972
Memiliki teman yang hobinya ngutang memang sangat merugikan, apalagi sampai tidak mengembalikan.

Setiap orang pasti memiliki teman, karena manusia sudah kodratnya sebagai makhluk sosial. Sifat dari beberapa teman memang berbeda-beda, ada yang baik, ada yang jahat, ada juga yang tidak tahu diri, dan masih banyak lagi - tergantung dari kitanya memilih teman. Pasti nggak sedikit yang mengalami, banyak teman yang meminjam uang kepada kita tetapi enggan untuk mengembalikannya. Nah simak yuk cara mengatasinya!



1. Tagih ke orang yang bersangkutan secara baik-baik

1. Tagih Ke Orang Yang Bersangkutan Secara Baik-baik - Photo Credit: Huffing Post
Photo Credit: Huffing Post

Bila kamu merupakan orang yang nggak enakan, coba saat ini hilangkan sifat itu. Sebab jika kamu begitu terus, maka temanmu akan meminjam uangmu dan lupa mengembalikan lagi. Lebih baik beranikan diri untuk menagihnya saat bertemu atau melalui personal messages.


2. Sindir di media sosial atau saat sedang berkumpul

2. Sindir Di Media Sosial Atau Saat Sedang Berkumpul - Photo Credit: Pinterest
Photo Credit: Pinterest

Kalau temanmu sudah ditagih tapi tidak kunjung membayarnya juga, coba dengan cara menyindir halus di media sosial atau saat bertemu secara langsung bersama teman-temanmu. Jika ia bisa sadar, maka ia tidak akan lupa membayar utang.


3. Curhat ke teman yang bersangkutan tentang keuanganmu yang sulit

3. Curhat Ke Teman Yang Bersangkutan Tentang Keuanganmu Yang Sulit - Photo Credit: Hbo
Photo Credit: Hbo

Pada saat kamu bertemu dengan teman yang meminjam uang tersebut, cobalah sedikit curhat tentang kondisi keuanganmu yang sulit. Siapa tahu temanmu tersebut akan ingat pada utangnya dan segera mengembalikannya.


4. Balik meminjam uang kepada teman yang meminjam

4. Balik Meminjam Uang Kepada Teman Yang Meminjam - Photo Credit: Twitter
Photo Credit: Twitter

Bila kamu pergi dengan teman yang sering meminjam uang tapi tidak dikembalikan, cobalah kamu berbalik meminjam uang padanya. Lontarkan alasan yang meyakinkan saat kamu ingin meminjam, misalnya kamu lupa membawa dompet, uang kamu tidak cukup, atau alasan rasional lainnya.


5. Tolak teman yang ingin meminjam uang lagi

5. Tolak Teman Yang Ingin Meminjam Uang Lagi - Photo Credit: Twitter
Photo Credit: Twitter

Teman yang sama ingin meminjam uang kepadamu? Beranilah mengatakan TIDAK sebab utang yang kemarin saja belum dibayar masa mau meminjam lagi? Dengan begitu, temanmu akan mengingat utangnya dan berharap akan segera melunasinya.

BACA JUGA


RulaWoman, Berikut 9 Tipe Teman Kerja yang Menyebalkan, Apakah Kamu Punya Salah Satunya?

RulaWoman, Berikut 9 Tipe Teman Kerja yang Menyebalkan, Apakah Kamu Punya Salah Satunya?

Kadang kamu tidak bisa memilih rekan kerjamu. Yang bisa kamu lakukan adalah menyesuaikan diri dengan berbagai karakter yang ada

Read more..

Jangan pernah takut menagih utang kepada teman, RulaWoman. Sebab kita berhak mengambil apa yang seharusnya menjadi hak kita, bukan? Semoga bermanfaat!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Teman yang Suka Ngutang tapi Enggan Menggembalikan? Cari Tahu Cara Mengatasinya Yuk RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Michelle Jennifer | @michellejennifer

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar