517
Pusing, mood swing, perut kembung, dan nyeri pada payudara seringkali membuat kamu merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.
photo credit: Hello Sehat

Pre Menstrual Syndrom atau PMS menjadi keluhan sebagian besar perempuan menjelang menstruasi. Pusing, mood swing, perut kembung, dan nyeri pada payudara seringkali membuat kamu merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Nyeri payudara pada masa PMS disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, dimana hormon estrogen dan progesteron membuat saluran payudara membengkak, yang peningkatannya dimulai pada hari ke 14. Hormon estrogen mengalami peningkatan pada pertengahan siklus mentruasi, sedangkan hormon progesteron akan meningkat seminggu sebelum memasuki masa menstruasi. Berikut beberapa cara yang bisa RulaWoman lakukan untuk mengatasi nyeri payudara saat PMS.

1. Olahraga teratur dan jaga pola makan

photo credit: The Cheat Sheet

Lakukan olahraga secara teratur serta pola makan yang tepat untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Hindari makanan tinggi garam dan sodium, yang dapat menyebabkan retensi air, sehingga memperburuk pembengkakan. Hindari juga makanan dengan kadar lemak tinggi, RulaWoman.

2. Gunakan sport bra

photo credit: Diet Pill Reviews

Pilihan bra yang salah bisa memperparah nyeri payudara. Gunakan sport bra yang bisa membantu menyangga payudara dengan baik.

3. Hindari kafein dan perbanyak konsumsi air putih

photo credit: Or What You Will

Konsumsi kafein akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang membuat kamu “terjaga” dan juga bisa menambah ketidakstabilan hormon yang kamu alami. Lebih baik ganti konsumsi kafein dengan perbanyak air putih selama masa PMS.

4. Konsumsi obat pereda nyeri

Saat rasa nyeri sudah tak tertahankan, bahkan cenderung menganggua aktivitas, kamu bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri haid. Dengan catatan, obat tersebut tidak untuk konsumsi jangka panjang ya, RulaWoman, karena dapat meningkatkan resiko kerusakan hati dan ginjal.

5. Periksakan ke dokter

Nyeri pada payudara umumnya akan menghilang saat masa menstruasi. Jika kamu merasakan rasa nyeri pada masa mentruasi, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk mengantisipasi terjadinya kista, infeksi, maupun benjolan jaringan (fibroadenoma).

BACA JUGA


Sedih Karena Payudara Kecil? Atasi dengan 5 Trik Berikut Ini, RulaWoman.

Sedih Karena Payudara Kecil? Atasi dengan 5 Trik Berikut Ini, RulaWoman.

Punya payudara kecil memang menjadi masalah perempuan dalam memilih bra. Sudah memilih bra yang paling kecil pun masih kegedean. Nggak usah ...

Read more..

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, 5 Langkah Mudah Berikut Bisa Membantu Kamu Mengatasi Nyeri Payudara Menjelang Menstruasi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar