713
RulaWoman, bagi kamu yang sering menggunakan contact lens harus memperhatikan cara penggunaan dan perawatan contact lens berikut ini!

Pengunaan contact lens untuk pengganti kacamata atau untuk pendukung penampilan memang sering digunakan oleh banyak orang terutama kaum perempuan nih, RulaWoman. Contact lens memiliki material yang lembut dan licin, sehingga harus ekstra hati-hati saat menggunakannya. Terlebih lagi contact lens digunakan pada mata yang otomotis akan berkontakan langsung dengan bagian dalam mata kamu. Maka dari itu penggunaan dan perawatan contact lens harus benar-benar ekstra hati-hati karena jika kamu mengabaikan penggunaan serta perawatan contact lens yang benar bisa menyebabkan sakit mata atau bahkan menyebabkan kebutaan loh RulaWoman.

Sudah cukup banyak kasus kebutaan yang sebabkan oleh pemakaian contact lens. So, perhatikan tips cara penggunaan dan perawatan contact lens berikut ini.


Perhatikan kebersihan tangan!

Source : Reader's Digest

Jangan lupa membersihkan tangan sebelum bersentuhan langsung dengan contact lens. Sebelum kamu memakai atau mencopot contact lens jangan lupa untuk membersihkan tangan kamu dengan sabun ya, RulaWoman. Agar debu atau kuman-kuman di tangan nggak nempel pada conct lens kamu.

Setelah membersihkan tangan keringkan tangan kamu dengan tisu sampai kering baru lah kamu bisa menyentuh contact lens kamu.


Bersihkan contact lens secara rutin dan hati-hati

Source : Step by Step

Contact lens juga butuh dibersihkan RulaWoman. Ketika kamu ingin memakai atau setelah memakai contact lens jangan lupa untuk selalu memberihkan contact lens terlebih dahulu. Eits contact lens tidak dibersihkan pakai air keran dan sabun ya, tapi contact lens dibersihkan menggunakan air khusus yang memang untuk contact lens RulaWoman.

Taruh contact lens di telapak tangan kiri kamu yang pastinya sudah bersih ya, lalu kamu bisa menuangkan air khusus contact lens pada contact lens. Jangan menaungkan air terlalu banyak cukup tuangkan secukupnya, lalu dengan jari telunjuk tangan kanan kamu bisa menyentuh bagian dalam contact lens secara pelan-pelan dan bersihkan contact lens dengan jari telunjuk dengan gerakan memutarkan jari telunjuk kamu secara halus, lalu buang airnya dan taruh kembali contact lens kamu ketempat khusus penyimpanan contact lens.


Bersihkan juga tempat penyimpanan contact lens

Source : blogarama

Bukan contact lens dan tangan kamu saja yang harus bersih, tapi tempat khusus penyimpanan contact lens kamu juga harus dijaga kebersihannya, RulaWoman. Perhatikan untuk selalu mengganti air contact lens yang ada di dalam tempat penyimpanan setiap hari.

Bersihkan tempat penyimpanan contact lens dengan air contact lens, tidak perlu menggunkan sabun cukup dengan air khusus contact lens saja. Bersihkan bagian dalam tempat, lalu buang airnya dan keringkan pakai tisu kering sampai benar-benar kering lalu isi lagi dengan air contact lens baru deh kamu bisa menyimpan contact lens kamu di tempatnya.


Perhatikan masa berlaku contact lens

Source : In a Moment or Two

RulaWoman, ketika membeli contact lens perhatikan masa berlaku contact lens kamu. Seperti makanan contact lens juga memiliki masa expirednya jadi jangan sampai kamu lupa atau tidak tahu masa berlaku contact lens kamu. Karena masa berlaku ini menandakan apakah contact lens kamu masih layak dipakai atau tidak. Jika kamu tidah memperhatikan ini akan bahaya bagi mata kamu RulaWoman.


Jangan lupa untuk melepas contac lens saat mau tidur, mandi, atau ke masuk ke tempat sauna

Source : Atlas Eye

RulaWoman, jangan sampai lupa untuk mencopot contact lens kamu sebelum tidur, mandi, berenang, atau masuk ke dalam tempat sauna. Hal ini sangat membahayakan untuk mata kamu.

Contact lens terbuat dari material yang lembut dan juga licin jadi ketika kamu memejamkan mata kamu bisa saja contact lens kamu masuk kedalam mata, dan hal ini benar-benar membahayakan, Jika kamu sampai lupa melepas contact lens kamu, contact lens dapat melekat pada bola mata. Kalau sudah begini pastinya sudah bahaya, dan kamu harus pergi ke dokter mata.

Jadi jangan untuk lupa melepas conatct lens kamu ya, RulaWoman, dan usahakan tidak mengenakan conatct lens dengan waktu yang lama. Karena conatct lens menutup jalur udara bagi mata yang akan menyebabkan mata kamu iritasi dan terasa perih atau panas. Jangan lupa juga untuk selalu meneteskan air khusus contact lens ke mata kamu setiap kamu merasakan mata kamu kering.


Jangan memijamkan atau mengenakan contact lens yang pernah dipakai orang lain

Jangan sekali-kali menggunakan conatct lens bergantian dengan siapapun, RulaWoman, karena bisa membahayakan kesehatan mata kamu. Ketika mau meminjamkan atau memakai contact lens kepada seseorang dapat berpontensial contact lens kamu terkena kuman yang nantinya bisa membuat mata kamu iritasi atau terkena sakit mata.


Selalu mendengarkan rekomendasi dari dokter mata kamu

Source : blogqpot

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk kesehatan mata kamu ketika mengenakan contact lens jangan lupa untuk mendengarkan dan mengikuti saran dari dokter mata kamu, agar penggunaan contact lens tidak meganggu penglihatan serta kesehatan mata kamu RulaWoman. Usahakan juga rutin memeriksakan kesehatan matamu setidaknya 6 bulan sekali atau sedikitnya sekali setahun agar kamu tahu bagaimanakah perkembangan penglihatanmu.



Itu dia hal-hal dan tips yang perlu kamu perhatikan untuk penggunaan dan perawatan contact lens kamu. Menggunakan contact lens memang butuh ekstra hati-hari agar tidak membahayakan mata kamu RulaWoman.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Perhatian Bagi Para Pengguna Contact Lens Untuk Selalu Memperhatikan Cara Penggunaan dan Perawatan Contact Lens Kamu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Irma Rosita | @irmarosita

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar