359
Puding cokelat mudah dibuat loh, RulaWoman. Berikut resep sederhana yang bisa kamu coba.

RulaWoman, di saat hujan seperti ini, makanan manis dapat menjadi pilihan yang menyenangkan. Salah satu makanan manis yang cukup enak disantap adalah puding kentang. Tentunya, puding kentang ini dapat dikatakan menjadi makanan yang unik karena menggunakan bahan dasar kentang untuk pembuatannya. Selain kentang, agar-agar pun juga wajib dipakai untuk membuat pangan manis ini. Penasaran bagaimana cara pembuatannya, RulaWoman? Yuk, simak resep puding kentang berikut ini.

Yang pasti, nggak perlu ribet kok untuk menikmati makanan yang satu ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat puding kentang bukanlah bahan-bahan yang sulit ditemukan. Kamu bisa mendapatkannya di supermarket maupun minimarket terdekat. Harganya pun terjangkau. Jadi, kamu tidak perlu terlalu khawatir akan menghabiskan banyak biaya untuk membuat puding kentang ini, RulaWoman.

  • Agar-agar bening 3 bungkus (1 bungkus untuk dicampurkan ke dalam kentang, dan 2 bungkus lain untuk dicampurkan ke adonan cokelat)
  • 1 liter santan
  • 500 ml susu cair (bisa juga membuatnya dengan melarutkan susu bubuk ke dalam air)
  • 1 kg kentang (sebelum digunakan, kupas kentang sampai bersih. Kemdian rebus dan haluskan setelah matang)*
  • 75-90 gr cokelat bubuk (banyaknya cokelat tergantung selera)
  • Gula sesuai selera
  • Garam sedikit
  • Biskuit cokelat

Cara pembuatan:

Bahan-bahan yang mudah didapatkan, nyatanya didukung dengan cara pembuatannya yang mudah. Berikut langkah-langkah pembuatan panganan manis ini, RulaWoman:

  • Pertama, seduh cokelat bubuk yang sudah disiapkan sebelumnya dengan sedikit air panas. Usahakan jangan terlalu encer. Lebih baik, kamu buat adonan cokelat ini menjadi lebih kental dari cokelat leleh.
  • Siapkan dua buah panci. Tenang saja, RulaWoman. Kedua panci tersebut akan berguna. Campurkan santan, susu, dan juga garam ke salah satu panci. Setelah tercampur sempurna, ambil 500 ml campuran tersebut dan tuang ke panci lainnya.
  • Kemudian, masukan cokelat ke panci yang pertama dan aduk.
  • Masukan 1 bungkus agar-agar ke panci berisi campuran santan dan susu, kemudian 2 bungkus ke adonan cokelat. Aduk.
  • Setelah seluruh agar-agar tercampur, masukan kentang tumbuk ke panci campuran santan dan susu. Aduk merata. Kalau mau, bisa juga tambahkan satu putih telur yang sudah dikocok.
  • Lalu, masukan gula sesuai selera kamu, RulaWoman.
  • Siapkan loyang dan tuang setengah adonan cokelat ke dalam. Tunggu sebentar sampai bagian atasnya agak mengeras. Setelah itu, baru tuang setengah adonan putih. Letakan biskuit yang sudah disiapkan. Tuang kembali dengan sisa adonan putih yang ada, terakhir tuang sisa adonan cokelat. Supaya cepat mengeras, kamu bisa memasukan adonan ini ke lemari es, RulaWoman.

Voila, puding kentang yang bercampur dengan cokelat sudah jadi. Nikmat tentunya untuk disantap ketika kamu menginginkan makanan manis yang nggak itu-itu saja. Kalau dilihat-lihat, pembuatan puding kentang ini cukup sederhana bukan? Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah. Bahannya pun mudah ditemukan. Puding kentang selain bisa digunakan untuk konsumsi pribadi, juga bisa digunakan untuk sajian ketika ada tamu loh, RulaWoman. Ketika bosan dengan makanan yang itu-itu saja, puding kentang bisa menjadi pilihan.

BACA JUGA


Resep Kimchi yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah. Ada Resep dari Park Shin Hye Loh, RulaWoman!

Resep Kimchi yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah. Ada Resep dari Park Shin Hye Loh, RulaWoman!

Mulai dari kimchi yang paling simpel, kimchi tomat ala Park Shin Hye, sampai mi kimchi, yuk lihat resepnya di sini, RulaWoman

Read more..

Oh iya, kalau kamu merupakan seorang pemasak pemula, tentunya kamu bisa menggunakan resep ini untuk latihan buat kamu, RulaWoman. Tidak terlalu sulit untuk dibuat, bukan? Jadi, selamat memasak, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Nikmatnya Puding Kentang Berlumur Cokelat. RulaWoman, Berikut Resep Sederhana Puding Kentang yang Bisa Kamu Coba di Rumah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puji P. Rahayu | @PujiPRahayu

The Sun and the Red Glow of the Dawn. Passionate on reading and writing. Grateful for everything that happened in my life.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar