1.8K
Otak adalah aset paling hebat, jika anda dapat merubah kata dan pikiran anda menjadi kata dan pikiran orang kaya, pensiunan muda, pensiunan kaya, itu mudah ~Robert Kiyosaki
photo credit: herworldPLUS

Banyak orang ingin sukses dan kaya. Tapi untuk bisa mencapai apa yang diharapkan, diperlukan perencanaan dan strategi untuk mengelola keuangan RulaWoman. Tak bisa dipungkiri juga, bahwa memiliki gaji tinggi bukan jaminan untuk bisa kaya. Bahkan banyak yang kondisi keuangan kian hari kian memburuk karena berbagai alasan, terlilit hutang misalnya. Saat kamu merasa ada yang tidak beres dalam kehidupan keuangan kamu, berarti kamu harus mengubah pola pikir agar segera bisa mencapai kekayaaan. RulaWoman, berikut 7 pola pikir yang jika dipertahankan terus menerus, dapat menghambat kamu mencapai kekayaan.

1. Takut mengambil resiko dan menabung jadi pilihan utama

Menabung memang penting untuk dilakukan guna mempersiapkan dana darurat, yang akan berguna saat musibah terjadi. Akan tetapi ketika RulaWoman ingin meningkatkan jumlah aset yang dimiliki, hanya memfokuskan diri pada menabung tentu bukan pilihan yang tepat. Menabung memang minim resiko, tapi nilai uangmu tidak akan bertambah hanya dengan menabung. Selagi masih muda, ada bainya RulaWoman bisa mencoba berbagai alternatif untuk meningkatkan penghasilan kamu. Membuka bisnis atau mencari pekerjaan tambahan diluar jam kantor akan meningkatkan penghasilan yang kamu punya dengan lebih signifikan.

2. Takut berinvestasi

photo credit: www.friendstrategy.it

Investasi menjadi sesuatu yang diabaikan banyak orang, karena ketakutan akan ketidakpastian hasil investasi serta ketidaktauan bagaimana berinvestasi. Dengan pengetahuan yang tepat, resiko dan ketidakpastian dalam berinvestasi dapat diminimalisir. Pemilihan instrumen investasi yang tepat dapat memberikan keuntungan, sehingga pundi-pundi RulaWoman dapat bertambah.

3. Takut Keluar Dari Zona Nyaman

photo credit: www.safalniveshak.com

Ketakutan ini dialami oleh sebagian besar orang yang sudah berada pada posisi “nyaman dan aman” menurut mereka. Pegawai kantoran misal. Dengan gaji yang dirasa “cukup”, mereka takut untuk mencoba hal baru dan memperlajari sesuatu yang belum mereka ketahui. Dan keputusan ini berlanjut hingga masa pensiun mendekat. Kebingungan dengan uang pensiun yang tidak cukup memaksa mereka untuk menurunkan standart dan gaya hidup setelah pensiun.

4. Semua Serba Mengalir

Untuk mencapai apa yang diinginkan, perlu target yang jelas dan spesifik. Saat semua berjalan serba mengalir, maka peningkatan pendapatan pun akan sulit dicapai. Sehingga tanpa disadari daya beli dan gaya hidup menurun seiring berjalannya waktu.

5. Bekerja Hanya Untuk Uang

photo credit : The Exponent

Ketika kamu bekerja hanya sekedar mengejar uang, kamu akan kehilangan kesempatan untuk belajar dan membangun relasi, karena prioritas utama adalah uang. Padahal dalam bekerja tak hanya sekedar bicara soal gaji. Mayoritas orang-orang sukses menggunakan kesempatan bekerja untuk belajar sesuatu yang nantinya akan mereka gunakan untuk mengelola bisnis mereka sendiri.

6. Menyalahkan Orang Lain

photo credit: YouTube

Banyak orang yang “meletakkan nasib” pada orang lain. Mereka menganggap orang lainlah yang harus bertanggung jawab pada ketidakberdayaan dan kegagalan mereka. Menyalahkan pemerintah kala pendapatan sebanding dengan kebutuhan hidup. Menyalahkan perusahaan saat gaji tak kunjung naik. Padahal ketika keadaan tak sesuai harapan, kamu bisa melakukan sesuatu untuk memperbaiki keadaan. Mencari peluang baru misalnya.

7. Berharap Kepastian dan Kemudahan Dalam Hidup

photo credit: www.moda-milano.cz

Tidak ada yang pasti dalam kehidupan. Peristiwa jatuhnya harga minyak dunia dan menyebabkan beberapa perusahaan minyak kelas dunia terpaksa memberhentikan karyawan mereka adalah salah satu contohnya. Bekerja di perusahaan bonafid dengan gaji tinggi bukan jaminan aman. Segala kemungkinan dapat terjadi. Ketika kamu memiliki sikap mental yang baik, maka kamu akan siap menghadapi situasi terburuk sekalipun.


Bagaimana RulaWoman? Uang memang bukan segalanya, tapi banyak hal akan jadi jauh lebih mudah kalau ada uang. Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Berikut 7 Pola Pikir yang Membuat Kamu Sulit Kaya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar