1.6K
A business woman needs a successful mix of design and practicality - Donatella Versace

Kehidupan setelah menikah tentu akan jauh berbeda dengan kehidupan saat masih lajang. Ketika sudah menikah, kamu akan memiliki kewajiban-kewajiban baru yang tentu saja mau tak mau menyita waktumu, RulaWoman. Apalagi jika sudah memiliki buah hati, kamu akan punya kesibukan lebih sehingga harus lebih pandai mengatur waktu antara menyelesaikan pekerjaan sehari-hari di rumah, memantau perkembangan si kecil, dan tentu menyisihkan sedikit waktu untuk dirimu sendiri.

Nah, tapi bukan tidak mungkin setelah menikah kamu bisa berbisnis, lho! Kunci utamanya adalah pintar mengatur waktumu setiap harinya, bisnis yang bisa kamu pilih pun beraneka ragam –tidak harus bisnis bermodal besar. Bisnis online dan bermodal ramah kantong pun bisa kamu terapkan sebagai permulaan.

Dan tahu nggak, RulaWoman, karena 11 alasan inilah biasanya perempuan memilih untuk punya bisnis sendiri bahkan setelah menikah.

Apa aja, ya? Yuk, simak!

1. Agar punya penghasilan sendiri

Hal yang paling utama dari berbisnis tentu memiliki penghasilan sendiri. Dengan demikian, kamu tidak akan terlalu bergantung pada suami sebab kamu sudah memiliki pemasukan pribadi setiap bulannya, RulaWoman!

2. Membantu perekonomian keluarga

Masih berhubungan dengan poin pertama, jika kamu sudah memiliki penghasilanmu sendiri, bukan tidak mungkin kamu akan lebih mapan dan bisa ikut membantu perekonomian dalam rumah tangga, serta membantu menutup biaya-biaya tak terduga yang mungkin saja terjadi.

3. Berinteraksi dengan dunia luar

Berbisnis membuatmu menjadi lebih aktif, dan banyak berinteraksi dengan dunia luar. Kamu akan mendapatkan banyak kenalan baik yang seumuran maupun yang jauh lebih tua atau bahkan lebih muda, dan latar belakang berbeda-beda. Dengan begitu kamu juga tidak akan jenuh pada keseharianmu, sebab kamu punya banyak teman.

4. Belajar mengatur waktu

Berbisnis sambil mengurus rumah tangga juga bisa dijadikan sebagai ajang latihan mengatur waktu. Mungkin sebelum memiliki bisnis sendiri, kamu mengira bahwa perempuan yang sudah menikah tidak akan bisa membagi waktunya, tapi kamu tidak akan tahu jika tidak pernah mencobanya sendiri. Dengan menerapkan manajemen waktu yang baik, kamu pasti bisa membagi perhatianmu untuk rumah tangga, si kecil, dan bisnis yang kamu kelola.

5. Sebagai bentuk investasi cadangan

Sebab hidup tak selamanya lancar dan baik-baik saja, berbisnis bisa kamu jadikan sebagai bentuk investasi cadangan. Jika pasanganmu mendadak harus berhenti bekerja atau ada sebab lainnya yang tiba-tiba terjadi di kemudian hari, kalian tidak akan kehilangan pemasukan bulanan.

6. Menambah pengalaman

Selain menambah teman baru dan wawasan baru, berbisnis otomatis juga menambah pengalamanmu, RulaWoman! Semakin luas jangkauan bisnismu, maka semakin bertambah juga pengalaman yang bisa kamu dapatkan. Dari pengalaman-pengalaman ini kamu juga bisa belajar untuk mengembangkan bisnis agar lebih luas lagi.

7. Menjalankan hobi/minat

Alasan yang paling banyak dan paling dasar dari para perempuan yang memilih berbisnis adalah demi menyalurkan hobi atau minat mereka. Misalnya, jika kamu senang memasak dan para kerabat sudah menikmati masakanmu, mengapa tidak membiarkan dunia luar mencicipinya juga? Bisnis catering juga bisa menjadi opsi yang menarik, kok!

8. Memanfaatkan ilmu-ilmu yang sudah didapat sebelumnya

Atau semasa kuliah kamu merasa sudah belajar teknik berbisnis dan ilmu manajemen? Inilah saatnya menerapkan apa-apa yang telah kamu dapatkan di bangku kuliah, RulaWoman. Sebab menerapkan ilmu yang ada tidak harus menjadi pekerja kantoran yang mungkin menyita sebagian besar waktumu hingga tak punya kesempatan untuk berinteraksi lebih banyak bersama keluarga. Bisnis kecil-kecilan juga bisa menjadi wadah tempat kamu menerapkan ilmu!

9. Kamu tetap memiliki waktu untuk keluarga

Perbedaan berbisnis dan bekerja di kantor sekian jam sehari adalah waktu, RulaWoman. Jika bekerja pada instansi tertentu dan mewajibkanmu hadir di tempat beberapa jam dalam sehari, ditambah perjalanan pergi dan pulang kantor, waktumu akan terkuras, dan otomatis waktu bersama keluarga juga tidak maksimal. Dua puluh empat jam akan terasa kurang bagimu. Tapi sebaliknya, jika kamu punya bisnis yang bahkan bisa kamu urus dari rumah, kamu tetap punya waktu untuk pasangan dan anak-anak.

10. Bisa tetap memperhatikan perkembangan si kecil

Karena kamu punya lebih banyak waktu luang di rumah, kamu juga tetap bisa ikut memperhatikan perkembangan si kecil. Kamu tidak akan ketinggalan melihat tumbuh kembang anak-anakmu.

11. Mencoba hal baru

Kamu tipe orang yang cepat bosan dengan hal yang itu-itu saja? Mengapa tidak mencoba membuat kreasi baru dan menjualnya ke teman-teman di media sosial? Hal sederhana seperti ini seringkali menjadi akar dari sebuah bisnis yang besar, RulaWoman. Sebab, tidak ada salahnya mencoba, bukan?


Yap, itulah 11 alasan mengapa perempuan tetap memilih berbisnis setelah menikah dan menjadi ibu rumah tangga. Ada banyak dampak positif dari memiliki bisnis sendiri, dan barangkali juga kamu adalah salah satu calon business woman sukses masa depan? Siapa tahu, kan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman! Inilah 11 Alasan Perempuan Memilih Berbisnis Setelah Menikah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar