541
Pola makan yang baik adalah kunci tubuh yang sehat ketika menstruasi!

Nyeri ketika menstruasi kadang suka menyebalkan dan rasa sakitnya tidak tertahankan! Sebelum kamu memutuskan untuk meminum obat, lebih baik coba makan makanan ini saja! Selain itu ada beberapa makanan yang juga harus kamu hindari.

Makanan yang Harus Dihindari:

Berlemak dan Berminyak

photo credit: ABC13 Houston

Daging-dagingan merah, produk susu, dan beberapa makanan lain memiliki lemak hewani yang buruk untuk keram menstruasi. Makanan berlemak seperti ini bisa menyebabkan perutmu kembung dan terasa tidak nyaman. Junk food dan frozen food juga bisa memperparah. Lebih baik kamu mengonsumsi lemak nabati dan Omega-3.

Terlalu Asin

photo credit: pexels

Makanan tinggi sodium bisa meningkatkan kembung dan rasa tidak nyaman pada perut. Jadi hindarilah makanan-makanan seperti kentang goreng, makanan kaleng, dan snack-snack asin seperti keripik kentang.

Gula Berlebih

photo credit: wallpaperup

Ketika menstruasi, gula darah kita naik turun seperti naik roller coaster saja. Ketika kamu banyak makan manis, kamu akan membuat gula darahmu naik dan turun secara drastis. Gula juga menyebabkan kembung yang akan memperparah keram. Kalau kamu ingin sekali makan gula, pilihlah yang natural seperti yang ada pada buah-buahan.

Alkohol dan Kafein

photo credit: Huffington Post

Alkohol dan kafein akan memperparah keram ini. Kafein menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal ini tentu saja ingin kita hindari agar pembuluh darah di uterus tidak tambah terdesak lagi. Jika kamu biasanya minum kopi, gantilah dengan teh yang memiliki sedikit kafein, mencegah kembung, dan bahkan bisa meredakan sakit! Alkohol bisa mengurangi kandungan air pada tubuhmu, sehingga menyebabkan kembung dan memperparah sakitnya.

Makanan yang Baik Dikonsumsi:

Tinggi Kalsium

photo credit: Celik Vitamin

Kalsium bisa kamu dapatkan dari kacang almond, wijen sayur-sayuran hijau seperti bayam, dan kangkung. Tapi perlu diingat, jangan ambil kalsium dari produk-produk susu karena malah akan membuat perutmu tambah sakit.

Walnut

photo credit: pexels

Ternyata kacang walnut tinggi dengan Omega-3 yang bisa mencegah sakit kerammu tambah parah, loh! Tidak perlu lagi deh minum obat dengan ibuprofen, tinggal cemilin saja kacang ini.

Selai Kacang

photo credit: Gosocio

Selai kacang kaya akan Vitamin E yang bisa membantumu meredakan keram dan kembung akibat menstruasi.

Kwaci

photo credit: Pramoda Exim Corporation

Seperti selai kacang, kwaci kaya akan Vitamin E. Tentu saja, belilah kwaci yang belum ditambahkan banyak garam. Garam yang berlebih malah akan membuat kerammu tambah parah. Biji kwaci labu yang mengandung potasium dan magnesium yang tinggi juga bisa mengurangi nyeri akibat menstruasi.

Cokelat Hitam

photo credit: livestrong

Kalau kamu ngidam banget ingin makanan manis, makan saja coklat hitam yang 70%-nya kakao. Pahit pada coklat hitam akan membuat otot-ototmu mengendur, termasuk otot di sekitar uterus. Cokelat kaya akan antioksidan juga bisa memperbaiki suasana hatimu yang hancur karena PMS.

Nanas

photo credit: Muscle & Fitness

Nanas memiliki kandungan Bromelain yang bisa mengendurkan otot-otot yang keram, termasuk yang disekitar uterus. Nanas bisa membuat otot lebih rileks sehingga ketegangan yang terjadi akibat kontraksi bisa berkurang. Selain itu nanas juga bisa mengurangi kembung yang memperparah sakit ini.

Teh

photo credit: pexels

Sebagai pengganti kopi, minum saja teh! Terutama teh hijau, chamomile dan peppermint, teh bisa meredakam keram akibat menstruasi. Teh juga bisa membuatmu relaks dan tenang.

Salmon

photo credit: pexels

Sebaiknya kamu mencegah makanan-makanan penuh lemak hewani karena mengandung Omega-6. Sebaliknya, makanan-makanan dengan Omega-3 dan Vitamin D bagus untuk mencegah kembung, salah satunya ada pada Salmon dan ikan-ikan berlemak lainnya.

Telur

photo credit: pexels

Telur memiliki kandungan Vitamin D juga kalsium yang tinggi sehingga dapat mengendurkan otot-otot di sekitar rahim yang tegang. Tapi jangan banyak-banyak ya makannya, cukup satu kali sehari! Makan telur terlalu banyak bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Pisang

photo credit: pexels

Pisang bisa meredakan nyeri otot karena kandungan potasium dan magnesiumnya. Selain itu, pisang juga bisa menurunkan kadar hormon esterogen di tubuhmu yang menyebabkan PMS! Tidak hanya saat menstruasi saja, pisang bisa mengendurkan otot-ototmu setelah berolahraga!

Jahe

photo credit: Oragnic Facts

Dalam obat-obatan tradisional Cina, jahe digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk meredakan nyeri ketika menstruasi.

BACA JUGA


Lebih Gawat dari PMS! Sudah Kenalkah Kamu dengan Premenstrual Dysphoric Disorder?

Lebih Gawat dari PMS! Sudah Kenalkah Kamu dengan Premenstrual Dysphoric Disorder?

Sudah tahu belum, RulaWoman? Kalau ada versi lebih parahnya dari PMS untuk kita para perempuan, yaitu PMDD

Read more..

Intinya adalah kamu harus banyak-banyak makan-makanan kaya kalsium, Omega-3, dan Vitamin D. Hindari juga makanan-makanan yang berlemak, kafein, juga alkohol. Kuncinya adalah untuk selalu menjaga pola makan sehat dan diimbangi dengan olahraga.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Perhatikan Makanan-makanan Ini untuk Meredakan Nyeri Saat Menstruasi, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar