1.3K
I never dreamed about success. I worked for it. - Estee Lauder

Pada zaman seperti sekarang, siapa sih yang nggak berminat pada beasiswa? Beasiswa bisa meringankan biaya studi dan hidupmu ketika duduk di bangku kuliah. Namun ketika kamu apply beasiswa baik dalam negeri maupun beasiswa luar negeri, berarti kamu telah berlomba bersama banyak peserta lainnya. Beasiswa yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari beasiswa kuliah hingga beasiswa penuh dan pendapatkan uang saku tiap bulan. Tapi tentu saja tingkat persaingan yang tinggi membuat beasiswa-beasiswa seperti ini tidak gampang diraih, RulaWoman!

Apa saja sih kiat untuk bisa mendapatkan beasiswa incaranmu? Nah, beberapa tips dan trik rahasia yang bisa kamu lakukan, nih, Rulawoman.


1. Jangan sepelekan hal kecil

Jangan pernah sepelekan hal sekecil apa pun, Rulawoman. Sebelum mengirimkan aplikasi beasiswa, bacalah dengan teliti apa saja yang dibutuhkan dan harus kamu penuhi, serta tenggat waktu pengiriman aplikasi. Mengirimkan aplikasi setelah lewat deadline atau berkas yang kurang lengkap bisa menjadi penyebab yang membuatmu langsung tersisih dari daftar.

2. Kenali siapa sponsor beasiswa tersebut

Ini juga nggak kalah penting untuk kamu perhatikan. Dengan mengenali siapa yang menjadi sponsor beasiswa tersebut kamu bisa tahu target seperti apa yang mereka cari. Kamu juga bisa menilai sendiri apakah dirimu sudah cukup memenuhi syarat atau belum, sehingga bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi. Memenuhi keinginan sponsor adalah salah satu langkah cepat untuk mendapatkan beasiswa incaran.

foto sumber : naba.com

3. Beasiswa yang seperti apa?

Perhatikan lagi jenis beasiswa yang ditawarkan, apakah beasiswa penuh atau hanya beasiswa untuk biaya studi saja. Sebab ada banyak jenis beasiswa yang biasanya ditawarkan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta, dan kamu bisa memilih sesuai kebutuhan keuanganmu. Jangan sampai salah memilih opsi ini, karena akan membuatmu repot sendiri. Bayangkan jika seandainya kamu membutuhkan beasiswa penuh tapi tak sengaja mengisi beasiswa studi saja di aplikasi, maka pada saat kuliah kamu juga harus mencari dana tambahan agar bisa memenuhi kebutuhan harianmu.

4. Lengkapi semua syarat dan ketentuan

Lengkapi semua syarat yang diajukan oleh pihak pemberi beasiswa. Semakin lengkap berkasmu, semakin besar pula kesempatan untuk maju ke tahap selanjutnya. Di tengah persaingan yang ketat, kurangnya satu dua berkas bisa berakibat fatal. Sebab, pihak sponsor tentu akan mendahulukan orang-orang yang memiliki berkas lengkap dan tepat waktu, RulaWoman.

5. Konsisten dan serius

Jangan setengah hati ketika mengajukan beasiswa. Konsistenlah dengan apa yang kamu pilih. Sebab jika kamu lolos ke tahap selanjutnya, bukan tidak mungkin syarat yang harus kamu penuhi menjadi lebih berat dan tanggungjawabmu semakin bertambah. Keseriusan sangat dibutuhkan dalam proses seperti ini.

foto sumber: theodysseyonline.com

6. Perluas jaringan

Jangan segan bertanya pada teman atau kakak kelas yang mungkin sudah terlebih dulu punya pengalaman mencari beasiswa serupa. Terlebih, kakak kelas yang sudah berkuliah di universitas incaranmu. Banyak bertanya akan membuatmu lebih banyak tahu, dan bisa juga belajar dari pengalaman-pengalaman mereka. Jika kamu merasa tidak punya kenalan yang bisa ditanyai, kamu bisa mencari teman-teman baru yang sudah pernah berkuliah di sana. Biasanya grup-grup universitas selalu ada, dan bisa menjadi wadah untuk berinteraksi antar mahasiswa.


7. Aktif mencari informasi

Aktif dalam mencari serta mengumpulkan informasi. Di dunia maya ada ribuan beasiswa tersebar setiap harinya. Kamulah yang harus aktif mencari info apakah beasiswa tersebut masih valid atau tidak, membuka situs universitas atau sponsor yang menyediakannya, bisa dibuktikan kebenarannya atau tidak. Sebab banyak juga informasi-informasi palsu mengenai pemberian beasiswa, yang bertujuan menjebak, lho, RulaWoman. Jadi tetap hati-hati, ya!


Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa idamanmu. Yang terutama, jangan lupa berdoa dan tak putus asa untuk terus berusaha. Tetap semangat berjuang, RulaWoman. Sebab sukses itu diusahakan dan diraih, bukan sekadar diimpikan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Ingin Melanjutkan Kuliah Dengan Gratis? Inilah 7 Trik Rahasia Agar Kamu Mendapatkan Beasiswa Idaman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar