1.3K
Sebagai pemilik kulit acne prone, memilih produk kecantikan untuk dicoba, jauh dari kata mudah. Tapi, kalau kulit nggak dirawat, yang ada jerawat makin parah. Kalau beli produk baru, dan nggak cocok, kulitnya makin parah juga. Tapi tenang, RulaWoman. Kamu bisa tenang belanja tanpa takut iritasi dengan mengikuti tips ini!

Kalau menurut saya, yang notabene pemilik kulit oily combo dan acne prone, memilih produk skin care itu dua kali lebih susah daripada memilih jodoh. Mengapa? Karena, kalau salah pilih lelaki, kita bisa mengambil pelajaran, rehat sebentar, dan menyibukkan diri untuk lupa sakit hatinya. Lah kalau salah pilih produk kecantikan? Sudahlah uang terbuang percuma, jerawat nambah (jangan lupa bagian paling ngeselinnya: bekas jerawat!), dan otak harus muter lagi, scrolling the internet buat 'meneliti' kira-kira produk apa yang cocok buat menangani masalah kulit, dan pastinya, affordable buat kantong.

1. Wajib! Cek komposisi di COSDNA

Sebelum kamu membeli produk skin care atau kosmetik, kamu wajib mencek dahulu produk tersebut di COSDNA sehingga kamu tahu apakah komposisi yang terkandung dalam produk kecantikan yang akan kamu beli ini ada yang berisiko menimbulkan alergi pada kulit kamu. Produk yang memiliki resiko rendah untuk bikin kulit kamu "tantrum" alias purging atau breakout adalah yang komposisinya 0 comedogenic, 0 irritants, dan safety risk-nya berwarna hijau, yaitu berada pada level 1 atau 2. Misalnya, kamu mau mencoba The Most Full Coverage Foundation yang lagi hype banget di kalangan Beauty Vlogger seperti Manny MUA dan Jeffree Star, Dermacol, kamu bisa mengetik namanya di situs COSDNA ini, dan akan muncul tampilan seperti ini:

Photo Credit: CosDNA

Kolom Acne di atas menunjukkan level comedogenic, kolom irritant menunjukkan level risiko alergi dari komposisi tersebut. RulaWoman bisa lihat, kalau foundation dari brand kosmetik asal Kanada ini memiliki komposisi yang cenderung non comedogenic dan nggak bikin iritasi. Sedangkan pada kolom safety, ada beberapa komposisi yang diberi warna kuning, yang mungkin agak berbahaya untuk beberapa jenis kulit, seperti Petrolatum, yang menurut sebuah studi yang dilakukan oleh ahli dermatologi Herb Research Foundation, pemakaian jangka panjang dan terus menerus bisa mengurangi kemampuan kulit untuk menyerap oksigen dengan sempurna.

2. Review, Review, Review

Photo Credit: inamassijaya

Biasakan kamu membaca banyak review dari suatu produk yang akan kamu beli, RulaWoman. Jangan gampang percaya dengan iklan produk atau celotehan mbak-mbak SPG di beauty store, because, you know, they are try to sell their product. Kamu bisa googling nama produknya, dan baca efek produk pada kulit wajah blogger tersebut. Jangan lupa juga, pastikan si blogger mempunyai jenis kulit yang hampir sama dengan jenis kulitmu.

3. Start From Sample Size

Photo Credit: pusatkosmetik.com

Kalau kamu sudah yakin banget nih, kalau si blogger punya kulit yang sejenis denganmu, belum tentu penanganan jerawat di kulitnya bisa ampuh juga di kulitmu, RulaWoman. Everyone has their own skin condition, which may lead to different of effect of skin care products used. Saya punya kulit yang acne prone, begitu pun Suhaila Salim, salah satu vlogger favorit saya. Di salah satu videonya, Suhaila menyarankan Aloe Vera Gel dari Nature Republic untuk menghilangkan beruntusan, dan saya pun tergiur untuk mencobanya. Namun sayangnya, bukannya hilang, beruntusan saya malah makin banyak! See? Oleh karena itu, rugi banget kalau misalnya kamu langsung kalap beli full size, namun efeknya nggak seperti yang kamu harapkan. Akan lebih baik jika kamu mencoba dari sample atau travel size dulu, kalau benar-benar sudah cocok, barulah kamu membeli full size. Ukuran sample atau travel size sudah banyak kok dijual di online-online shop di Instagram. Jangan lupa, pastikan tempat kamu membeli hanya menjual authentic skin care atau makeup product, ya!

BACA JUGA


6 Brand Makeup Termahal Dunia, Apakah Brand Favorit Kamu Termasuk di Dalamnya?

6 Brand Makeup Termahal Dunia, Apakah Brand Favorit Kamu Termasuk di Dalamnya?

Kamu termasuk yang hobi mengoleksi produk makeup dari berbagai brand? Sudah tahu belum brand makeup mana aja yang termahal di dunia

Read more..

Itulah tips-tips sebelum kamu membeli produk skin care, RulaWoman. Kalau kamu terlanjur membeli skin care dengan ukuran full size, jangan membuang box packagingnya ya! Dengan menyimpan boxnya, jika kamu nggak cocok, produk preloved skin care kamu bisa kamu jual kepada mereka yang juga tertarik mencoba, namun enggan untuk membeli full size di counter.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Kulit Acne Prone yang Gampang Ngambek? Baca Ini Dulu Sebelum Mencoba Produk Baru!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ina Massijaya | @inamassijaya

Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar