1.5K
"For me, hair is an accoutrement. Hair is jewelry. It's an accessory." - Jill Scott

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Namun tak jarang rambut kita sering terasa gatal setiap harinya. Ketombe dapat menjadi salah satu penyebab mengapa rambut wanita gatal. Yuk kenali beberapa penyebab ketombe ini untuk mencegah munculnya kemunculannya.


1. Panas

photo credit : tulisanwanita

Ternyata, cuaca panas dapat menjadi penyebab munculnya ketombe, RulaWoman. Namun bukan hanya cuaca panas ketika beraktivitas sehari-hari saja, menggunakan alat penata rambut seperti catok rambut, pengering rambut atau alat-alat lain yang dapat memaparkan panas pada rambut juga dapat membuat ketombe muncul loh. Hal itu terjadi karena kulit kepala terasa panas dan terkelupas.


2. Mencuci rambut tidak bersih

photo credit: liputan6

Mencuci rambut secara tidak bersih dapat meninggalkan sisa shampo pada kulit kepala. Apabila sisa shampo semakin banyak, maka akan terus menumpuk dan menjadi jamur seperti ketombe.


3. Kurangnya nutrisi pada rambut

photo credit: detik.com

Tidak hanya kulit, rambut juga memerlukan nutrisi agar rambut tidak menjadi rapuh. Kurangnya nutrisi pada rambut juga dapat menyebabkan munculnya ketombe, dikarenakan kurangnya vitamin B dan zat besi yang biasanya terdapat pada sayur bayam dan sayur-sayuran lainnya.


4. Penggunaan produk yang tidak cocok untuk rambut

photo credit: wolipop

RulaWoman, perawatan yang digunakan untuk rambut tidak boleh sembarangan. Karena kandungan produk yang tidak cocok untuk rambut dapat mengakibatkan munculnya ketombe. Oleh karena itu, pemilihan perawatan sesuai jenis rambut merupakan hal yang perlu diperhatikan.


5. Jarang atau sering mencuci rambut

photo credit: waspada

Kalau sebelumnya mencuci rambut tidak bersih dapat menimbulkan ketombe, jarang atau sering mencuci rambut ternyata juga dapat membuat ketombe muncul. Apabila jarang mencuci rambut, kotoran dan debu dari lingkungan sekitar saat kita beraktivitas akan menempel di rambut dan menimbulkan gatal. Namun apabila sering mencuci rambut, juga dapat membuat kulit kepala kering.


6. Stress

credit : Psych2Go.net

Stress dapat menghambat sistem kerja tubuh serta membuat terjadinya rontok serta ketombe. Disarankan untuk menghindari stress dengan cukup beristirahat setiap hari.

BACA JUGA


Wow! 7 Artis Hollywood Ini Punya Rambut Asli yang Bikin Kamu Pangling

Wow! 7 Artis Hollywood Ini Punya Rambut Asli yang Bikin Kamu Pangling

Kamu enggak akan menyangka kalau 7 artis Hollywood ini punya rambut asli yang berbeda dari warna rambutnya saat ini. Simak yuk

Read more..

Nah, semoga informasi ini dapat berguna bagi RulaWoman agar rambut dapat terhindar dari ketombe.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rambut Kamu Terasa Gatal? Yuk Kenali Dulu Penyebab Munculnya Ketombe, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Narumi Hartandi | @nanakudo

A girl who like to learn and write about life. Korea and Japan addict.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar