1.5K
Seorang pimpinan biasanya diidentikan dengan sosok yang berwibawa dan berada pada kelompok usia tertentu. Tapi bagaimana jika atasan kamu berusia lebih muda?
photo credit: PayScale

Budaya kerja dewasa ini, memungkinkan seseorang dari berbagai tingkatan usia dapat menduduki jabatan penting di sebuah perusahaan. Sehingga tak jarang orang tersebut memimpin karyawan yang usianya jauh lebih tua. Kalau kamu punya atasan dengan usia lebih muda, berikut 5 tips menghadapinya.

1. Bersikaplah dewasa dan profesional

Punya atasan lebih muda seringkali membuat kamu merasa tersaingi. Secara tidak sadar, kamu akan membandingkan kemampuan yang kamu miliki dengan atasan kamu. Jika ini terus terjadi, maka fokus dan konsentrasi kamu akan terpecah. Bersikaplah dewasa dan profesional. Posisikan diri kamu sebagai bawahan yang bisa diajak kerja sama dalam tim.

2. Jadilah proaktif

Tunjukkan rasa empati pada atasan. Jadilah pemain yang baik dalam tim dengan bersikap proaktif. Bertanya jika memang kamu kurang mengerti tentang instruksi yang diberikan atau sampaikan ide-ide kreatif kamu untuk menunjang kemajuan perusahaan.

3. Belajarlah dari atasan kamu

photo credit: LinkedIn

Serap ilmu yang dia miliki. Punya atasan yang lebih muda akan membuka cara pandang kamu mengenai ide, cara eksekusi, proses pengambilan keputusan, serta penggunaan teknologi. Kembangkan mindset untuk belajar dari manapun. Dengan demikian, pengetahuan yang kamu miliki akan semakin kaya.

4. Perluas networking

Punya atasan dengan usia lebih muda tentu akan membuka jaringan pertemanan baru buat kamu. Ambil kesempatan ini untuk bisa memperluas networking yang kamu miliki. Buatlah dirimu diingat dan siapa tahu kesempatan tak terduga akan menghampiri kamu di masa depan.

5. Jadikan sebagai motivasi

photo credit: www.success.com

Punya atasan lebih muda seringkali membuat kamu minder. Jadikan rasa minder itu sebagai motivasi untuk belajar banyak hal baru, sehingga suatu saat kamu bisa mencapai posisi yang kamu impikan. Jadi, jangan malah merasa kecil hati ya RulaWoman. Kamu justru malah bisa menjadikannya sebagai tolok ukur keberhasilan dan motivasi ekstra.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Atasan Lebih Muda? Berikut 5 Tips Menghadapinya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar