berjalan dengan lancar. Bahkan tak sedikit yang harus merogoh kocek cukup dalam sampai berutang demi sebuah pernikahan impian. Tak heran bertahun-tahun setelah menjalani kehidupan pernikahan, utang nikah tak kunjung lunas. Buat kamu yang berencana menggelar pernikahan sederhana karena menghindari utang, berikut 5 hal yang masih bisa kamu lakukan untuk membuat kehidupan pernikahan kamu semakin berwarna.

1. Bukan hanya pesta pernikahan yang harus direncanakan sedemikian rupa, tapi dimana kamu akan tinggal setelah menikah itu jauh lebih penting

Siap menikah berarti kamu siap untuk hidup mandiri. Dan salah satu bentuk kemandirian adalah membangun keluarga sendiri, bukan tinggal di rumah orangtua atau di perumahan mertua indah. Untuk itu, budget yang ada lebih baik kamu gunakan untuk cicilan KPR atau membeli properti. Tentu itu akan lebih bijak daripada uangmu habis dalam hitungan “jam”.

2. Bulan madu ke pelosok negeri hingga keliling dunia

Photo credit: Flight Centre

Uang yang kamu habiskan untuk jadi raja dan ratu sehari bisa mencapai ratusan juta. Bayangkan jika kamu bisa menghemat setengahnya, dengan mengurangi jumlah tamu undangan misalnya. Budget yang ada bisa kamu alokasikan untuk bulan madu ke tempat impian kamu dan pasangan.

3. Capek jadi karyawan? Dana yang ada bisa kamu jadikan sebagai modal usaha

Photo credit: Mushi Bhuiyan

Buat kamu yang berencana menjadi seorang entrepreneur atau sedang mengembangkan usaha, dana yang ada bisa kamu gunakan untuk membantu mewujudkan mimpi kamu atau pasangan.

4. Memberi kado spesial untuk orang tua

Saat masih single, waktu RulaWoman untuk bersama keluarga lebih banyak daripada ketika kamu sudah menikah nanti. Untuk itu meski orangtua kamu tidak meminta karena sudah merasa bahagia melihat kamu menikah, ada baiknya kamu memberikan hadiah spesial untuk orangtua sebelum kamu menghabiskan sisa hidupmu dengan keluarga kamu nantinya. Hadiah spesial itu bisa berupa jalan-jalan ke tempat impian, memberangkatkan orangtua kamu untuk umroh atau haji.

5. Di luar sana ada banyak orang yang tak seberuntung diri RulaWoman, kamu bisa gunakan budget yang ada untuk bersedekah

Apa yang kamu berikan akan kembali padamu.

Buat kamu yang jatuh cinta dengan dunia sosial, kamu bisa menggunakan budget yang ada untuk berbagi pada mereka yang membutuhkan. Apalagi saat ini banyak wadah yang bisa menyalurkan bantuan kamu pada mereka yang membutuhkan. Untuk bidang pendidikan misalnya, di luar sana ada banyak anak Indonesia yang kesulitan melanjutkan pendidikan. Dengan dana yang ada, kamu bisa membantu mereka untuk bersekolah kembali.

Bagaimana RulaWoman? Penyebab pemborosan dalam pernikahan adalah gengsi dan sikap tidak enak. Padahal jika dipikir lebih jauh, kamu dan pasanganlah yang menjalaninya. Di luar itu, mereka hanya bisa berkomentar. Dan apakah komentarnya berdampak pada hidup kamu atau tidak, kamulah penentunya.

BACA JUGA


Bingung dengan Budget yang Mepet? Berikut 8 Tips Jitu Nikah Hemat Biaya yang Bisa Kamu Coba

Bingung dengan Budget yang Mepet? Berikut 8 Tips Jitu Nikah Hemat Biaya yang Bisa Kamu Coba

Dari sekian banyak persiapan pernikahan, biaya alias budget pernikahan merupakan faktor utama yang jadi kendala, mengingat setiap keluarga ...

Read more..

Selamat memilih dan berpikir rasional.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Nikah tanpa Utang! Berikut 5 Hal yang Masih Bisa Dilakukan Saat Kamu Menggelar Pernikahan Sederhana". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar