2K
Semakin berkembangnya industri kosmetik, konsumen dari beauty product makin meluas. Sebelumnya, produk kosmetik dan skincare lebih ditujukan buat para perempuan muda, tapi sekarang produk kecantikan hadir untuk segala kalangan untuk meningkatkan self-esteem, termasuk mereka yang mengalami masalah kulit yang cukup serius.

Semenjak teknologi makeup makin canggih, semua makin bisa 'ditutupi'. Meski jerawatan adalah hal lumrah bagi semua orang, namun banyak orang yang bisa dibilang 'kurang beruntung' karena jerawat yang betah banget nangkring di kulit wajah. Sebanyak apapun makeup yang dipakai, flawless skin is still the best canvas. Oleh karena itu, nggak jarang orang ngerasa minder banget punya kulit jerawatan, termasuk beberapa beauty vlogger yang sukses jadi inspirasi jutaan orang yang memiliki masalah yang sama.

1. Em Ford

“At first, I was scared to share what I was going through. I didn’t want to post images of myself, and I certainly didn’t want anyone to see me without makeup. After a while, I realized how silly I was being and how normal acne is — that was when I started to open up and share what I was going through.” -Em Ford

Menurut Em Ford, orang masih merasa nggak nyaman dan takut untuk speak up soal jerawat. Em Ford beberapa waktu lalu sempat ngepost foto selfie bare face dan menunjukkan kondisi kulitnya yang sedang mengalami severe acne. Banyak sekali komentar jahat bernada bully, meski nggak sedikit juga yang memberikan komentar positif. Menanggapi ribuan komentar negatif tersebut, Em Ford membuat video yang banyak membuat hati orang tersentuh dengan menekankan kalau kita semua cantik, dan nggak boleh ada seorang pun, termasuk diri kita sendiri, yang bikin kita merasa nggak cantik.

2. Cassandra Bankson

“Acne was — and is — something everyone seems so scared to speak about, yet so many people live with it every day. It was so liberating to realize I wasn’t actually as alone as I felt and through the struggle found there are so many warriors who are cultivating love and success; it’s the blemishes that make us beautiful!” -Cassandra Bankson

Sejak Em Ford memposting video di atas, seorang beauty vlogger dengan 800ribu subscriber- Cassandra Bankson, merasa lebih tenang dan nggak merasa sendiri memiliki masalah jerawat yang parah. Menurut Cassandra, it's the blemishes that make us beautiful! Yes RulaWoman, menerima kenyataan kalau jerawat adalah hal yang lumrah adalah langkah pertama supaya kamu nggak lagi dibikin minder sama beruntusan kecil di jidat atau jerawat-jerawat di pipimu.

3. Chelsea Mora

"Learn to embrace your flaws because sometimes what you see as a set back can become a blessing for you and all those who like you deal with the same thing.” -Chelsea Mora

Sama seperti kamu yang bertahun-tahun memiliki masalah kulit yang sama, Chelsea Mora merasa "stuck" sama acne dan di saat yang sama, ia juga merasa terjebak sama 'keharusan' memakai makeup buat nutupin jerawatnya. Chelsea merasa dengan menunjukkan pada dunia keadaan kulitnya yang sebenarnya bakal membuat ia merasa lebih lega. Menurutnya, jerawat adalah salah satu ujian hidup buat nunjukin kadar kepercayaan diri yang kamu punya. Kalau kamu nggak ngerasa pede tampil bare face, nggak apa-apa kok buat memakai make up dan meyakinkan diri kamu sendiri kalau kulit kamu flawless. Motivasi diri kamu sendiri keadaan kulit yang seperti apa yang kamu inginkan, dan percaya kalau suatu saat kulit kamu bakal bersih dari jerawat sekecil apapun.

4. Rajihnder Osahn

Komentar-komentar miring kaya, "Mukamu kok kotor gitu sih?" atau "Duh kamu cuci mukanya bener nggak sih?" "Kenapa nggak ke dokter kulit aja sih?" sampai yang harsh banget kaya,"You're so ugly!" dan rentetan komentar lainnya pasti sering banget bikin kamu lelah. Tapi, menurut Osahn, hidupmu ya hidupmu. Kamu yang menjalani, dan jangan biarkan orang lain yang komentarnya pedes ala haters menginterupsi hidupmu. You have to be your own best friend the haters will not get to you.


"Stay positive, and as hard as it may seem right now, learn to accept your skin and yourself. You define your own self worth." -Em Ford



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Kulit Yang Nggak Flawless? Jangan Minder! Para Beauty Vlogger Ini Berbagi Rahasia Supaya Kamu Tetap Pede". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ina Massijaya | @inamassijaya

Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar