721
Persaingan yang ketat untuk meraih promosi, reward, atau jabatan tertentu tak jarang membuat seseorang menjadi kompetitif, yang menjelma dalam beragam bentuk kompetisi.
photo credit:CommonTongue

Persaingan di dunia kerja merupakan hal wajar. Selain bisa meningkatkan produktivitas, motivasi karyawan juga akan lebih terpacu dengan adanya kompetisi. Persaingan yang ketat untuk meraih promosi, reward, atau jabatan tertentu tak jarang membuat seseorang menjadi kompetitif, yang menjelma dalam beragam bentuk kompetisi. Di mana seringkali menimbulkan ketidaknyamanan dalam suasana kerja. RulaWoman, berikut 5 tipe rekan kerja yang kompetitif dan cara menghadapinya.

1. Si serba cepat

Tipe ini selalu mengerjakan segala sesuatunya serba cepat. Ketika atasan memintanya memberikan laporan atau tanggapan, orang ini akan merespon dengan cepat tanpa perlu di reminder. Kelemahan tipe ini adalah kurang teliti dan kurang memperhatikan detail. Ketika kamu berada dalam satu tim dengan tipe ini, ada baiknya kamu lebih teliti dan berpikir secara detail.

2. Si superstar

Salah satu kelebihan tipe ini adalah kemampuan komunikasi yang luwes dan pandai menempatkan diri. Ia biasanya adalah pribadi yang hangat, mudah dekat dengan siapapun, cukup dikenal, dan satu lagi, pandai melobi. Kecenderungan tipe ini adalah keinginannya untuk selalu “tampil” di depan dan selalu ingin jadi “motor”. Untuk menghadapi tipe ini, kamu harus sedikit menekan ego kamu. Beri dia ruang untuk memimpin dan memegang kendali.

3. Si pelit dan penyendiri

photo credit:Research Digest

Ciri dari tipe ini adalah dia selalu menjaga “ilmu” dan idenya bak emas dan enggan membagikannya pada rekannya, apalagi juniornya. Uniknya, dia selalu punya cara sendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya. Ketika kamu berhadapan dengan tipe ini, beri dia ruang untuk mengeksplor apa yang dia miliki dan jangan segan untuk menawarkan bantuan.

4. Si serba bisa

photo credit:Daily Mail

Karakternya yang multitalent membuatnya terlihat lebih menonjol secara karakter maupun performa dibandingkan dengan rekan sekerjanya. Dia pun tak segan mengerjakan tugas yang sebenarnya bukan tanggung jawabnya. Berhadapan dengan tipe ini, ada baiknya kamu belajar banyak darinya, tapi tetap ingat dengan kapasitas kamu ya, RulaWoman.

5. Tukang sabotase

Tipe ini selalu ingin terlihat baik di mata atasan. Ia bahkan tak segan untuk menjilat atau bahkan mengakui hasil kerja orang lain sebagai hasil kerjanya. Kamu perlu bersikap tegas ketika berhadapan dengan tipe ini. Saat kamu merasa kurang nyaman dengan tindakannya, sampaikan ketidaknyamanan kamu dengan baik atau jika dirasa sudah tidak memungkinkan, kamu bisa meminta bantuan pihak ketiga, seperti atasan kamu atau pihak hrd.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Rekan Kerja yang Kompetitif? Berikut 5 Tipe yang Perlu Kamu Ketahui dan Cara Menghadapinya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar