1.8K
Kamu punya kekasih yang beda etnis, RulaWoman? Tenang, tidak selamanya hubungan beda etnis itu buruk, kok!

Tidak ada yang bisa menduga seseorang akan jatuh cinta pada siapa. Begitu pun mungkin dengan kamu, RulaWoman! Salah satu hubungan yang sering menjadi perbincangan adalah hubungan beda etnis. Mungkin, beberapa orang menganggap hubungan beda etnis merupakan hubungan yang bermasa depan suram alias susah untuk diperjuangkan. Tapi tahu nggak RulaWoman, sebenarnya banyak kok yang cukup sukses menjalaninya. Ada beberapa kunci yang harus kamu ketahui agar hubungan kalian tidak terhalang oleh kebudayaan masing-masing.

Apa saja, ya? Nih, bocorannya!

Photo Credit: Cinema Poetica

1. Belajar beradaptasi

Hal yang paling utama dari perbedaan tentu belajar beradaptasi, RulaWoman. Begitu juga jika kamu memiliki kekasih yang berbeda etnis. Alangkah baiknya jika kalian bisa saling beradaptasi terhadap kebudayaan masing-masing. Kamu bisa masuk dan mempelajari kebudayaan si dia. Pasanganmu juga belajar untuk memahami bagaimana kebudayaan kamu dan keluarga besarmu.

2. Jangan terpengaruh oleh pandangan/komentar negatif orang lain

Biasanya orang lain akan rajin berkomentar mengenai hubungan kalian, terlebih orang-orang yang kontra terhadap hubungan tersebut. Nah, sebaiknya kamu jangan ikut terpengaruh oleh pandangan negatif tersebut, RulaWoman. Enjoy aja! Ini hubunganmu dan si dia, orang lain mungkin boleh berkomentar dan berkata apa pun, tapi yang menjalani tetap kalian, kan?

3. Mulai belajar untuk saling mengerti dan mengalah satu sama lain

Dalam dua etnis yang berbeda, tentu banyak sekali hal-hal yang tidak kalian mengerti. Kunci utamanya adalah mulai belajar untuk saling mengerti satu sama lain, belajar saling memahami dan bila perlu mengalah pada pasanganmu. Ingat RulaWoman, menjalani hubungan dengan orang berbeda etnis berarti membuatmu harus meningkatkan rasa toleransi!

Photo Credit: Pexels

4. Jangan jadikan perbedaan sebagai masalah. Sebaliknya, kamu bisa membuat perbedaan itu menjadi lebih indah

Jangan terpengaruh oleh anggapan umum, bahwa perbedaan itu sebuah masalah. Perbedaan bisa banget untuk jadi sesuatu yang indah, kok, RulaWoman. Tergantung bagaimana kalian menyikapinya. Kalian bahkan bisa jadi contoh kerukunan umat antar suku! Hihi.

5. Berusaha untuk saling menguatkan satu sama lain

Ketika pasanganmu merasa galau, porsimu sebagai kekasihnya adalah untuk menguatkan. Yap, alangkah baiknya jika kalian saling membantu dan menguatkan satu sama lain. Terlebih, ketika hubungan kalian mulai serius dan keluarga mulai bertanya-tanya, bagaimana jika kalian menikah nanti?

Photo Credit: Pexels

6. Menikah dengan budaya siapa?

Kelanjutan dari poin nomor 5 di atas, biasanya pertanyaan tentang pernikahan akan selalu ada embel-embel, akan menikah dengan budaya siapa, nih? Jika kamu tidak terlalu bermasalah dengan finansial dan rela melaksanakan pesta berkali-kali, mungkin kamu bisa menjawab bahwa kedua budaya yang ada akan mendapat porsi masing-masing dalam pernikahan kalian. Tapi gimana solusinya kalau kalian ingin pernikahan yang sederhana sedangkan orang di sekeliling tidak mengalah terhadap apa yang kalian pilih? Hmm, coba deh, kamu yakinkan keluarga masing-masing, RulaWoman. Bagaimana pun, kalianlah yang tahu hal terbaik untuk pernikahan kalian –termasuk budaya apa yang akan digunakan nanti. Beri masukan dan jelaskan sebaik-baiknya, agar keluarga besar lebih mengerti dan memahami pilihan kalian.

7. Ambil positifnya, kamu akan punya lebih banyak perayaan dalam hidupmu!

Ini nih, satu lagi manfaat menjalani hubungan beda etnis, RulaWoman. Tidak hanya menjalankan perayaan hari besar keagamaan, biasanya juga banyak perayaan pada suku bangsa tertentu, kan? Nah, jika kamu punya pasangan beda etnis, kamu bisa terlibat dalam lebih banyak perayaan yang menyenangkan dan tentunya menambah pengalaman baru buatmu! Ready to learn something new?

8. Terus gimana kalau keluarga nggak setuju? Ingatlah, bahwa menyatukan cinta kalian sama saja dengan menyatukan dua etnis berbeda, dua keluarga, nilai, dan kebudayaan lainnya, RulaWoman!

Hal ini juga perlu kamu pahami dengan baik, RulaWoman. Permasalahan utama dari hubungan beda suku memang pertentangan keluarga. Mungkin ada banyak sekali pertimbangan keluarga besar mengapa mereka setuju atau tidak setuju terhadap suatu hubungan yang menyangkut anak-anaknya. Tapi menikah atau menjalani hubungan dengan orang lain berarti juga menyatukan keluarga besarmu dengan keluarga besar si dia, menikahkan kedua keluarga, menyatukan dua budaya berbeda, untuk melebur menjadi satu kesatuan. Tidak semua orang bisa menerima hal ini, RulaWoman. Mungkin ada saatnya keluargamu atau keluarga si dia akan kontra –merasa tidak nyaman untuk bersatu dengan etnis atau budaya yang berbeda dari keseharian mereka. Kalian boleh meyakinkan, tapi tetap tidak dianjurkan untuk memaksakan kehendak, sebab bagaimana pun restu orangtua merupakan hal yang penting dalam kelanjutan sebuah hubungan, bukan?

Photo Credit: Pexels

9. Jalani segalanya dengan besar hati

Pada akhirnya, bagaimana pun kisah kalian, jalanilah segalanya dengan besar hati, RulaWoman. Ketika kamu bersatu dengan si dia, kamu mau tidak mau harus berbesar hati untuk mulai mempelajari adat istiadat keluarga besarnya, melakukan hal-hal yang selama ini bahkan tidak kamu ketahui. Tapi ketika hubungan kalian harus kandas karena tidak ada keluarga yang mengalah menerima kedua perbedaan tersebut, jangan putus asa dan tetap semangat! Ingat, jalani dengan besar hati. Segala yang terjadi dalam kehidupan sedikit banyaknya akan memberikan kita pengalaman baru, kan? Hihi.


Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika menjalani hubungan beda etnis, agar hubungan kalian tidak terhalang oleh kebudayaan masing-masing, RulaWoman. Jadi kata siapa bahwa hubungan beda etnis selalu suram ke depannya? Kamu tidak akan tahu bagaimana akhirnya, jika tidak berani untuk mencoba dan memulai, lho! Selama kamu memang terbuka menerima perbedaan-perbedaan yang ada, kamu bisa lebih enjoy dengan hubungan kalian.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Kekasih yang Berbeda Etnis? RulaWoman, Perhatikanlah 9 Hal Ini Agar Hubungan Kamu Tidak Terhalang Oleh Kebudayaannya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar