479
Mulai dari kimchi yang paling simpel, kimchi tomat ala Park Shin Hye, sampai mi kimchi, yuk lihat resepnya di sini, RulaWoman!

Hari Rabu, 22 November 2017, Google Doodle merayakan Hari Kimchi. Makanan tradisional Korea ini biasanya tak pernah ketinggalan muncul di drama Korea. Kimchi memang sudah seperti makanan pokok di negara asalnya, hampir selalu ada dalam setiap hidangan. Fungsinya hampir serupa dengan lalapan atau acar, jika di Indonesia.

Photo credit: Google Doodle

Di Korea sendiri ada banyak tipe kimchi karena setiap orang memiliki selera mereka masing-masing. Maka tak perlu heran, pada banyak drama Korea biasanya sang aktor terlihat bereksplorasi dengan kimchi buatannya, mencari resep baru sampai sesuai tipe favorit mereka.

Kimchi dipercaya memiliki banyak khasiat, mulai dari mencegah penyakit kanker sampai membuat kulit makin bening. Namun soal rasa, sebagian orang mungkin tidak bisa meninggalkan kimchi setiap kali makan, sementara sebagian yang lain justru merasa aneh ketika pertama kali mencicipinya. Baik kamu yang sudah terbiasa dengan rasa kimchi, maupun kamu yang baru coba-coba, resep ini enggak ada salahnya kamu coba bikin sendiri di rumah.

1. Simple Kimchi

Courtesy: Youtube channel MyRecipes

Resep dasar kimchi menggunakan bahan sayuran seperti sawi putih, daikon alias lobak besar, daun bawang, sampai wortel. Adapun bumbunya yaitu gochugaru alias bubuk cabe khas Korea, garam, gula, bawang putih, jahe, dan air. Kalau kamu kesulitan menemukan gochugaru, bisa pakai bubuk cabe yang biasa dijual di pasaran. Pembuatannya juga tergolong mudah, aduk sayur dan bumbu sampai rata kemudian fermentasi selama dua hingga lima hari. Jangan lupa pakai sarung tangan saat mengaduk, agar tangan tidak kepanasan.

2. Tomato Kimchi

Courtesy: Youtube channel esv sova

Bukti bahwa kimchi bisa dieksplorasi sedemikian rupa, aktris Park Shin Hye membuat kimchi tomat ini ketika dirinya berada dalam sebuah reality show. Terinspirasi dari menu restoran yang pernah ia coba, resep kimchi tomat Park Shin Hye tidak jauh beda dengan kimchi kebanyakan, hanya saja mendapat tambahan irisan tomat sehingga rasanya lebih segar. Kimchi yang ini bisa langsung dimakan setelah bahan dan bumbunya dicampur rata.

3. Spicy Kimchi Noodle

Courtesy: Youtube channel Miss Ginger 미스진저

Kalau yang ini jadi bukti bahwa kimchi bisa bersanding dengan hidangan apapun, layaknya lalapan atau acar bagi orang Indonesia. Kamu bisa menjadikannya sebagai bahan campuran mi, seperti saus khusus yang akan menambah kaya rasa mi favorit kamu.

Kimchi bisa jadi lauk makan kamu, nih, sambil nonton drama Korea favorit.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resep Kimchi yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah. Ada Resep dari Park Shin Hye Loh, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar