1K
Ada alasan-alasan yang membuat laki-laki lebih nyaman bercerita kepada teman perempuannya. Simak alasannya dalam artikel ini, RulaWoman!

“Hey, aku punya masalah. Bisa cerita?”

Sebuah pesan singkat masuk ke dalam ponsel si perempuan. Pesan tersebut datang dari sahabat laki-lakinya yang paling dekat. Akhir-akhir ini, sahabat laki-laki dari perempuan tersebut memang terlihat memiliki masalah. Tentunya, hal ini pun membuat si perempuan bertanya-tanya, “Ada apa gerangan?”. Berkali-kali si perempuan mencoba untuk menanyakan keadaan sahabat laki-lakinya. Sayangnya, sahabatnya tersebut tidak kunjung mau bercerita. Sampai suatu ketika, munculah pesan singkat tersebut. Pesan yang sepertinya telah dipikirkan matang-matang untuk kemudian dikirimkan. Beberapa saat kemudian, si perempuan akhirnya bertemu dengan sahabat laki-lakinya. Di dalam pertemuan tersebut itulah, sahabat laki-laki si perempuan menceritakan segala rupa masalahnya. Mulai dari awal hingga akhir dan bagaimana keadaan dirinya sekarang.

RulaWoman, kamu pernah mengalami hal seperti di atas? Saat tiba-tiba saja sahabat laki-lakimu menghubungimu untuk bercerita. Tanpa tedeng aling-aling, sahabat laki-lakimu terbuka begitu saja padamu. Kemudian, di akhir, kamu pun bertanya-tanya, “Mengapa dia bisa begitu terbuka?”. Nah, ternyata RulaWoman, ada loh alasan-alasan mengapa pada akhirnya seorang laki-laki lebih bisa terbuka ke temannya yang berlawanan jenis kelamin. Kira-kira, apa saja ya alasannya?

1. Lebih mudah mengekspresikan diri

photo credit: The Odyssey Online

Ternyata, RulaWoman, ketika seorang laki-laki bercerita dengan temannya yang juga laki-laki, terkadang mereka akan kesulitan untuk mengekspresikan perasaan yang mereka alami. Jadi, ketika mereka bercerita kepada teman perempuannya, laki-laki cenderung lebih mudah untuk melepaskan topengnya. Dalam artian, mereka tidak akan lagi mencoba untuk berpura-pura bahwa ia bisa menghadapi segala masalah yang ada. Ketika, laki-laki menceritakan masalahnya kepada lawan jenis, laki-laki itu pun lebih mudah menunjukkan emosi dirinya yang sebenarnya, RulaWoman. Jadi, jangan heran ketika sahabat laki-lakimu bisa terlihat rapuh di hadapanmu ketika ia mendapat masalah.

2. Butuh perspektif lain

Meskipun dalam menghadapi masalah memang dibutuhkan suatu solusi yang logis, terkadang kemudian malah jadi menggampangkan masalah yang ada. Meskipun tidak semua laki-laki akan bersifat demikian, kebanyakan laki-laki tidak ingin memperumit masalah. Dengan demikian, perspektif yang digunakan untuk menilai satu masalah antara dua sahabat laki-laki adalah sama-sama. Pada akhirnya, dibutuhkan perspektif perempuan untuk melihat masalah yang sedang dihadapi. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu faktor kenapa sahabat laki-lakimu lebih mudah bercerita kepadamu, RulaWoman.

3. Butuh empati dan perhatian

photo credit: huffpost

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada dasarnya perempuan memang perasa. Ketika menyikapi masalah, rasa empati dalam diri perempuan akan muncul dengan begitu saja. Laki-laki yang sedang memiliki masalah, membutuhkan penghiburan yang sedemikian rupa. Apabila bercerita dengan sesame laki-laki, terkadang masih ada ganjalan tersendiri untuk luwes bercerita. Akan tetapi, ketika bersama dengan teman perempuan, laki-laki pun menjadi lebih mudah bercerita. Pastinya, laki-laki pun mengharapkan bentuk empati atas permasalahan yang ia hadapi. Tentunya juga perhatian dari kamu, RulaWoman.

4. Kalau ke sesama laki-laki, pantang menunjukkan kelemahan

Ketika seorang laki-laki menceritakan masalahnya kepada teman laki-lakinya, maka cenderung tindakan tersebut menandakan kelemahan yang ia miliki. Nah, ini juga menjadi faktor penting mengapa laki-laki lebih mau terbuka kepada teman perempuannya, RulaWoman. Dengan teman perempuan, laki-laki benar-benar akan melepaskan topeng pura-pura yang ia kenakan. Ia bisa benar-benar menunjukkan kelemahannya. Sedangkan dengan teman-teman laki-laki, semacam terdapat aturan tak tertulis bahwa sesama laki-laki pantang menunjukkan kelemahan masing-masing.

BACA JUGA


Punya Sahabat Laki-laki? Kenapa Nggak, RulaWoman?! Ini Empat Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Sahabat Laki-laki

Punya Sahabat Laki-laki? Kenapa Nggak, RulaWoman?! Ini Empat Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Sahabat Laki-laki

Punya sahabat laki-laki nyatanya dapat memberikan kamu keuntungan loh, RulaWoman

Read more..

Tentunya, RulaWoman, hal ini akan dilakukan apabila kamu dan juga sahabat laki-lakimu benar-benar sudah mengenal diri masing-masing. Bagaimana kemudian diri kamu memahami sahabatmu dan kebalikannya. Tentunya, keseluruhan alasan di atas hanyalah alasan yang ditarik dari satu perspektif saja. Belum tentu perspektif yang lain pun akan sama. Meskipun demikian, RulaWoman, kalau memang sahabat laki-lakimu memberikan kepercayaan padamu akan masalah yang ia hadapi, dengarkan dia, RulaWoman. Cobalah hibur dan juga bantu dia. Bagaimanapun, pasti ada alasan mengapa dia mau dan juga percaya kepada kamu, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Ini Dia Alasan Mengapa Laki-laki Lebih Mudah Menceritakan Masalah yang Dimiliki Kepada Teman Perempuannya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puji P. Rahayu | @PujiPRahayu

Hanyalah seorang mahasiswi ilmu hubungan internasional yang suka bermimpi. Mencoba untuk menghargai hidup setiap detiknya. Mencintai membaca dan juga menulis.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar