31.9K
Kamu pasti pernah mengalami, ada teman laki-laki atau pasangan kamu sendiri yang lebih suka membiarkan adanya kata yang tidak terucap, daripada menjelaskannya padamu apa isi hatinya sampai semua sudah terlambat. Sebenarnya ada alasannya loh RulaWoman kenapa laki-laki lebih suka diam daripada mengungkapkan isi hatinya padamu.

Nggak harus laki-laki pendiam, banyak banget laki-laki yang memang lebih suka memendam kata-kata yang sebenarnya ingin ia ungkapkan daripada memberitahukannya pada perempuan yang dicintainya. Mungkin kamu punya sahabat laki-laki yang curhat sama kamu, dan kamu jadi gemas sendiri karena ia urung mengungkapkan perasaan hatinya hingga hal-hal yang seharusnya tidak terjadi malah terjadi.

Atau mungkin malah tanpa kamu sadari pasangan kamu juga melakukan hal yang sama, ada kata yang tidak terucap sehingga kamu nggak tahu apa sebenarnya isi hatinya padamu dan kamupun tenggelam pada asumsi kamu sendiri.

Those words that left unsaid...

Meskipun tahu, laki-laki akan cenderung memilih diam daripada mengatakan kata-kata yang tidak terucap itu RulaWoman, dan inilah 7 alasan kenapa laki-laki lebih memilih diam daripada mengatakannya pada kamu atau pada perempuan yang dicintainya.

1. Ia takut salah

Laki-laki kadang bersikap terlalu banyak pertimbangan. Ada banyak faktor yang membuat laki-laki mengambil keputusan sehingga saking hati-hatinya, ia takut salah dan memilih untuk tidak mengungkapkan kata-kata yang seharusnya terucap. Ia akan diam saja memandangi dan mendengarkan kamu berargumentasi atau bercerita tentang hal-hal yang sebenarnya ia sudah tahu.

Alih-alih mengungkapkan apa isi hatinya, laki-laki lebih suka diam daripada takut salah dalam menanggapimu.

photo credit makeupandbeauty.com

2. Ia takut akan menyakiti kamu

Alasan paling sederhana kenapa seorang laki-laki enggan mengucap kata-kata yang seharusnya terucap adalah karena ia tidak ingin menyakiti kamu. Ia sangat mengenal sifat kamu dan ingin menjaga perasaan kamu, sehingga kata-kata yang seharusnya terucap itu hanya dipendamnya baik-baik.

Padahal, kamu tahu hal ini nggak seharusnya seperti itu. Kamu pasti berpikir dan sering mengulang-ulang kalau ada apa-apa, kamu lebih suka ia mengungkapkannya padamu. Tapi ternyata, karena takut menyakiti kamu, laki-laki lebih suka diam dan membiarkan ada kata yang nggak terucap untuk dipendamnya sendiri untukmu.

3. Menunggu waktu yang tepat

Laki-laki kadang suka perfectionist dan berahasia nggak penting karena ia memiliki perhitungan yang tepat (menurutnya) akan suatu hal. Hal ini semata karena ia mencintai kamu dan ingin menciptakan momen yang pas, sehingga segala sesuatunya bisa indah pada waktunya. Padahal, menurut kamu nggak masalah. Kamu malah cenderung untuk menghargai kalau ia lebih terbuka dan mengungkapkan apapun yang ada dibenaknya.

Namun tidak bagi laki-laki RulaWoman. Hal yang menurut kamu sederhana bisa menjadi kompleks di benaknya apabila sudah menyangkut perempuan yang dicintainya.

4. Menganggap remeh atau merasa hal itu nggak penting

photo credit: gentlemenhood.com

Terbalik denganmu, laki-laki cenderung meremehkan hal yang kamu anggap penting, terutama mengenai perasaannya sampai ia merasa yakin benar atau akhirnya ketahuan juga namun sudah terlambat. Laki-laki punya kepercayaan yang aneh mengenai waktu, dan ia percaya kalau akan selalunya masih ada waktu yang lain untuk mengungkapkan hal ini, kata-kata ini, sampai akhirnya ia sendiri lupa.

Bibirnya bisa kelu dan walau kata-kata itu sudah diniatkannya untuk memberitahukanmu, namun ternyata hanya sampai di keringkongan saja. Dan hal inilah yang akhirnya membuatnya mengabaikan dan menganggap remeh kata-kata ini, sehingga otaknyapun kemudian memilih untuk memasukkannya dalam kategori topik nggak penting untuk dibahas lebih lanjut lain kali.

5. Ia berasumsi kamu sudah tahu jadi tidak perlu memberitahumu

Kadang saking dekatnya kamu dengannya, ia berangggapan kalau kamu sudah akan lebih tahu terlebih dahulu. Laki-laki sering lupa, kamu bukan cenayang, dan nggak selalunya kamu bisa tahu terlebih dahulu atas hal-hal yang menjadi penting baginya. Hal ini bisa terjadi kalau kamulah yang biasa mendominasi hubungan dan tidak membiarkan dia sekali-kali untuk mengambil keputusan dalam hubungan kamu dengannya.

Kamu yang selalu megambil inisiatif dan keputusan, dan dalam topik atau pembicaraan apapun kamu akan bersikap unggul. Nah hal-hal seperti inilah yang tanpa sadar akan membuat laki-laki menyimpan kata-katanya untukmu.

6. Ia nggak cukup percaya padamu

Kalau laki-laki merasa nyaman padamu, ia akan meletakkan kepercayaannya padamu sehingga apapun akan diungkapkannya padamu. Namun kalau ada sesuatu tentang diri kamu yang masih belum bisa dipercaya olehnya, bukan mustahil ia memilih untuk diam daripada mengungkapkan kata-kata yang seharusnya terucap.

Mungkin karena pernah ada masa lalu yang buruk sehingga kamu bereaksi negatif atas hal yang sama, mungkin masih ada hal lain tentang diri kamu yang membuatnya kurang percaya. Apapun itu, iapun kemudian memilih untuk membiarkan adanya kata-kata yang tidak terucap.

photo credit expertbeacon.com

7. Ia sendiri meragukan dirinya

Kadang memang bukan tentang kamu. Tapi ia yang meragukan dirinya sendiri. Mungkin ada cerita dibaliknya sehingga ada beberapa hal yang ia anggap lebih baik kamu nggak tahu karena ia nggak siap dengan reaksi kamu. Padahal, ia hanya meragukan dirinya sendiri dalam menyikapi hal ini.

Sikap diam laki-laki bukan salah kamu, ya RulaWoman. Hanya saja karena seorang laki-laki yang kamu cintai tidak mampu mengungkapkan isi hatinya dan memilih agar kata-kata itu tidak terucap, bukan berarti itu adalah tanggungjawabmu.

Yang merasakan dan yang lebih tahu adalah dirinya sendiri, dan mungkin memang alam semesta yang sudah mengatur memang kata-kata itu tidak pernah akan terucap dan kamu tidak akan pernah tahu. Pahamilah kalau ini adalah proses pendewasaan kamu dan juga pendewasaan dirinya. Selama kamu memberinya ruang dan kamu tetap menjadi diri kamu sendiri, percayalah bahwa semua akan baik-nbaik saja.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rahasia Laki-laki. Ini Loh 7 Alasan Kenapa Laki-laki Lebih Suka Diam Daripada Mengungkapkan Isi Hatinya Padamu, RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Maharani Adinata | @RaniAdinata

A genuine Scorpio with the love of music, books, chocolate cake and a cup of tea.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar

Fadhil Nugraha | @fadil60kill

8. Memilih tuk jadi sahabat karena takut kehilangan