228
Ingin naik gaji... Beli rumah... Punya apartemen... Punya bisnis sendiri... Apa resolusi keuangan kamu di tahun 2018, RulaWoman?
photo credit: This Fairy Tale Life

Membuat resolusi, termasuk dalam hal keuangan seolah jadi ritual wajib setiap menyambut pergantian tahun. Resolusi akan membantu RulaWoman untuk jadi lebih termotivasi dalam mewujudkan tujuan yang diharapkan. Meski demikian, tak jarang resolusi keuangan yang telah kamu buat tidak tercapai dan kembali menjadi “resolusi” di pergantian tahun berikutnya. Kalau sudah demikian, tentu hidup kamu jalan di tempat alias tidak banyak perubahan yang terjadi. Old and new, inilah alasan mengapa resolusi keuangan kamu tidak tercapai.

1. Tujuan yang kamu capai nggak realistis

photo credit: CNN Money
Kamu ingin mapan secara finansial, tapi kamu merasa gaji pas-pasan. Resolusi yang kamu tetapkan hanya sebatas "mapan secara finansial" tanpa merumuskan lebih jauh mapan seperti apa yang kamu inginkan.

Goal setting itu penting, baik untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Rencana indah yang tidak realistis akan membuat tujuan tersebut tidak bisa tercapai. Seringkali ide ideal belum tentu terwujud karena kamu memang tidak punya keyakinan bisa mencapainya.

2. Kamu dikelilingi orang-orang yang tidak mendukung mimpimu

photo credit: Lawrence W. Wilson

Menurut sebuah penelitian, pola pikir kamu sedikit banyak ditentukan oleh orang-orang di sekitar RulaWoman. Berada di tengah lingkungan yang meragukanmu dalam mewujudkan resolusi keuangan kamu, akan membuat kamu tidak bisa mencapainya. Pola pikir yang keliru akan menghasilkan keputusan yang juga keliru. Dan keputusan yang keliru berujung pada tindakan yang menjauhkan kamu dari tujuan yang ingin RulaWoman capai.

3. Ketakutan selalu ada dalam benakmu

Takut gagal, takut rugi, takut uang kamu berkurang dan hilang.

Waktumu hanya dihabiskan untuk berpikir tentang resiko, sehingga kamu menjadi takut untuk bergerak. Untuk memulai investasi, kamu ragu dan takut dengan adanya kemungkinan resiko yang kemungkinan terjadi di masa depan. Padahal dengan memutuskan untuk menunda investasi, maka kamu membiarkan nilai uangmu berkurang akibat inflasi.

4. Besar pasak daripada tiang

photo credit: lifehacker

Sudah jadi rahasia umum, jumlah pengeluaran yang lebih besar daripada pendapatan sampai kapanpun tidak akan membuat kamu sejahtera. Jumlah pundi-pundi yang kamu harapkan tidak akan tercapai karena kamu akan tekor di tengah bulan.

5. Kamu tidak punya mental yang cukup kuat

Di usia ke 30 tahun, kamu berharap ingin punya bisnis sendiri.

Dalam membangun sebuah bisnis, salah satu modal krusial yang harus kamu miliki adalah mental yang kuat. Tanpa adanya mental yang tahan banting, kamu tidak akan bisa bertahan pada dunia bisnis yang penuh dengan ketidakpastian.

6. Mengesampingkan fungsi dana darurat

Dana darurat berfungsi sebagai pelampung penyelamat jika terjadi kondisi darurat yang tidak diinginkan. Sebagian besar orang menganggap dana darurat adalah uang tambahan, yang bisa diambil sewaktu-waktu saat dana “tambahan” dibutuhkan untuk memberikan kepuasan, bukan kebutuhan.

7. Kamu tidak menerapkan kontrol di tengah perjalanan kamu

photo credit: Leverage Singapore

Di tengah perjalanan mewujudkan resolusi keuangan yang kamu miliki, kamu tidak melakukan kontrol untuk melihat sejauh mana tujuan kamu sudah terwujud. Kamu “mengalir” dengan apa yang terjadi di sekitar kamu. Dan saat sadar, kamu sudah berada di penghujung tahun lalu bingung harus mulai dari mana.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Old and New, Inilah 7 Alasan Mengapa Resolusi Keuangan Kamu Tidak Tercapai". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar