179
Investasi selalu mengandung risiko, tapi menuruti ketakutan dan memutuskan untuk tidak berinvestasi akan jauh lebih berisiko untuk masa depan kamu kelak.
photo credit: Cara Jadi Kaya

Inflasi suka tak suka akan menggerus nilai uang kamu dari tahun ke tahun. Dan investasi adalah salah satu cara untuk menyelamatkan uang RulaWoman. Ada banyak instrumen investasi di luar sana, dengan berbagai macam resiko. Dengan mengenali profil risiko atau dengan kata lain karakter kamu sebagai investor, maka kamu akan terbantu untuk menentukan instrumen investasi apa yang tepat untukmu. Berikut jenis profil risiko dalam berinvestasi yang perlu RulaWoman ketahui.

1. Tipe konservatif

photo credit: Finansialku

Investor tipe konservatif cenderung menghindari risiko dan ingin agar modal dalam investasi tidak berkurang. Dari segi tujuan investasi, investor tipe ini akan berinvestasi untuk jangka panjang, dengan pergerakan nilai investasi yang stabil. Instrumen yang cocok untuk tipe ini antara lain deposito, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan juga obligasi. Risiko kecil akan berbanding lurus dengan return yang tak terlalu besar pula.

2. Tipe moderat

photo credit: Commonwealth Life

Investor tipe moderat menginginkan return yang sebanding atau lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi. Mereka siap dengan kondisi investasi yang sifatnya fluktuatif, tapi dengan catatan mereka tidak ingin “rugi” terlalu besar. Dari segi tujuan investasi, investor tipe moderat berinvestasi untuk tujuan jangka menengah. Instrumen yang cocok untuk tipe moderat adalah reksadana campuran.

3. Tipe agresif

photo credit: Commonwealth Life
High risk, high return.

Investor tipe agresif siap untuk mengambil hasil imbal baik sebesar-besarnya, tapi juga siap untuk kehilangan uangnya. Jenis instrumen investasi yang cocok untuk tipe agresif adalah reksadana saham, saham, forex, properti, index, dan juga bisnis. Investor tipe ini akan berinvestasi dalam rentang waktu pendek, kebalikan dengan tipe konservatif, karena mereka mengharapkan keuntungan dengan “segera” dan semaksimal mungkin.

Bagaimana RulaWoman? Menabung tidak akan membuat uang kamu bertumbuh, investasilah yang akan melakukannya.

BACA JUGA


Bingung Dimana Kamu Bisa Memulai Berinvestasi? Inilah 7 Cara Mudah Agar Kamu Nggak Salah Berinvestasi, RulaWoman!

Bingung Dimana Kamu Bisa Memulai Berinvestasi? Inilah 7 Cara Mudah Agar Kamu Nggak Salah Berinvestasi, RulaWoman!

Investasi selalu mengandung resiko dan tidak pasti, tapi memutuskan untuk tidak berinvestasi akan jauh lebih beresiko

Read more..

Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Profil Risiko Kamu Berpengaruh Banget Loh dalam Menentukan Instrumen Investasi yang Cocok untuk Kamu. Bagaimanakah Profil Risiko Kamu?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar