167
Memang mapan dan sejahtera tidak menjamin kebahagiaan, tapi paling tidak dengan meraih sukses secara finansial, maka satu masalah telah terselesaikan.
photo credit: blogger

Mapan dan sejahtera tak harus tiba saat usia “matang” atau ketika masa pensiun sudah dekat. RulaWoman bisa mendapatkannya selagi muda. Memang mapan dan sejahtera tidak menjamin kebahagiaan, tapi paling tidak dengan meraih sukses secara finansial, maka satu masalah telah terselesaikan.

Tujuh langkah berikut ini akan membantu kamu dalam meraih kemapanan di usia muda.

1. Hidup di bawah standart kamu

photo credit: Shutterstock

Mayoritas kekacauan finansial terjadi karena kehidupan di atas standart yang seharusnya. Dengan demikian tak ada uang yang tersisa setiap bulannya karena habis untuk membayar gengsi serta gaya hidup.

2. Tidak ada yang gratis, ada harga yang harus dibayar

Keberuntungan datang saat kamu punya kesiapan dan kesempatan. Tidak ada yang instan dan kamu harus bersedia membayar “harga”. Demikian halnya dengan kesuksesan finansial, tidak bisa dicapai hanya dalam semalam.

3. Kamu masih muda, tantang dirimu untuk berani keluar dari zona nyaman

Uang bisa dicari RulaWoman, tapi waktu tak bisa dibeli. Selagi masih muda, punya banyak waktu serta belum ada tanggungan “wajib”, beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman kamu. Selain kamu masih punya nyali dan tenaga lebih, saat kamu mengalami kegagalan, kamu akan pulih lebih cepat.

4. Perubahan itu pasti terjadi, bersiaplah selalu

photo credit: LinkedIn

Dunia bersifat dinamis, ditambah dengan kemajuan teknologi, maka perubahan makin cepat terjadi. Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

5. Siapkan dana darurat meski kamu berkecukupan saat ini

photo credit: republika

Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, termasuk dengan bencana finansial yang bisa menimpa siapa saja. Meski saat ini kamu dalam kondisi berkecukupan, tak ada salahnya kamu memiliki dana darurat. Umumnya besar dana darurat yang harus kamu persiapkan adalah 3-6 kali besar pengeluaran bulanan.

6. Lingkungan kamu akan membentuk siapa diri RulaWoman

Cara pikir dan keputusan yang kamu ambil sedikit banyak dipengaruhi oleh lingkungan di mana kamu berada dan dengan siapa kamu bergaul. Ketika kamu ingin menjadi orang sukses, maka sudah menjadi keharusan kalau kamu harus membiarkan dirimu dikelilingi oleh orang yang telah sukses. Cara pikir dan cara pandang mereka akan “menular” pada RulaWoman.

7. Sampai kapan pun kesejahteraan tidak akan pernah dicapai kalau kamu masih ada hutang

Salah satu indikator kesuksesan finansial adalah nilai asset yang kamu miliki lebih besar daripada hutang kamu, RulaWoman. Jadi jangan habiskan waktu dan kerja kerasmu hanya untuk membayar hutang serta cicilan, apalagi yang bersifat konsumtif.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rahasia Memiliki Hidup Sejahtera Selagi Muda Nggak Harus Ribet, Cukup Dengan 7 Langkah Mudah Ini Loh Berikut RulaWoman.". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar