13.2K
Jangan hanya bisa menyalahkan orang lain menjadi penyebab rusaknya hubunganmu bersama pasangan. Ada hal yang lebih penting dari menyalahkan orang lain, yaitu introspeksi diri, RulaWoman.

Banyak orang bilang kalau sudah cinta seharusnya bisa menerima kekurangan pasangan apa adanya. Apalagi yang sudah menikah dan mempunyai anak, semestinya bisa lebih paham akan kekurangan masing-masing pasangan dan berusaha untuk saling memperbaiki satu sama lain. Tapi banyak yang tidak sadar, bila kadar cinta bisa berkurang bahkan hilang seiring berjalannya waktu.

Bila cinta tidak dijaga dan tidak diniatkan untuk terus bertahan, bisa dipastikan akan ada yang namanya orang ketiga dalam suatu hubungan. Disengaja atau tidak, biasanya faktor penyebabnya hanyalah sepele. Janganlah terlalu percaya diri kalau pasangan tak akan pindah ke lain hati hanya karena masalah sepele yang dianggap sangat tidak penting.

Hati-hati bila kamu sering melakukan hal ini, RulaWoman. Segeralah introspeksi diri jika pasanganmu berubah sikap dan mulai menarik diri. Apa saja sih hal sepele yang bisa membuat pasangan kamu pindah ke lain hati?

1. Membantah

Ketahuilah, hal yang paling tidak menyenangkan itu bila dibantah. Apalagi di saat pasangan melarangmu melakukan sesuatu tapi kamu tetap ngotot dan menentangnya. Satu bantahanmu bisa membuatnya merasa tak dihargai, dan bila kamu lakukan berulang kali akan membuatnya merasa kamu telah menjadi pembangkang.


Photo Credit : biblical gender rose

2. Nada bicara lebih tinggi saat sedang emosi

Saat emosi memang tanpa sadar bisa membuat nada bicara kamu menjadi tak terkontrol. Bila pasanganmu berbicara dengan nada pelan dan kamu menyahutnya dengan suara tinggi karena terbawa emosi, itu bisa membuat pasanganmu merasa benci dan sakit hati. Karena membahas suatu masalah dengan amarah apalagi dengan suara lantang bisa menimbulkan keributan. Bukan solusi yang di dapat tapi saling mengeluarkan pembenaran diri. Apa sulitnya berbicara dengan suara pelan dan berusaha tetap tersenyum? RulaWoman, bila memang kamu cinta, tentu tak ada yang sulit.


Photo Credit : Coupon.in


3. Tidak memiliki catatan keuangan yang jelas

Biasanya bila salah satu pasangan bekerja yang satunya tidak, akan ada selisih paham mengenai pemasukan dan pengeluaran. Dalam rumah tangga, mungkin hal sepele bila mengeluarkan uang untuk kebutuhan pokok. Tapi jangan salah, sekecil apapun pengeluaranmu akan menimbulkan perselisihan bila yang mencari uang merasa penghasilannya habis tanpa sisa dan tak jelas ke mana perginya. Buatlah catatan pemasukan dan pengeluaran agar tak terjadi selisih paham. Dari masalah keuangan bisa berdampak besar nantinya bila pasangan merasa teman hidupnya tak pandai mengelola urusan finansialnya.



4. Membelanjakan uang bersama tanpa sepengetahuan bersama

Ini efek dari tidak adanya catatan keuangan yang jelas sehingga pemasukan dan pengeluaran tidak terkontrol dengan semestinya. Yang ada akan terjadi salah paham jika masing-masing merasa telah menjalankan tugasnya dengan benar. Apalagi bila salah satunya merasa dirugikan karena tidak mendapatkan haknya dengan baik. Karena tidak ingin ribut maka permasalahan sepele ini dipendam sendiri yang justru akan menimbulkan bom waktu.


Photo Credit : Dailymail.co

5. Susah dimintai tolong

Selalu ada alasan untuk mengelak bila dimintai tolong, itu bisa jadi hal paling menjengkelkan. Padahal hanya meminta tolong untuk mengecek berapa nominal suatu tagihan bulanan. Namun hanya karena kamu merasa itu bukanlah hal yang penting, maka dengan enteng membalikkan perintah dengan dalih itu hal yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan.

Kalau kamu melalukan hal ini, jangan heran bila pasanganmu memilih diam dan meminta orang lain untuk menolongnya. Kalau yang diminta tolong adalah sesama jenis, mungkin nggak akan masalahn namun bila lawan jenis? Wah, jangan sampai pasanganmu merasa lebih nyaman meminta tolong dengan teman lawan jenisnya ya, RulaWoman.


Photo Credit : zimnews.net

6. Tidak pandai merawat diri dan menjaga kesehatan

Di abad millenial ini, ungkapan kuterima kau apa adanya sepertinya sudah mulai tak berlaku lagi. Di awal pernikahan mungkin masih menjadi hal yang tak begitu penting bila pasangan mulai mengabaikan bau badan dan muka yang jerawatan juga berat badan yang tak karuan, terlalu kurus atau sebaliknya. Tapi di lima tahun berikutnya, pasangan akan mulai jenuh dengan keluhan tentang kesehatan yang tak terjaga dan penampilan yang ala kadarnya.


Photo Credit : iltalehti.fi

7. Membuang waktu luang

Ada banyak orang yang menilai kalau waktu adalah uang. Membuang waktu luang sama juga membuang uang. Apalagi jika kamu tidak pandai mengatur waktu untuk yang kesehariannya hanya mengurus anak dan rumah saja.

Banyak waktu luang yang terbuang hingga tak menghasilkan apa-apa bisa membuat pasanganmu merasa kamu adalah pemalas. Bahkan mencari alasan beristirahat setelah banyaknya kesibukan tapi dengan tidak efisien waktu juga tetap saja tak pandai mengatur waktu.

Bangun siang, berbenah rumah sambil sibuk dengan gadget di tangan (sibuk kok sempat-sempatnya update status?), nongkrong dan ngerumpi setiap sore tapi rumah masih berantakan, menumpuk cucian dan setrika pakaian, membuang listrik dengan menyetrika di malam hari, beralasan seharian sibuk mengurus anak tapi masih sempat bobo siang. Sangat sepele sekali, tak pandai mengatur waktu dengan cermat hingga kamu merasa 24 jam dalam sehari seolah tak cukup bagimu.


Photo Credit : attract and get woman

8. Mengumbar isi hati di media sosial

Banyak yang tidak sadar kalau update status yang dibuat di media sosial terkadang berisi keluhan dan curahan hati yang tak tersampaikan kepada pasangan. Berharap pasangan peka dengan kode keras melalui update status tentang kesibukan mengurus rumah tangga. Tanpa sadar kamu telah membuat pasanganmu malu karena mengumbar privacy yang tak semestinya semua orang tahu. Bijaklah menggunakan media sosial untuk mencari informasi terkini yang bermanfaat, bukan sebagai sarana mencurahkan isi hati dan berharap pasangan peka dengan apa yang kamu tulis di media sosial.


Photo Credit : appadvice

9. Terlalu sibuk dengan gadget

Sehari saja tidak online rasanya seperti hidup di zaman batu. Tapi bukan berarti gadgetmu harus terpantau selalu setiap waktu bahkan di saat kamu sedang quality time bersama keluarga. Sampai-sampai ke toilet saja itu gadget turut dibawa serta. Bisa menimbulkan kecurigaan bahwa ada sesuatu yang sedang disembunyikan dan tak ingin diketahui pasangan.


Photo Credit : elliottfrazierlaw.com


Kelihatannya sangat sepele, bukan? Bahkan banyak yang menganggap hal tersebut tidak akan berpengaruh apa-apa karena hanya melakukan hal lumrah yang dianggap biasa. Kecerobohan dalam bersikap terkadang sangat mengganggu di saat suasana hati pasanganmu sedang tidak stabil. Ini zaman millenial, kalimat jika cinta maka harus terima apa adanya sudah tidak bisa berlaku lagi saat ini.

Lebih introspeksi diri ya, RulaWoman. Jangan karena hal sepele maka pasanganmu jadi pindah ke lain hati.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rahasia Laki-laki, Ini Loh Ternyata 9 Hal Sepele yang Bisa Membuat Pasangan Pindah ke Lain Hati". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mel Ara | @melara

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar