601
Buat kamu yang sakit, jangan cuma makan mi dan sup instan terus! Ini dia makanan yang bagus untuk kamu yang sedang sakit.

Saat pancaroba ada saat di mana orang-orang banyak terkena penyakit. Pagi sampai siang panas banget, eh tiba-tiba malamnya hujan. Musim yang seperti ini disebut pancaroba, dan dapat mempengaruhi tubuh kamu, loh! Ketika terserang penyakit kamu harus banyak minum dan banyak makan. Memang sih, ketika sakit rasanya tidak ingin makan apa-apa. Tapi ternyata, ketika kamu sakit, tubuhmu membutuhkan lebih banyak kalori dari biasanya.

Kamu tidak perlu makan banyak, tapi lebih baik kamu memperhatikan apa yang kamu makan. Walaupun tidak banyak, setidaknya jumlah kalori dan protein yang kamu dapatkan harus mencukupi. Selain itu, beberapa makanan juga memiliki efek menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Agar bisa cepat sembuh, perhatikan makanan-makanan yang baik untukmu ketika sakit!

image credit: huffpost.com

1. Oatmeal

image credit: pexels

Oatmeal merupakan makanan yang bagus buatmu yang susah menelan. Oatmeal memiliki kandungan mineral, vitamin, protein dan kalori yang kamu butuhkan. Oatmeal memiliki beberapa manfaat kesehatan lain seperti merangsang sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki kontrol gula darah. Oatmeal juga membantu mengurangi peradangan usus, meredakan gejala seperti kram usus, kembung dan diare. Lebih baik kamu makan oatmeal dengan madu atau buah-buahan, jangan gula, agar lebih maksimal manfaatnya. Kamu juga bisa menggunakan yogurt sebagai toppingnya.


2. Pisang

image credit: pexels

Buah kuning yang lembek ini mudah dikunyah dan dicerna. Rasanya juga tidak terlalu kuat. Tapi ternyata, pisang memiliki kalori dan nutrisi yang cukup banyak loh RulaWoman. Pisang baik untuk kamu yang sedang mual. Manfaat lain dari pisang adalah serat yang dikandungnya. Jika Kalau kamu menderita diare, pisang adalah salah satu makanan terbaik yang bisa kamu makan karena seratnya dapat membantu meringankan diare.


3. Jeruk

image credit: pexels

Jeruk memiliki sumber vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat mengurangi gejala flu dan mempercepat penyembuhan. Jeruk, lemon, grapefruit dan limau adalah buah yang meningkatkan kekebalan tubuh yang mengandung flavonoid, yang membantu memperbaiki keseluruhan fungsi sistem kekebalan tubuh.


4. Beri-berian

image credit: pexels

Beberapa buah juga mengandung senyawa bermanfaat yang disebut anthocyanin, yaitu jenis flavonoid yang memberi buah warna merah, biru dan ungu. Beberapa buat yang mengandung ini adalah stroberi, cranberry, blueberry dan blackberry. Anthocyanin membuat buah beri makanan yang sangat baik untuk dimakan saat sakit karena memiliki efek anti-inflamasi, antivirus dan kekebalan yang kuat. Beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak buah yang tinggi anthocyanin dapat menghambat virus dan bakteri untuk menempel ke sel. Buat kamu yang sakit, bisa nih makan yogurt atau oat dengan topping beri-berian. Dijadikan jus juga bisa. Atau mau dicemilin aja? Yummy!


5. Sayuran Hijau

image credit: pexels

Sayuran seperti kol, brokoli, kangkung, dan bayam, memiliki antioksidan kuat untuk melawan infeksi. Sayuran merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan folat. Sayuran hijau juga lengkap dengan senyawa tanaman yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan dan membantu melawan peradangan. Jamur dan tomat juga baik untuk pertahanan tubuh. Tapi kadang malas banget buat makan sayur, apalagi pas sakit begini. Kamu bisa membuat jus dari sayur-sayuran tersebut atau merebus dan meminum kaldunya. Dijadikan sup juga enak, kan?

Nah itu tadi 5 dari beberapa makanan yang bisa menyegerakan pemulihanmu dari sakit. Sayur dan buah-buahan memang memiliki banyak manfaat salah satunya vitamin C yang benar-benar penting untuk pemulihan. Kamu tidak harus memakan buah dan sayur ini mentah-mentah, tapi bisa kamu jadikan jus, sup, atau toping untuk makanan lain. Buat kamu yang sakit, cepat sembuh ya, RulaWoman! Dan untuk kamu yang masih ingin referensi makanan lain untuk menyegerakan kesembuhan kamu, tunggu di artikel lanjutan part 2 dan 3 ya.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Ini Dia 5 Makanan-Makanan yang Baik Untuk Kamu yang Sedang Sakit! [Part 1]". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar