638
Ini dia beberapa makanan yang baik untuk kamu yang sedang sakit! Beberapa makanan ini merupakan bahan makanan yang bisa kamu sulap menjadi masakan yang lezat!

Orang yang sedang sakit, lemes, pasti malas makan. Dengan keadaan tubuh seperti itu, entah kenapa otomatis nafsu makan menurun dan rasanya tidak mau makan apa-apa. Kamu atau orang-orang terdekat yang kamu cintai sedang sakit? Ini saatnya kamu memasak masakan yang sehat dan membantu untuk menyembuhkan penyakit! Nah, beberapa bahan masakan ini bisa membantumu meringankan gejala penyakit tersebut serta membuat masakan yang lezat! Apa saja sih itu, yuk lihat!


1. Telur

image credit: pexels

Ketika sedang sakit pasti malas memasak ataupun makan-makanan yang berat. Jangan khawatir! Kamu bisa memenuhi kebutuhan proteinmu dengan telur. Telur mudah dimasak dan juga dicerna. Kamu bisa saja memakan telur yang direbus, atau dijadikan omelet. Telur ternyata memiliki kandungan zinc, mineral yang banyak ditemukan dalam obat flu dan pengobatan.


2. Bawang Putih

image credit: pixabay

Bawang putih yang wajib ada di masakan kita, ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, loh! Dari zaman nenek moyang kita, bawang putih digunakan untuk beberapa ramuan obat-obatan dan menunjukkan efek antibakteri, antijamur, dan antiviral. Bawang putih juga meningkatkan kekebalan tubuh. Banyak mengonsumsi bawang putih bisa menjagamu dari penyakit. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen ekstrak bawang putih tua dapat membantu meredakan pilek dan flu. Tinggal dimasak bersama masakanmu, akan membuat tubuhmu mendapat manfaat bawang putih serta rasa masakan yang tambah nikmat!


3. Cabai

image credit: pixabay

Kalau hidung lagi mampet, pasti langsung makan makanan yang pedes-pedes dan berkuah. Tujuannya antara lain, biar meler. Mengonsumsi makanan pedas memang menyebabkan hidung meler, mencairkan lendir, dan membersihkan saluran sinus. Makanan pedas seperti cabai mengandung capsaicin, yang menyebabkan panas, sensasi terbakar saat disentuh. Bila konsentrasi cukup tinggi, capsaicin dapat memiliki efek desensitizing dan sering digunakan dalam gel untuk mengurangi rasa sakit. Capsaicin tampaknya menipiskan lendir, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Tapi buat kamu yang punya masalah perut, makanan pedas benar-benar harus dihindari!


4. Ikan Berlemak

image credit: pexels

Ikan-ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden, dan makerel memiliki kandungan lemak omega-3. Selain rasanya yang enak, teksturnya yang lembut, dan protein yang tinggi, ikan-ikan semacam ini memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Salmon juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin D, yang banyak kekurangan vitamin D. Vitamin D berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.


5. Jahe

image credit: pixabay

Jahe memang terkenal dengan efek anti mualnya. Jahe mencegah dan mengobati sembelit, kembung, dan muntah-muntah. Jahe juga terbukti efektif meringankan mual karena kehamilan dan pengobatan kanker. Selain itu, jahe bekerja mirip dengan obat antiinflamasi non steroid. Jahe juga menunjukkan efek antioksidan, antimikroba dan anti kanker. Jadi, kalau kamu mual dan muntah-muntah, jahe adalah jawabannya!


Nah itu dia tadi, 5 bahan makanan yang bisa membantumu menyembuhkan penyakitmu dan membuat masakan yang enak! Perlu diingat, ketika kamu sakit kamu harus paksa dirimu untuk makan makananan yang sehat, serta minum air yang banyak. Hanya dengan makanan-makanan yang tepat serta istirahat yang cukup, kamu sudah bisa menyembuhkan beberapa penyakit tanpa harus ke dokter. Tentu saja, akan lebih baik bila kamu mencegah sebelum benar-benar sakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Stay healthy, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Ini Dia 5 Makanan-Makanan yang Baik Untuk Kamu yang Sedang Sakit! [Part 3]". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar